Istilah - Istilah Dalam Tambal Ban


Istilah Dalam Tambal Ban - Dalam dunia pertambalan ban ada begitu banyak istilah untuk menyebut sesuatu yang mungkin terdengar asing bagi orang awan. Pada awalnya saya juga merasa asing dengan istilah-istilh tersebut, tapi berhubung sudah terlalu sering mendengarnya lama-lama saya menjadi paham mengetahuinya. Untuk itu melalui postingan kali ini saya ingin berbagi sedikit informasi mengenai beberapa istilah yang sering digunakan dalam tambal ban, dan mungkin sobat masih merasa asing dan belum mengetahuinya. Oke langsung saja mari kita bahas bersama-sama.


1. Kompon

Kompon adalah sebutan untuk karet penambal yang digunakan untuk menambal bagian ban dalam yang mengalami kebocoran. Karet penambal atau kompon biasanya berupa karet setengah matang, yang mana dalam penggunaannya harus dipres dan dipanaskan terlebih dahulu.

2. Kompon Tubles

Kompon tubles berupa serat karet yang digunakan untuk menambal ban tubles, dengan cara memasukn serat tersebut ke bagian ban yang bocor menggunkan alat khusus.

3. Mbabat

Mbabat adalah istilah untuk menyebut luka pada ban luar bagian dalam, ban luar yang mbabat biasanya disebabkan karena sering kurang angin. Hal ini butuh penganganan khusus, sebab jika dibiarkan begitu saja bisa mengakibatkan ban dalam  menjadi mudah bocor.

4. Dikampas

Dikampas adalah menutup bagian luka pada ban luar menggunakan potongan ban dalam atau irisan bal luar dengan tujuan agar luka pada  ban luar tersebut tidak secara langsung mengenai ban dalam.

5. Kampas Gantung

Kampas gantung adalah kampas untuk menutup luka pada ban luar yang terbuat dari bekas ban luar mobil biasanya ban truck, yang disayat dan ditipiskan, kemudian dipasang pada ban luar dengan cara dipaku pada bagian hilnya, tujuannya agar tidak bergeser.

6. Diklonthong

Diklontong adalah memasukan ban luar yang disayat dan ditipiskan kedalam ban luar. Biasanya ban luar yang diklontong adalah ban yang mengalami luka cukup parah, tetapi kembangan atau motifnya masih tebal sehingga sayang untuk diganti, maka dari itu ban tersebut diklonthong karena tidak kuat jika hanya dikampas biasa atau dikampas gantung.

7. Ban Siletan

Ban siletan adalah ban bekas yang sudah tipis kembangannya atau gundul kemdian di beri motif atau kembangan kembali dengan cara menyayat ban tersebut sesuai motif sebelumnya menggunakan silet yang di bengkokan, atau menggunakan alat khusus yang terbuat dari bekas per jam.

8. Bocor Alus

Bocor alus adalah istilah untuk menyebut ban yang mengalami kebocoran, tapi bocornya sangat halus sekali, kadang ada yang sampai seminggu angin didalam ban tersebut baru habis. Karena begitu halusnya kadang bagian ban yang bocor tidak akan terlihat saat di rimbang, dan harus menggunakan air sabun untuk mencari bagian yang bocor tersebut.

Nah demikianlah beberapa istilah yang sering digunakan dalam tambal ban, semoga sedkit tulisan saya pada postingan kali ini sekiranya bisa berguna, bermanfaat bagi sobat semuanya. Atas perhatian dan kesediaan sobat meluangkan waktu untuk membaca artikel ini saya ucapakan terima kasih.


Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Istilah - Istilah Dalam Tambal Ban"

  1. Ooh macam tu... Ternyata kembangan ban bisa juga diukir lagi, hehehe... Serat yang buat ban tubeless itu disebut juga serat cacing bukan sih??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, memang ada yang menyebut serat tubles dengan sebutan cacing, asal kembangannya masih agak tebal bisa diukir lagi dengan cara disilet

      Delete