Tukang Tambal Ban Ketika Melakukan Blogwalking


Tukang tambal ban melakukan blogwalking....?

Lalu apa yang dikerjakan....?

Blogwalking adalah kegiatan jalan-jalan dan melakukan silaturahmi.

Lalu kemana jalan-jalannya...?

Tentu bukan jalan-jalan ke mall atau ke tempat-tempat wisata pada umunya, blogwalking adalah jalan-jalan didunia maya dalam rangka silaturahmi, mencari informasi, inspirasi, pengetahuan, dan ide-ide baru dengan mengunjungi blog milik orang lain.


Sebelum mengenal dunia blogging, saya tidak tahu apa itu blogwalking dan bagaimana harus melakukan blogwalking. Untung saya kenal dengan dunia blogging jadi sekarang bisa tahu apa itu blogwalking, ternyata saat saya mencari informasi di internet dan mampir disalah satu blog atau website, misalnya milik si A atau si B, itulah yang dinamakan blogwalking.

Apa sih manfaat melakukan blogwalking, kalo saya jelaskan semuanya, tentu tidak akan cukup ditulis dalam satu halaman, selain itu pengetahuan saya juga masih sangat minim, takutnya malah nanti salah dalam menjelaskannya.

Lalu bagaimana...? Ya saya akan menjelaskan sedikit, itupun hanya beberapa beberapa hal saja. Gimana Setuju...? Kalo setuju mari kita lanjutkan lagi ceritanya.

Manfaat blogwalking itu ada banyak, diantaranya adalah, untuk mencari informasi dan pengetahuan, menambah wawasan, menjalin silaturahmi dan menambah teman, dan bagi kalangan blogger kegiatan blogwalking merupakan salah satu upaya untuk meningkatkaan trafik atau pengunjung ke blog miliknya.

Nah itulah beberapa manfaat blogwalking secara garis besar, dan menurut apa yang saya ketahui, kalo yang tidak saya ketahui, tidak akan saya sebutkan nanti takut salah, hehehe

Lalu bagaimana melakukan blogwalking...?

Kalo mengenai hal ini sih, menurut saya tergantung dari masing-masing orang yang melakukannya, artinya setiap orang pasti memiliki cara dan kebiasaan yang berbeda dalam melakukan blogwalking.

Kalo tukang tambal ban seperti saya bagaimana melakukan blogwalking...?

Terinspirasi dari salah seorang suhu dalam dunia perbloggingan, beginilah cara saya melakukan blogwalking.

1. Membaca Artikel

Melakukan blogwalking tujuan utamanya pasti mencari informasi, inspirasi, pengetahuan dan menggali ide-ide baru,  nah semua itu tentu akan kita dapatkan dengan membaca artikel atau informasi pada blog yang kita kunjungi, masak kita cuma mau lihat-lihat saja.

Jadi selama melakukan blogwalking luangkanlah waktu sejenak untuk membaca artikel atau informasi yang ada disana, karena dengan banyak membaca akan membuat kita semakin banyak tahu, dan semakin banyak yang kita ketahui, akan semakin banyak kita menemukan ide-ide baru.

2. Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan

Salah satu tujuan melakukan blogwalking adalah menjalin silaturahmi untuk menambah teman dan saudara kita didunia maya, maka dari itu setelah kita membaca artikel disana, otomatis kita akan mendapatkan informasi, pengetahuan dan wawasan baru baru dari blog yang dikunjungi.

Maka dari itu, sebagai pengunjung yang baik kita harus meninggalkan jejak atas kunjungan kita, dengan cara meninggalkan komentar. Lalu bagimana seharusnya berkomentar...? Tentu saja harus berkomentar dengan baik dan sopan sesuai dengan topik yang dibahas disana.

Dengan meninggalkan komentar atas kunjungan tersebut, maka kita akan mendapatkan manfaat dari kegiatan blogwalking, salah satunya adalah hal yang paling dirasakan oleh blogger seperti saya, yaitu dapat meningkatkan trafik atau menambah pengunjung blog.

Biasanya mereka para blogger akan merasa senang saat blog mereka dikunjungi, dan jika ada jejak kita disana, ada kemungkinan mereka akan melakukan kunjungan balik.

Saya pun juga merasa senang saat ada pengunjung yang mampir keblog saya dan meninggalkan komentar, dan tentu saya akan meluangkan waktu untuk berbalik mengunjunginya, karena dengan begitu akan terjalin tali silaturahmi.

3. Melakukan Klik Iklan Yang Ada Di Sana

Terakhir kegiatan yang saya lakukan selama blogwalking adalah melakukan klik pada iklan yang ada di blog tersebut, mengapa hal itu saya lakukan, karena saya sudah mendapatkan keuntungan dengan membaca informasi yang ada di sana.

Melakukan klik ikan yang ditayangkan disana, menurut saya merupakan ungkapan rasa terima kasih dari saya kepada pemilik blog, karena dari blog mereka saya bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan baru. Apabila blog tersebut tidak ada iklannya, ya saya tidak melakukan klik ikan, cukup dengen meninggalkan komentar saja, sebagai jejak telah melakukan kunjungan.

Oke sobat semuanya, berhubung saya sudah kehabisan kata-kata untuk melanjutkan cerita ini, untuk itu dengan sangat terpaksa saya akhiri sampai disini dulu pembahasan mengenai hal apa saja yang saya lakukan ketika melakukan blogwalking, semoga tulisan ini bisa berguna, membantu dan membawa manfaat untuk anda semuanya.


Postingan terkait:

24 Tanggapan untuk "Tukang Tambal Ban Ketika Melakukan Blogwalking"

  1. bner banget mmanfaat blogwolking itu.
    terutama nambah ilmu yang banyak. makin banyak lagi
    sama mendatangkan rizki.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas, makin banyak bersilaturahmi makin mendekatkan kita dengan rizki

      Delete
    2. saya juga ikut cara vmas poniran ah. biar saling untung. :D

      Delete
  2. Bagi seorang blogger penting sekali melakukan blogwalking

    ReplyDelete
  3. yang nomer 3 saya jarang lakukan mas hehehehehe kalo no 1 dan 2 masih saya lakukan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak papa mas, yang nomor tika bukan suatu keharusan, cuma sebagai ucapan terima kasih untuk pemilik blog, kerana telah membagikan informasi dan pengetahuan yang dimilikinya kepada para pembaca semuanya

      Delete
  4. Jujur saya salut ama mas poniran, di tengan kesibukan sebagai tambal ban yang budiman tapi masnya masih sempetin buat ngeblog n ama bloggwalking, mantap mas lanjutkan, semoga berkah dunia akhirat. amin....salam blogger :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ketika saya sedang dibengkel dan tidak ada pekerjaan lain, untuk mengisi waktu luang tersebut, saya sempatkan untuk ngeblog juga melakukan blogwalking, mungkin dengan melakukan ini saya bisa mendapatkan hiburan, kesenagan dan juga tambahan pengetahuan.

      Delete
  5. sebenarnya banyak sekali ya manfaat dari blogwalking selain nambah teman, mempererat tali silaturahmi, juga dapat share ilmu atau bisa juga share pengalamaan pribadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mbak, ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan melakukan blogwalking, maka dari itu rajin-rajinlah melakukannya, biar tambah lagi teman dan saudara kita

      Delete
  6. betul gan, blogwalking juga merupakan salah satu jenis SEO yang wajib untuk kita lakukan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, main rajin melakukan blogwalking, makin banyak juga yang mengenal kita

      Delete
  7. Blog walking bagi saya sudah kebutuhan mas sehari nggak blogwalking rasanya ada yang kurang

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, jika sudah sering melakukannya,maka seperti menjadi kebiasaan dan rutinitas buat kita, sekarang pun saya juga mengalaminya, sehari gak melakukan blogwalking seperti ada yang kurang rasanya

      Delete
  8. sama dengan silaturahim di dunia nyata ya.. saling berinteraksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul gan,silaturahmi didunia nyata akan menambah teman dan saudara kita, begitu juga silaturahmi di dunia maya

      Delete
  9. Tanpa blogwalking blog terasa sepi mas, memang benar banyak manfaat dari blogwalking, selain bisa menambah wawasan juga bisa tambah teman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali gan, saya juga merasakan manfaat dari blogwalking, salah satunya memang blog jadi bisa dikenal dan dikunjungi orang lain.

      Delete
  10. ternyata blog walking punya rule juga y
    hehe
    makasih sob dah share ilmunya

    mampir sob di blog ane
    tinggal search "wikidool" biar nambah unique visitor
    hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama sob, makasih udah mampir di tempat saya

      Delete
  11. Amiin mas, pencerahan nih buat saya sebagai newbie. Salam kenal ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga mas, terima kasih sudah mampir ke blog saya

      Delete