Beberapa Benda Berikut Sering Menyebabkan Ban Bocor


Salah satu penyebab mengapa ban kendaraan tiba-tiba bocor saat digunakan, yaitu karena terkena benda-benda tajam yang berserakan dijalanan. Jika anda seorang pengguna kendaraan, baik itu kendaraan jenis sepeda motor ataupun mobil, pasti anda pernah mengalami kejadian dimana ban kendaraan anda tiba-tiba bocor disebabkan karena terkena benda-benda tajam di jalanan.

Bocor karena terkena benda-benda tajam dijalanan memang terasa sangat menjengkelkan, karena tidak memandang ban sudah jelek atau masih bagus, biarpun ban baru setengah jam dipasang, kalo terkena benda-benda seperti itu pasti langsung bocor. Bahkan akibat karena terkena benda-benda tajam tersebut, sering kali menimbulkan kerusakan yang cukup parah, sehingga ban tidak bisa digunakan lagi.


Perlu sobat ketahui bahwa benda-benda tajam yang sering berserakan dijalanan, apabila sampai mengenai ban, bukan hanya menyebabkan kerusakan pada ban dalamnya saja, akan tetapi sering juga menyebabkan kerusakan pada ban luarnya, dan parahnya lagi karena hal tersebut umur pakai ban menjadi berkurang.

Jika secara normal umur pakai ban bisa digunakan hingga satu tahun, tapi jika sudah rusak akibat terkena benda-benda tajam dijalan, umur pakainya bisa berkurang setengahnya. Jadi sebenarnya sangat disayangkan sekali kalo sampai seperti itu, tapi mau bagaimana lagi, karena sebagai pengguna kendaraan kita sering kali tidak sadar telah menginjak benda-benda tajam yang dapat mengakibatkan kerusakan pada ban kendaraan.

Baiklah sobat semuanya, langsung saja pada kesempatan ini saya ingin berbagi sedikit cerita mengenai beberapa benda yang sering menyebabkan ban kendaraan anda tiba-tiba bocor saat digunakan.

1. Paku

Paku adalah benda tajam yang paling banyak berserakan dijalan, dimana paku merupakan benda yang paling sering mengenai ban dan menyebabkannya bocor. Maka dalam hal ini paku saya tempatkan pada urutan pertama benda tajam yang sering menyebabkan ban kendaraan bocor secara tiba-tiba saat digunakan.

Benda ini bisa berada dijalanan bisa karena terbawa oleh air hujan saat hujan deras, namun kadang di kota-kota besar memang ada oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang dengan sengaja menyebar paku dijalanan.

Perlu sobat ketahui bahwa jika ban kendaraan sobat tiba-tiba bocor karena terkena paku, kebanyakan bocornya lebih dari satu lubang apabila ban kendaraan sobat menggunakan ban dalam, apabila tidak langsung dicabut begitu ban kendaraan sobat tiba-tiba bocor terkena paku.

2. Baut

Baut juga merupakan benda-benda yang sering mengenai ban kendaraan dan menyebabkan banyak ban kendaraan tiba-tiba bocor, dari pengalaman saya baut berada di urutan kedua benda yang paling sering menyebabkan ban kendaraan bocor.

Benda ini bisanya berasal dari kendaraan yang kondisinya sudah kendor namun tidak segera dikencangkan kembali, sehingga lepas dan jatuh dijalanan. Dari pengalaman saya, baut yang paling sering mengenai ban adalah baut yang berasal dek sepeda motor, karena baut ini ukuranya kecil dan ujungnya rata-rata runcing.

Tapi meskipun begitu ada juga baut dengan ukuran besar yang sering mengenai ban dan menyebabkan ban tersebut bocor secara tiba-tiba, misalnya baut ukuran 8, 10, 12, bahkan baut ukuran 14 bisa juga menyebabkan ban kendaraan anda bocor.

Jika kendaraan sobat menggunakan ban tubeless dan terkena baut yang ukurannya lumayan besar, hal tersebut seringkali menyebabkan kerusakan yang cukup parah, sehingga ban kendaraan sobat tidak bisa digunakan untuk tubeless lagi dan terpaksa harus menggunakan ban dalam.

Tidak seperti ban bocor karena terkena paku yang mana bisa menyebabkan bocor di beberapa bagian, namun jika ban bocor dikarenakan terkena baut, biasanya bocornya hanya pada bagian yang terkena baut saja, atau bisa dibilang bocornya cuma satu lubang, meskipun baut yang mengenai ban tidak langsung dicabut.

3. Pecahan Kaca

Pecahan kaca merupakan salah satu benda yang sering mengenai ban dan menyebabkan ban tersebut bocor secara tiba-tiba saat digunakan. Dari pengalaman saya pecahan kaca menempati urutan ketiga, dimana jika ban terkena pecahan kaca biasanya bocornya hanya pada bagian yang terkena pecahan kaca saja, seperti baut.

Pecahan kaca yang berserakan dijalanan bisanya berasal dari botol-botol kaca yang dibuang secara sembarangan, atau berasal pecahan kaca yang tadinya berada di pinggir jalan atau berasal dari pemukiman warga kemudian terbawa air hujan saat hujan deras.

Perlu sobat ketahui jika ban terkena pecahan kaca atau beling, hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan yang cukup parah pada ban luarnya, misalnya sobek atau berlubang terutama dibagian samping, dimana pada bagian samping tersebut lebih mudah rusak dibandingkan dengan bagian yang lain, apabila terkena pecahan kaca.

4. Kawat Dan Serpihan Besi

Kawat dan serpihan besi merupakan benda-benda yang juga sering menyebabkan ban kendaraan bocor, jika ban bocor karena terkena kawat atau serpihan besi yang ukurannya kecil biasanya sangat halus, sehingga tidak langsung ketahuan. Karena biasanya angin didalam ban tidak langsung habis begitu terkena benda ini, bahkan ada yang bisa bertahan sampai satu minggu.

5. Pecahan Batu

Pecahan batu yang bentuknya runcing dan tajam bisa juga mengenai ban dan menyebabkan ban tersebut bocor, biasanya hal ini terjadi apabila kendaraan digunakan untuk melintasi jalanan berbatu, dimana pada jalanan seperti banyak sekali pecahan batu yang bentuknya runcing dan tajam.

Sama halnya dengan ban bocor karena terkena baut atau pecahan kaca, apabila ban kendaraan sobat bocor karena terkena pecahan batu biasanya bocornya hanya pada bagian yang terkena pecahan batu saja.

Sobat semuanya sebanarnya masih banyak lagi benda-benda tajam yang sering mengenai ban dan menyebabkan ban kendaraan bocor secara tiba-tiba saat digunakan, namun dari pengalaman saya benda-benda diataslah yang paling banyak dan paling sering saya temukan selama menjadi tukang tambal ban.


Postingan terkait:

14 Tanggapan untuk "Beberapa Benda Berikut Sering Menyebabkan Ban Bocor"

  1. paku tuh yg paling sering menjadi penyebab kebocoran mas,tp saya jg pernah sekali dimana ban bocor terjadi karena kena kawat mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas paku memang paling banyak memakan korban, dan memang banyak kejadian ban bocor dikarenakan terkena paku

      Delete
  2. yg banyak sy temukan di jln itu paku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paku memang paling banyak ditemukan dijalanan dan paling sering mengenai ban dan menyebabkannya bocor

      Delete
  3. Kemarin,, motor Saya harus ganti ban luar,, tapi kayaknya penyebabnya bukan karena benda - benda diatas,, tapi karena bannya udah tipis,,, kemarin diganti sama ban dalemnya,, harganya lumayan juga RP 185 ribu,,, kalau bisa pasang sendiri kayaknya harganya gak harus segitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang sudah waktunya ganti kali mas, hehehe,

      Delete
  4. Memang sangat menjengkelkan sekali mas kalau kita hendak bepergian lalu ban tiba-tiba bocor entah itu karena paku atau yang lainnya yang jelas sangat menjengkelkan bagi yang merasakannya. saya mau bertanya kan pengguna kendaraan kalau ban nya bocor sangat jengkel, lalu bagaimana dengan tukang tambal mas ? apa seneng lihat ada orang yang ban nya bocor ? apalagi bocor nya di tempat bengkel kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dibilang memang yang ditunggu oleh para tukang tambal adalah ban kendaraan yang bocor mas, hehehe

      Delete
  5. wah saya juga pernah ngalamin tuh pas lagi bepergian tiba-tiba ban kempes begitu aja tanpa tau apa penyebabnya, tapi kebanyakan sih memang penyebabnya paku kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paku meman penyebab paling banyak ban kendaraan bocor secara tiba-tiba

      Delete
  6. Paku masih menjadi momok yang menakutkan bagi pengendara motor apalagi yang sengaja disebar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, paku memang momok menakutkan bagi para pengguna kendaraan

      Delete
  7. saya yang pernah itu oleh batu tajam mas. pas kena lubang.
    ban kurang angin. jlek terhentak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ban dengan kondisi kurang angin menginjak lubang dijalanan bukan hanya bisa menyebabkan bocor tapi bisa sampai sobek mas

      Delete