Cara Menambal Ban Bocor Besar Atau Sobek


Ban bocor banyak sekali penyebab dan jenisnya, ada yang bocor kecil atau bocor alus, ada juga yang bocor besar atau ban dalam tersebut sobek. Apakah ban yang sobek bisa di tambal...? Sebenarnya hal tersebut bisa saja dilakukan, namun tergantung dari masing-masing tukang tambal bannya, kalo saya sendiri asalkan sobeknya tidak lebih dari 10 cm, maka masih dapat diusahakan untuk ditambal. Kalo lebih dari 10 cm sebenarnya juga bisa, tapi jelas prosesnya lebih lama, dan banyak menghabiskan kompon, karena hal inilah kebanyakan tukang tambal ban tidak mau menambal, apabila mendapati ban bocor karena sobek.



Baiklah sobat semuanya, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi dan pengalaman saya tentang bagaimana menambal ban yang bocor besar atau sobek. Sebenarnya sih untuk menambal ban yang sobek caranya sama dengan menambal ban yang bocor biasa atau bocor kecil, hanya saja ada sedikit perbedaan dalam proses menambal ban tersebut. Oke langsung saja, berikut cara-cara menambal ban yang bocor besar atau sobek.

Pertama-tama bersihkan bagian yang ingin ditambal atau bagian ban dalam yang sobek menggunakan alat pengerok ban, bisa menggunakan gergaji besi atau patar kayu, hingga benar-benar bersih agar karet kompon dapat menyatu dengan erat.


Jahit bagian yang sobek menggunakan jarum dan benang, agar bagian yang sobek tersebut bisa rapat kembali dan saat ban tersebut nanti dipasang kemudian diberi tekanan atau dipompa, benang tersebut dapat menjadi penahan agar tidak mudah bocor kembali


Beri lem secara merata pada bagian ban yang tadi dikerok menggunkan gergaji besi atau patar kayu, fungsinya untuk menutup kembali bagian yang dikerok, dan jangan lupa beri lem pada benang yang digunakan untuk menjahit, tujuannya agar karet kompon bisa menyatu dengan benang tersebut dan tidak mudah terlepas.

Tempelkan karet kompon pada bagian ban yang akan ditambal, ingat semua bagian yang dijahit harus tertutup karet kompon seluruhnya. Jika menggunakan karet kompon yang tebalnya 4 mm atau 5 mm cukup satu lembar saja, tapi jika menggunakan karet kompon yang tebalnya 2 mm, maka karet kompon harus didobel, karena jika karet kompon yang digunakan tipis maka bekas jahitan akan kelihatan pada tambalannya, dan hal ini akan membuat ban mudah bocor kembali.

Pres bagian ban yang ingin ditambal menggunakan alat pres, harus di perhatikan juga, tidak seperti menambal ban yang bocor biasa atau bocor keci, untuk menambal ban yang sobek, saat mengangkat ban tersebut dari press jangan terburu-buru setelah dirasa matang, biarkan ban tersebut pada alat pres hingga alat pres tersebut menjadi agak dingin baru diangkat.

Setelah diangkat dari alat pres celupkan kedalam air bagian ban yang ditambal tadi, kemudian beri angin dan rimbang untuk mengecek apakah bagian yang ditambal tersebut sudah benar-benar rapat sekaligus untuk mengecek apakah ada bagian lain yang masih bocor.

Jika semuanya sudah oke, maka pasang kembali ban tersebut pada ban luarnya, dan diberi angin atau di pompa sesuai dengan tekanan yang diinginkan.

Baiklah sobat semuanya, demikianlah cara-cara untuk menambal ban dalam yang bocor besar atau sobek, semoga saja sedikit tulisan dari saya pada postingan kali ini bisa membawa manfaat, dapat berguna dan dapat menjadi pengetahuan bagi sobat semuanya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Menambal Ban Bocor Besar Atau Sobek"

Post a Comment