Berapa Umur Ban Kendaraan Anda...?


Ban merupakan salah satu komponen yang memiliki peranan penting dan harus ada pada setiap kendaraan. Coba kita bayangkan kalo kendaraan tidak ada bannya, tentu kendaraan tersebut tidak bisa digunakan.

Betul...?

Contoh kecil yang pernah kita alami saat berkendara, misalnya  tiba-tiba ban kendaraan kita bocor, otomatis saat itu kendaraan tersebut tidak bisa digunakan dengan maksimal, kalopun dipaksakan tentu tidak nyaman dikendaraai.


Setuju...?

Kalo semuanya sudah setuju, mari dilanjutkan lagi...!!!

Karena ban merupakan bagian penting dari kendaraan yang berhubungan langsung dengan jalan, maka sebagai penggunanya, kita harus melakukan perawatan dan pengecekan secara rutin, untuk mengetahui bagaimana kondisinya.
Lalu apa sajakah yang perlu dilakukan pengecekan...?

Saya yakin sebagian besar dari anda pasti sudah tahu tetang apa saja  yang perlu dicek untuk mengetahui bagaimana kondisi ban. Misalnya, alur atau motif ban ( apakah sudah gundul atau belum ), tekanan angin, dan lain sebagainya.

Namun tahukah anda bahwa umur atau usia ban juga perlu dilakukan pengecekan, hal ini dilakukan untuk mengetahui kapan masa kadaluarsa dari ban tersebut.

Ternyata ban kendaraan juga memiliki masa kadaluarsa, atau batas maksimal ban tersebut layak untuk digunakan. Rata-rata ban kendaraan memiliki masa kadaluarsa hingga 6 tahun setelah di produksi.

Jadi jika umur ban sudah lebih dari 5 tahun, sebaiknya memilih ban lain yang belum terlalu tua, setidaknya masih dibawah 2 tahun. Ban kendaraan yang umurnya sudah diatas 5 tahun setelahp produksi, meski jarang digunakan, tetap resikonya lebih besar dari pada ban yang masih fresh atau belum kadaluarsa.

Ban kendaraan meski jarang dipakai, terlihat seperti baru, atau belum pernah dipakai sekalipun, karena disimpan setelah membelinya, jika umurnya sudah lebih dari 5 tahun setelah produksi atau sudah kadaluarsa, biasanya karet ban menjadi getas, kaku dan tidak lentur, sehingga mudah retak, sobek ataupun pecah.

Mungkin anda pernah melihat ban kendaraan yang kondisinya retak di bagian samping, getas, kaku, dan sulit dipasang karena sudah hilang kelenturannya. Kondisi ban seperti ini kemungkinan besar disebakan karena ban sudah terlalu tua atau sudah kadaluarsa.

Maka saran saya apabila anda ingin membeli ban baru, sebaiknya dicek terlebih dahulu berapa umurnya, agar jangan sampai anda membeli ban yang sudah kadaluarsa. Akan lebih baik jika anda memilih ban yang masih fresh atau setidaknya berumur dibawah 2 tahun setelah produksi.

Lalu bagaimana cara untuk mengetahui kalo ban yang akan dibeli belum terlalu tua atau belum kadaluarsa...?

Cara untuk mengetahui umur ban, sebenarnya sangat mudah, hanya butuh ketelitan dan kejelian, sekeder pengetahuan untuk anda, apabila ingin membeli ban baru atau bekas, sebaiknya lakukanlah beberpa langkah berikut ini.

Pertama-tama coba perhatikan pada bagian samping ban, disana ada banyak sekali tulisan, muali dari merk, type ban dan lain-lain, carilah tulisan yang ada di dalam kotak, biasanya dicetak timbul atau menjorok kedalam, tapi paling banyak menjorok kedalam, biasanya berupa angka.

Contoh pada ban mobil


Perhatikan kode didalam kotak seperti gambar diatas, disana ada kode berupa angka 0613, 2 angka pertama menunjukan minggu ke - , dan 2 angka ke 2 menunjukan tahun pembuatannya, artinya ban tersebut diproduksi  pada minggu ke 6 tahun 2013, jadi sampai saat ini ban tersebut berumur kurang lebih 3 tahun, jadi masih cukup layak untuk digunakan.

Contoh pada ban sepeda motor


Perhatikan kode yang ada didalam kotak, disana ada kode yang berupa angka 2213, artinya ban tersebut diprodkusi pada minggu ke 22 tahun 2013.

Nah sudah tahukan sekarang tentang pentingannya mengetahui berapa umur ban kendaraan anda.

Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat untuk anda.


Postingan terkait:

30 Tanggapan untuk "Berapa Umur Ban Kendaraan Anda...?"

  1. Ternyata ban juga ada kadaluarsanya ya mas saya pikir yang penting bannya masih segel pasti bagus eh taunya harus lihat tanggal produksinya makasih mas pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, maka dari itu sebaiknya gunakan ban yang umurnya masih dibawah 2 tahun

      Delete
  2. Wah ternyata itu kode produksi yah saya kira kode type ban

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, dari kode tersebut kita bisa mengetahui berapa umur ban

      Delete
    2. umur ban saya baru 1 Tahun 5 Bulan :D

      Delete
    3. jadi masih bagus untuk digunakan mas, paling tidak maih dibawah 2 tahun

      Delete
    4. mau tanya mas,, apa semir ban bisa memperlambat aus ban?

      Delete
    5. tidak juga mas, justru membuat warna ban menjadi memudar, coba saja ban yang sering disemir, sekali tidak disemir warna jadi berubah dan kurang menarik

      Delete
  3. Wah saya baru tau malahan mas,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak pa2 mas, memang hal ini sering tidak diketahui

      Delete
  4. harus teliti ya mas, kalau mau membeli ban, jangan sampai ban baru yang kita beli ternyata sudah lewat masa kadaluarsanya, mantap bg tips nya, jadi bisa ngecek mana ban baru mana yg kadaluarsa

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, jangan sampai kita salah membeli ban yang sudah kadaluarsa, biarpun masih terlihat baru

      Delete
  5. berarti walupun tidak dipakai tapi kalau ban sudah umurnya terlalu lama, juga kurang bagus ya mas, makasih infonya, Maaf jarang silaturahmi, maklum lagi sibuk di dunia nyata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, ban juga memiliki masa kadaluarsa, jadi usahakan untuk memilih ban yang masih fresh

      Delete
  6. o begitu ya cara ngecek umur ban mas,
    beneran saya baruy tau lewat artikel ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas setiap ban, pasti ada kode produksinya, untuk mengetahui kapan ban tersebut dibuat, dan mengetahi kapan masa kadaluarsanya

      Delete
  7. waah baru tahu saya mas padahal saya dulu lama kerja di mobil lhoo g nyangka kalau umur ban bisa di ketahui ...matur nuwun mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, berapa umur ban bisa digunkan untuk mengetahui kapan masa kadaluarsanya, jika ban sudah kadaluarsa kualitas karetnya menurun dan mudah rusak

      Delete
  8. waah baru tahu saya mas g nyangka kalau umur ban bisa di ketahui .makasih brooo

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, dengan begitu kita bisa memilih ban yang belum terlalu tua

      Delete
  9. kalau punya saya baru 3 tahun mas, jadi masih bisa dipake yah?? allhamdulilah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ban yang sudah berumur lebih dari 5 tahun, kurang baik jika digunakan. jadi kalo masih 3 tahun, masih baik dan layak digunakan mas

      Delete
  10. baru tahu ada kode tahun pembuatan di ban
    rupanya ada masa kadaluarsanya juga mas, brarti perlu cek sebelum membeli ban, jadi meski baru belum tentu layak pake jika sudah berusia lama ya
    makasih mas pon

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, haru dicek terlebih dahulu sebelum membeli ban, agar tidak mendapatkan ban yang sudah terlalu tua.

      Delete
  11. wah mantap nih as, nnti saya coba cek ban motor saya.hehe
    sekalian nih mau beli ban buat motor saya yang p[aling fresh deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas selamat mencoba, semoga tips ini berguna, bermanfaat, dan bisa membantu

      Delete
  12. mas kalo memilih accu yang bagus gimana mas?tolong share kalo tau yah.hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, nanti saya share di postingan berikutnya

      Delete
  13. Apakah ban dunlop merupakan jenis ban mobil yang terbaik untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut pengalaman dan pengamatan saya selama menjadi tukang tambal ban, ban dunlop cukup baik untuk digunakan sehari-hari, namun masih dibawah ban brigestone maupun Gajah tunggal

      Delete