Cara Sederhana Memotong Rantai Sepada Motor


Saat rantai sepada motor sudah kendor, itu tandanya harus disetel ulang atau dikencangkan kembali.

Lalu bagaimana jika stelannya sudah habis, atau tidak bisa dikencangkan lagi...? Sebenarnya sangat mudah untuk mengatasinya, caranya diganti dengan yang baru, maka masalahnya selesai.

Cuma kalo kondisinya, pas lagi bokek, kantong kering alias dompet lagi kosong, maka masalah rantai kendor tidak jadi selesai sampai disini, itu artinya harus mencari solusi yang lain.

Lalu bagaimana solusi untuk mengatasinya...? Untuk mengatasinya tentu kita harus memotong atau mengurangi rantai tersebut agar ukuranya menjadi pas, sehingga dapat disetel seperti sedia kala.


Rantai yang sudah kendor dan tidak bisa disetel ulang, memang harus diganti dengan rantai baru atau dilakukan pemotongan pada rantai tersebut, agar tidak menimbulkan kerusakan lainnya.

Jika rantai sudah kendor dan dibiarkan begitu saja tanpa ditangani, otomatis akan mudah lepas dan bisa merusak bagian sepada motor lainnya, salah satu bagian yang sering mengalami kerusakan dikarenakan rantai kendor adalah standart tengahnya, dan rantai itu sendiri.

Jika sepeda motor milik anda kendor rantainya, dan tidak dilakukan penanganan, maka saat motor tersebut digunakan, rantai akan bergesekan dengan standar tengah, lama kelamaan dari gesekan tersebut bisa menyebakan standar tengah sepeda motor anda berlubang.

Dampak lain yang bisa ditimbulkan karena rantai kendor adalah rantainya lepas dan tercepit, sehingga rantai menjadi rusak, bengkok, bahkan tidak menutup kemungkinan bisa putus.

Apalagi jika berkendara dengan kecepatan tinggi, dengan kondisi rantai kendor dan tiba-tiba rantai tersebut lepas, hal ini selain sangat berbahaya, bisa juga menyebabkan kecelakaan.

Untuk itu pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagai sedikit informasi tentang cara mengatasi rantai kendor dan tidak bisa disetel kembali karena setelannya sudah mentok, yaitu dengan cara memotong atau mengurangi rantai tersebut. 

Yah itung-itung berhemat sekaligus bisa mengulur waktu sampai beberapa bulan kedepan, jika kondisinya pas kantong lagi kering alias dompet lagi tipis hehehe. Pengalaman saya, melakukan hal tersebut, rantai yang dipotong bisa digunkan dan bertahan hingga lebih dari 1 tahun.

Bagi sobat, yang ingin tahu bagaimana cara sederhana memotong rantai sepada motor berikut cara-caranya.

Alat Yang Diperlukan

Karena cara ini adalah cara sederhana memotong rantai sepada motor yang sudah kendor, maka alat-alat yang digunakan pun juga sederhana, berikut beberapa peralatan yang diperlukan :
  • Kunci Ring, Pas, Kunci T
  • Obeng
  • Tang
  • Palu dan Paku
  • Bekas Laker Roda
  • Balok Kayu
  • Rantai Rantai
Langkah-Langkah Memotong Rantai

Untuk memotong rantai sepeda motor secara sederhana, langkah-langkah yang dilakukan sangatlah mudah yaitu :
  • Cari bagian sambungannya, kemudian buka sambungan tersebut menggunakan tang dan ambil pen penahannya.
  • Ambil dan keluarkan rantai dari sepeda motor untuk dipotong.
  • Untuk mempermudah pekerjaan, tanpa harus membuka penutup rantai bagian depan saat memasang kembali rantai yang sudah dipotong, anda bisa menggunakan rantai bekas saat mengambil rantai dari sepada motornya.
  • Caranya kaitkan rantai bekas dengan rantai yang ingin dipotong kemudian tarik untuk mengeluarkan rantai dari sepada motornya. 
  • Jika anda tidak memiliki rantai bekas, sebenarnya bukan masalah besar, hanya saja anda harus membuka penutup rantai bagian depan saat akan memasangnya nanti.
  • Apabila rantai sudah dikeluarkan dari sepada motor, langkah berikutnya adalah melakukan pemotongan.
  • Pertama-tama tentutkan terlebih dahulu seperapa panjang bagian rantai yang akan di potong.
  • Kemudian letakan rantai diatas laker roda, keluarkan pen rantai menggunakan paku dan palu.
  • Jika proses pemotongan sudah selesai, segera pasang kembali rantai tersebut pada sepeda motornya.
  • Apabila anda tadi menggunakan rantai bekas, maka kaitkan kembali rantai yang sudah dipotong dengan rantai bekas yang masih ada di motornya, kemdian tarik pelan-pelan.
  • Kendorkan mur dan baut as roda menggunakan kunci ring, jangan lupa kendorkan juga setelan rantainya.
  • Pasang kembali sambungan rantainya, sekalian penahan sambungan menggunakan tang.
  • Langkah selanjutnya pasang kembali rantai pada gir belakang, kemudian setel kekencangannya.
  • Jika sudah menemukan setelan yang pas, kencangkan kembali mur dan as roda sepada motor anda. 
Nah demikianlah Cara sederhana memotong rantai sepeda motor, semoga saja sedikit informasi ini bisa bermanfaat, berguna dan bermanfaat bagi anda.


Postingan terkait:

7 Tanggapan untuk "Cara Sederhana Memotong Rantai Sepada Motor"

  1. Wah... saya nantinya bakal mampir ke halaman ini....
    Jaga-jaga kalau rantai sudah kendor....

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh mas,karena kadang saat rantai kendor sudah tidak bisa distel lagi, mau diganti juga sayang jika kondisinya masih bagus,

      Delete
  2. Replies
    1. silahkan siapa tahu bisa bermanfaat dan dapat membantu buat mas

      Delete
  3. Rantai saya bengkok tapi cm 1 mata saja. Dipakai berisik sedikit. Padahal rantai baru umur 1 bulan. Bengkok gara2 rantai lepas trus nyangkut di arm. Lebih baik diganti dgn sambungan atau dibiarkan saja mas? Tp kemarin saya beli sambungan rantai agak kebesaran.
    Salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kondisinya masih bagus lebih baik dipotong dan di ganti sambungan, nah untuk sambunganya lihat dulu ukurannya jangan sampai kebesaran mas,

      Delete
    2. Kalo kondisinya masih bagus lebih baik dipotong dan di ganti sambungan, nah untuk sambunganya lihat dulu ukurannya jangan sampai kebesaran mas,

      Delete