Pentingnya Perawatan Peralatan Secara Rutin


Dalam bidang pekerjaan apapun, tentu kita membutuhkan adanya peralatan, dimana peralatan-peralatan tersebut berfungsi untuk mendukung dan melakukan pekerjaan sesuai dengan profesi kita masing-masing.

Begitu juga dengan profesi yang selama ini saya tekuni yaitu Tukang Tambal Ban, dimana agar saya dapat melakukan pekerjaan menambal ban, atau pekejaan-pekerjaan yang berhubungan dengan masalah seputar ban, ada beberapa peralatan yang saya gunakan untuk melakukan pekerkaan tersebut.


Misalnya saja : kompresor, alat pres, alat pengukur ban, dongkrak dan lain-lain, dimana jika peralatan-peralatan tersebut tidak dalam kondisi yang baik atau rusak, maka jelas akan membuat pekerjaan saya menjadi terganggu dan kurang maksimal.

Maka dari itu saya perlu melakukan perawatan pada peralatan yang biasa saya gunakan dalam bekerja, mengapa hal ini perlu dilakukan secara rutin ...? Tujuannya adalah untuk menghindari dan meminimalkan gangguan-gangguan saat bekerja, dikarenakan peralatan yang tidak mendukung.

Seperti yang telah saya bahas pada postingan sebelumnya yaitu tentang Pentingnya Pengecekan Peralatan Secara Rutin, dimana dengan melakukan pengecekan secara rutin, maka kita akan segera tahu apabila ada peralatan yang rusak atau hilang, sehingga kita bisa dengan cepat melengkapi dan memperbaiknya.

Lalu kapan kita harus melakukan pengecekan dan perawatan pada peralatan-peralatan yang digunakan untuk bekerja ...? Pengecekan dan perawatan peralatan harus dilakukan secara rutin dan sesering mungkin, artinya semakin sering kita melakukannya, maka  hal tersebut jelas akan lebih baik.

Kalo saya sendiri biasanya melakukan pengecekan peralatan setiap seminggu sekali, maksimal dua minggu sekali, hal ini saya lakukan biasanya untuk memeriksa jumlah dan kondisinya, sedangkan untuk perawatan biasanya saya lakukan setiap satu bulan sekali, beberapa perawatan peralatan yang biasa saya lakukan misalnya :

1. Perwatan Kompresor

Hal-hal yang harus dilakukan dalam perwatan kompresor yaitu : ganti oli mesin sebulan sekali dan maskimal 2 bulan sekali, mengganti oli blower kompresor setiap 6 bulan sekali, memeriksa dan memperbaiki apabila ada kebocoran pada selang ataupun kran, membuang air dari tabung angin.

Memeriksa mur dan baut karena sering terjadi mur dan baut pada kompresor kendor dengan sendirinya akibat dari getaran mesin, jika untuk kompresor dengan mesin bensin paling tidak bersihkan karburatornya setiap sebulan sekali atau dua bulan sekali.

Sedangkan untuk kompresor yang menggunakan mesin diesel sebaiknya ganti air radiator dan bersihkan filter angin setiap sebulan sekali. Selain itu kopresor perlu dicuci agar kelihatan bersih.

2. Perawatan Alat Pres

Perwatan untuk alat pres yang biasa saya lakukan adalah membersihkan kerak-keraknya, sebab alat pres yang menggunakan api sebagai pemanas biasanya akan menimbulkan kerak, dimana kerak tersebut bisa memperlambat proses pembakaran, selain itu karet kompon yang digukan untuk menambal juga sering meninggalkan kerak.

3. Perawatan Dongkrak

Dalam usaha bengkel tambal ban dongkrak merupakan peralatan penting yang harus ada, dimana dongkrak setiap hari pasti digunakan, sehingga lama kelamaan akan terjadi kerusakan pada perakatan tersebut, maka dari itu perlu dilakukan perwatan pada dongkrak paling tidak sebulan sekali.

Beberapa hal yang saya lakukan untuk perwatan dongkrak misalnya : mengecek kebocoran pada seal-sealnya, mengecek volume olinya, selain itu saya juga memastikan apakah dongkrak dapat naik secara maksimal atau tidak.

4. Mengasah Gunting

Gunting berfungsi untuk memotong karet dan memotong karet kompon, dimana jika gunting sering digunakan untuk memotong karet lama kelamaan akan menjadi tumpul dan tidak tajam, maka dari itu gunting perlu diasah paling tidak sebulan sekali untuk menjaga ketajamannya.

Beberapa peralatan diatas merupakan peralatan-peralatan tambal ban yang harus dilakukan perawatan secara rutin paling tidak sebulan sekali. Disamping beberapa peralatan tersebut sebenarnya masih banyak peralatan lainnya.

Namun untuk peralatan lain seperi kunci-kunci, obeng, tang, alat ukur ban, sendok ban dan lain-lain yang penting rajin dilakukan pengecekan terhadap jumlah dan kondisinya jika jumlahnya sudah tidak lengkap dan kondisinya sudah tidak layak pakai, maka sebaiknya segera dilengkapi dan diganti dengan yang baru.

Nah untuk peralatan-peralatan tersebut perawatan yang harus dilakukan sebenarnya sangat sederhana yaitu cukup rajin dibersihakan, dengan tujuan agar peralatan tersebut selalu dalam kondisi bersih dan kita pun merasa nyaman saat menggunakannya.

Baiklah sobat Dukun Ban semuanya, demikianlah pembahasan yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai pentingnya perwatan peralatan secara rutin, semoga sedikit informasi ini bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua.


Postingan terkait:

17 Tanggapan untuk "Pentingnya Perawatan Peralatan Secara Rutin"

  1. Membersihkan peralatan yang sudah kita gunakan memang penting kang karena di sekolah pun dulu saya di ajarkan sebelum dan sesudah digunakn hareus di bersihkan dulu itu semua demi merawat dan mendisiplinkan diri dalam bekerja, betul ?

    Oh ya akang ini publiser adsense ya ? Kalau iklan adsense yang di tempel dalam artikel itu iklan nya semau kita sebagai publiser atau sudah di tentukan google sih kang ? Mohon jawabannya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas perawatan sederana adalah membersihkan peralatan sebelum dan sesudah digunakan

      Delete
    2. kok pertanyaan saya yang di bawah gak di jawab kang ?

      Delete
    3. Soalnya saya masih pemula mas, kalo setahu saya Google yang menentukan

      Delete
  2. Perlu juga perawatan jangan sampai peralatatan kerja tersebut rusak tanpa diketahui pas mau dipakai baru sadar kan repot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas apapun itu yang namanya peralatan untuk bekerja harus selalu dirawat dengan baik

      Delete
  3. Melakukan perawatan memang sangat penting ya kang agar membuat barang tersebut tetap terawat tentunya dan salah satunya merawat peralatan peralatan seperti alat pres, kompresor, dongkrak, dan juga gunting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups dengan perawatan secara rutin akan membuat peralatan jadi lebih awet mas, sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu lama

      Delete
  4. sangat teliti mas ini untuk melakukan dalam hal pekerjaan :)
    agar pelanggan juga tidak kecewa ya mas kalo pekerjaanya bagus dan rapih ..
    tingkatkan lagi mas sukses selalu ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peralatan adalah senjata utama dalam bekerja jadi sudah seharusnya kita rawat dengan baik

      Delete
    2. Bos gimana , hampir 3 bulan ini motor harly saya berasap alias knalpotnya ngebul, kata temen sih itu sehernya minta di ganti , namun sampai sekarang masih saya tunda karna belum ada duwit, memang oli berkurang setiap 3/4 hari saya cek olinya pun berkurang , saya tambah oli bekas gimana mas...apa efeknya jika ini terus menerus saya lakukan

      Delete
    3. Biasanya jika motor 4 tak knalpotnya mengeluarkan asap bukan masalah pada sehernya tapi seal klep atau seal katupnya mas yang bermasalah

      Delete
  5. setuju saya mas kalo perawatan itu penting dan kenyataanya perawatan menghemat biaya secera keseluruhan mas. daripada beli baru dalam waktu dekat gara - gara alat tidak di rawat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul peralatan yang dirawat secara rutin akan lebih tahan lama dan hal tersebut jelas akan lebih menghemat biaya

      Delete
  6. memang sangat penting adanya perawatan pada alat kerja ya mas.
    agar pekerjaan bisa lancar tidak terganggu karena masalah peralatan kerja

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas selain penting juga harus dibiasakan, kerena nantinya kita akan merasakan sendiri dampaknya

      Delete