Cara Sederhana Mengatasi Ban Mobil Bocor Pada Bagian Pentil


Ban mobil yang bocor pada bagian pentil, bukan berarti jebol pada bagian pentilnya, akan tetapi bocor dibagian ujung pentilnya. Menurut dari pengalaman saya, menambal ban mobil yang bocor pada bagian pentilnya, adalah pekerjaan yang cukup merepotkan. 

Mengapa saya mengatakan seperti itu ...? Karena jika ban mobil bocor pada bagian pentilnya, dan ternyata bocornya sangat halus, untuk mengetahuinya jauh lebih sulit dari pada bocor halus dibagian lain. Bahkan saat dilakukan perimbangan sering kali tidak kelihatan adanya tanda-tanda kalo ban tersebut bocor.



Namun setelah ban tersebut dipasang pada ban luar dan dipompa, baru ketahuan kalo ternyata bagian pentilnya bocor. Nah hal seperti inilah yang terkadang terasa merepotkan bagi saya, karena mau tidak mau saya harus bekerja dua kali, untuk mengeluarkan ban dalam dari ban luarnya.

Perlu sobat ketahui bahwa pentil ban mobil berbeda dengan pentil ban sepeda motor, dimana pentil ban sepeda motor biasanya terbuat dari bahan kuningan, namun tidak dibungkus dengan karet.

Sedangkan pentil ban mobil sama-sama terbuat dari bahan kuningan tapi dibungkus dengan karet, dan hanya tersisa sedikit saja bagian ujungnya yang tidak dibungkus dengan karet, kurang lebih panjangnya 0.7 cm, dimana bagian tersebut merupakan bagian yang sering bocor.

Gambar Pentil Ban Mobil

Gambar Pentil Ban Sepeda Motor

" Lalu Bagaimana Cara Mengatasinya ...? "

Untuk mengatasi masalah seperti ini, ada dua cara yang bisa dilakukan, yang pertama kalo kondisinya sudah cukup parah, maka cara untuk mengatasinya yaitu diganti pentilnya. Sedangkan cara yang kedua biasanya dilakukan apabila kondisinya tidak terlalu parah yaitu dengan cara mengikat bagian pentil tersebut menggunakan benang sepatu.

Nah untuk mengatasi ban mobil bocor pada bagian pentil dengan cara mengganti pentilnya, caranya sama dengan cara menambal ban bocor karena jebol pentilnya,  untuk lebih jelasnya silahkan baca di Ban Sepeda Motor Jebol Pada Bagian Pentil.

Sedangakan cara mengatasi ban mobil bocor pada bagian pentil secara sederhana yaitu dengan cara mengikat bagian pentil tersebut menggunakan benang sepatu, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Buka Ban Luar Dari Velgnya

Untuk menambal ban kendaran yang menggunakan ban dalam, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka ban luar dari velgnya untuk mengeluarkan ban dalam yang akan ditambal.

Caranya buka pentilnya menggunakan kunci pentil untuk membuang sisa angin yang masih ada di dalam ban, tujuannya untuk mempermudah proses pembukaan ban luar dari velgnya. Setelah sisa angin didalam ban habis, buka ban tersebut menggunakan alat bukaan ban, kemudian keluarkan ban dalamnya.

2. Rimbang Ban

Setelah ban dalam dikeluarkan dari ban luarnya, langkah selanjutnya rimbang ban dalam tersebut pada bak perimbang, untuk mencari bagian yang bocor. Caranya pasang kembali pentil yang tadi dibuka menggunakan kunci pentil, kemudian berilah angin secukupnya dan dirimbang pada bak perimbang.

Perlu sobat ketahui bahwa terkadang jika ban bocor pada pentilnya, saat dilakukan perimbangan tidak kelihatan tanda-tanda kalo ban tersebut bocor. Nah cara untuk mengatasinya yaitu pompa lagi ban tersebut lebih keras dari pada sebelumnya, kemudian berilah air sabun pada ujung pentilnya.

Tunggu beberapa saat, sebab jika bocornya sangat halus tidak akan langsung ketahuan, jadi tunggulah sekitar 5 sampai 10 menit, jika memang bocor pada bagian pentilnya pasti akan kelihatan ada gelembung-gelembung sabun, biarpun sangat halus.



3. Mengikat Pentil Dengan Benang Sepatu

Setelah diketahui dan dipastikan bahwa bagian pentilnya bocor, langkah selanjutnya adalah mengikat bagian pentil tersebut menggunakan benang yang biasa digunakan untuk menjahit sepatu caranya adalah sebagai berikut :

Siapkan benang sepatu dengan panjang kurang lebih 1 meter, kemudian lilitkan benang tersebut mulai dari ujung pentil hingga pada pangkal pentil. Perlu diperhatikan saat mengikatkan benang pada pentil usahakan sekencang mungkin, agar bagian pentil yang bocor tadi tidak bocor lagi, untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar di bawah ini.

Cara  Mengikat


Setelah diikat dengan benang sepatu


4. Pasang Kembali PadaBan Luarnya

Jika langkah pada nomor 3 telah dilakukan dengan benar, dan sudah dipastiakan benar-benar kencang ikatannya, maka langkah selanjutnya pasang kembali ban tersebut pada ban luarnya, kemudian dipompa sesuai dengan ukuran yang dianjurkan.


Setelah dipasang lagi pada ban luarnya


Baiklah sobat semuanya, demikianlah sedikit pembahasan mengenai cara sederhana mengatasi ban mobil bocor pada bagian pentil yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semuanya.


Postingan terkait:

12 Tanggapan untuk "Cara Sederhana Mengatasi Ban Mobil Bocor Pada Bagian Pentil"

  1. memang kalau yg bocor dibagian pentil itu cukup merepotkan ya mas.
    untung disini sudah dijelaskan cara mengatasinya baik yg halus maupun yg udah parah bocor pentilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas karena kadang kalo bocornya halus, bocornya tidak kelihatan

      Delete
  2. Kalau nggak pengalaman tukang tambalnya bisa bolak balik bocor ternyata bisa juga pakai benang baru tau saya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan hanya bolak-balik bocor mas kalo tidak diatasi bahkan bisa meletus kalo tetap dipaksakan

      Delete
  3. Wah mas saya kira pentil ban mobil sama ban motor itu sama aja ternyata setelah di teliti ada beda nya ya kalau ban mobil kuningannya di bungkus dengan karet.
    Mas poniran ini kaya akan pengalaman nih :) kalau bengkel abal-abal sih gak mau ribet kalau bocor kaya gtu harus di ganti . saya juga pernah tuh ngalamin bocor di bagian pentil

    ReplyDelete
    Replies
    1. bocor pada bagian pentil, sebenarnya bisa diatasi, salah satunya dengan cara seperti diatas mas

      Delete
  4. pernah tiga kali bocor bagian pentil mas,dan semuanya ganti ban dalam baru, habis gak ngerti cara betulinnya, mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sangat sayang sekali mas padahal bisa diperbaiki

      Delete
  5. Wah baru pertama nih nemu blog yg isi kontenya sangat" bermanfa'at..

    Beda sma bloger" 2w yg isi kontenya nyales

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih gan sudah berkunjung ke blog saya, semoga apa yang saya tulis ini bisa bermanfaat

      Delete
  6. kenalkan mas poniran saya pengusaha tambal ban masih 4 bl ini jadi masih tahap belajar dan cuma modal nekat, tolong solusinya mas sewaktu nambal ban tubeless mobil,gimana cara yang benar memasukkan lem cacing ke lubang kok berat sekali saya sampai hampir gak kuat padahal ban sudah di bor sesuai prosedur,trims ya mas bantuannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama gunakan karet cacing yang bagus, karena karet yang bagus lebih lentur, dan yang kedua cara memasukan karet tersebut didorong sambil diputar pelan-pelan

      Delete