Perlukah Ban Dalam Diberi Alas / Selimut ...?


Perlukah ban dalam diberi alas atau selimut ...? Mungkin sobat Dukun Ban merasa bingung dengan pertanyaan ini, dimana seperti kita ketahui bahwa dari pabrik, ban dalam biasanya dipasang pada ban luarnya tanpa diberi alas atau diberi selimut, tapi diluaran sana banyak tukang tambal ban yang memberikan alas atau selimut saat memasang ban dalam pada ban luarnya.

Begitu juga dengan saya, sebagai tukang tambal ban saya  juga sering melakukan hal ini, yaitu memberi alas atau selimut saat memasang ban dalam pada ban luarnya, baik itu pada ban sepeda motor ataupun pada ban mobil.


Lalu apakah hal ini penting dan perlu dilakukan ...? Dari pengalaman saya selama menjadi tukang tambal ban, hal seperti ini sebenarnya tidak perlu dilakukan, tapi kadang pada kondisi-kondisi tertentu memberi alas atau selimut saat memasang ban dalam pada ban luarnya menjadi sangat penting dan sangat perlu dilakukan.

Sampai disini saya kira sobat sudah mulai paham maksud saya, bahwa memberi alas atau selimut saat memasang ban dalam pada ban luarnya sebenarnya tidak perlu dilakukan, namun kadang-kadang menjadi sangat penting dan perlu dilakukan tergantung dari situasi dan kondisinya.

Sebelum melanjutkan pembahasan ini, saya akan sedikit menjelaskan yang dimaksud alas atau selimut, yang dimaksud alas atau selimut yaitu ban dalam bekas yang sudah tidak terpakai yang digunakan untuk membungkus ban dalam yang akan dipasang pada ban luar, dimana fungsinya sebagai alas atau pelindung.

Perlu sobat ketahui bahwa pemberian alas atau selimut selain berfungsi untuk melindungi ban dalam, ternyata bisa merusak ban dalamnya, apabila tidak dilakukan dengan benar dan tepat, sehingga hal tersebut justru akan menyebabkan ban dalam menjadi mudah bocor.

Jadi sekali lagi saya tekankan bahwa memberikan selimut atau alas saat memasang ban dalam pada ban luarnya tergantung dari situasi dan kondisinya, jika kondisi ban luarnya masih bagus dan masih utuh maka tidak perlu diberi alas atau selimut, karena hal tersebut  justru bisa menyebabkan kerusakan pada ban dalamnya.

Tapi jika ban luarnya sudah tidak bagus, bekas digunakan untuk ban tubeless, ada luka, berlubang atau mbabat ( luka dibagian dalam pada ban luar secara menyeluruh ), maka saat memasang ban dalam pada ban luar dengan kondisi seperti ini perlu diberi alas atau selimut, dimana selimut tersebut berfungsi untuk melindungi ban dalam.

Meski pemberian selimut atau alas bisa menyebabkan ban dalamnya rusak, namun jika kondisi ban luarnya seperti yang saya katakan diatas, apabila tidak diberi alas atau selimut maka ban dalamnya akan lebih cepat rusak, karena luka atau mbabat yang ada pada ban luarnya akan langsung mengenai ban dalam.

Akan tetapi jika diberi alas atau selimut, maka luka atau mbabat yang ada pada ban luarnya tidakn akan mengenai ban dalamnya secara langsung karena akan mengenai alas atau selimutnya terlebih dahulu, sehingga tidak akan membuat ban dalamnya cepat rusak atau bocor.

Jika saya menemukan ban dalam yang diberi alas atau selimut oleh tukang tambal lain, biasanya saya mengecek bagaimana kondisi ban luarnya, jika ternyata kondisi ban luarnya masih bagus dan masih utuh, maka saya akan mengambil selimut atau alas tersebut dan tidak memasangnya lagi, karena jika dibiarkan justru akan merusak ban dalamnya.

Baiklah sobat semuanya, demikianlah pembahasan yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini mengeni pemberian selimut atau alas saat memasang ban dalam pada ban luarnya, semoga sedikit informasi ini bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semuanya.


Postingan terkait:

24 Tanggapan untuk "Perlukah Ban Dalam Diberi Alas / Selimut ...? "

  1. Ternyata sangat penting ya mas, tapi waktu dulu dulu saya sih kurang memperhatikannya mas, tapi kalau sekarang sekarang mah alhamdilillah jadi lebih teliti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika kondisi ban luarnya seperti yang saya katakan pada postingan ini maka saat memasang ban dalam harus diberi alas atau selimut mas

      Delete
  2. Jadi semacam berlapir gtu ya kang gak kontak langsung dengan ban dalam tapi kontak dulu dengan alasnya, saya lupa lagi nama dari alas ban dalam itu apa ya kang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas fungsinya untuk melindungi, jika ban luarnya ada luka atau mbabat maka tidak langsung mengenai ban dalamnya

      Delete
  3. saya juga sering lihat mas. si mas tukang tambal ban itu menambahkan selimut pada ban luar
    memasang selimut pada ban luar, selain menguntungkan ternyata ada ruginya juga ya kang?
    kalau menurut saya sih kalo bannya sudah jelek mungkin boleh ya memasang selimut pada ban luar

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, kalo kondisi ban luarnya sudah tidak bagus maka tidak masalah diberi selimut untuk melindungi ban dalamnya

      Delete
  4. Thank informasinya mas, jadi tahu nih :)

    ReplyDelete
  5. ternyata justru bisa merusak ban dalam ya mas, padahal ini banyak diaplikasikan untuk tujuan melindungi ban dalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi tergantung dari bagaimana kondisi ban luarya, kalo ban luarnya masih bagus tidak perlu diberi selimut atau alas untuk melindungi ban dalamnya,

      Delete
  6. Dulu saya pernah mas ban nya dialasi ban bekas karena memang velgnya sudah keratan

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk kondisi-kondisi tertentu memang perlu diberi alas yang berfungsi sebagai pelindung ban dalamnya

      Delete
  7. o jadi tergantung sikon ya mas, karena bila salah penempatan selimut malah bisa merusak ban dalam, karena pabrik sendiri tidak menyarankannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mas, sebab dari pabriknya tidak disarankan

      Delete
  8. Kalau pakai alas mungkin biar gak mudah bocor kali yah,, itumah suka - suka yang punya ban aja kali yah... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang jelas tergantung dari kondisi ban luarnya mas

      Delete
  9. Kalau saya terserah tukang tambal ban aja Mas..biasanya kalau ganti Ban saya sering juga liat mereka selimutin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, biasanya tukang tambal ban sudah paham dan tau harus diberi alas atau tidak

      Delete
  10. kasus yg sama sy alami beberapa bulan yg lalu, seperti ini jadi ada alasnya sama ban dalem kita yg lama, namun tak lama sy lepas saja, soalnya pas jalan jd terasa g enak ya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dipasang dengan benar dan rajin tidak akan berpengaruh mas, dan tetap terasa enak saat berkendara

      Delete
  11. lhoo jadi efeknya justru kebalikannya ya Mas....maksud untuk pelindung ban dalam malah merusak ban ,tapi ini pemasangan alas yang tidak tepat ya Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kondisi ban luarnya mas, dan kalo dipasang dengan benar maka alas tersebut akan menjadi pelindung untuk ban dalamnya

      Delete
  12. kalau boleh tahu cara yang benar masang selimutnya ban yang benar itu gimana kang ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara memasanganya bersamaan dengan ban dalamnya gan

      Delete