Cara Mudah Mengasah Gunting Agar Cepat Tajam


Gunting adalah benda yang sering kita jumpai dan biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari, apalagi bagi mereka yang memerlukan gunting sebagai salah satu peralatan dalam bekerja, tentu mereka sudah sangat akrap dan terbiasa dengan benda yang satu ini.

Dalam pekerjaan saya sebagai tukang tambal ban, gunting merupakan peralatan penting yang harus ada dan sangat dibutuhkan. Misalnya untuk memotong ban, karet kompon dan lain-lain, maka dari itu gunting harus selalu siap dalam keadaan tajam agar tidak menghambat dan memperlambat pekerjaan saya saat menambal ban.



Memang sih apapun itu kalo sering digunakan pasti lama-lama akan menjadi rusak atau tidak berfungsi secara maksimal, sama halnya dengan gunting apabila sering dipakai lama-lama akan menjadi tumpul dan kehilangan ketajamannya.

Apalagi dalam kegiatan saya sehari-hari sebagai tukang tambal ban, fungsi gunting tidak hanya untuk memotong karet ban atau karet kompon, tapi terkadang untuk memotong benda-benda keras seperti seng, kawat dan benda-benda keras lainnya.

Maka tidak heran jika gunting tersebut lebih cepat tumpul dan kehilangan ketajamannya, kalo kondisinya masih bagus jelas sayang jika harus membeli gunting baru, untuk itu agar bisa tajam dan dapat digunakan kembali dengan baik, gunting harus sering diasah.

Lalu bagaimana cara mengasah gunting yang sudah tumbul agar menjadi tajam kembali ...??

Sebenarnya cara mengasah gunting sangatlah mudah, akan tetapi untuk mengasah gunting tidak bisa dilakukan dengan sembarangan atau asal asah, karena jika kita salah atau asal-asalan mengasahnya, bukannya menjadi tajam tapi justru malah sebaliknya gunting tersebut jadi semakin tumpul.

Jika anda memiliki gunting yang sudah tumpul dan ingin mencoba mengasahnya sendiri agar gunting tersebut menjadi tajam kembali dan dapat berfungsi dengan baik, maka untuk mengasahnya cobalah beberapa langkah berikut ini.

Persiapkan dulu gunting yang akan diasah, batu asahan atau batu gerinda dan air secukupnya, jika semuanya sudah siap mari kita mulai langkah-langkah mengasah gunting.
  • Pertama-tama lumuri batu asah dengan air secukupnya, kemudian letakan batu asah pada tempat yang datar, agar terasa nyaman saat mengasah nanti.
  • Letakan gunting diatas batu asah dengan posisi terbuka dan berdiri dengan kemiringan antara 75 sampai 80 derajat, tidak seperti mengasah pisau, sabit atau golok.
  • Untuk mengasah gunting gerakannya hanya satu arah saja, kalo arahnya maju, maju saja, kalo mundur, mudur saja, tapi biasanya sih gerakannya maju, sebab kalo gerakannya mundur jadi agak sulit mengasahnya.
  • Memang sih cara mengasah gunting berbeda dengan cara mengasah pisau ataupun golok, dimana gerakan untuk mengasah benda-benda tersebut bisa maju dan mundur.
  • Ulangi terus langkah diatas hingga gunting menjadi tajam, atau bagian yang bergerigi sudah hilang, jangan lupa juga tambahkan air secukupnya jika batu asah mulai kering.
  • Apabila gunting dirasa sudah tajam, langkah selanjutnya bersihkan gunting menggunakan air kemudian dilap dengan lap kering untuk membersihkan sisa-sisa air sekaligus serpihan batu asah yang masih menempel pada gunting.
  • Langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah  mencoba ketajaman gunting yang baru saja diasah tadi, caranya cari benang yang biasanya digunakan untuk menjahit, kemudian gunakan gunting tersebut untuk memotongnya.
  • Jika benang tidak menyelip diantara 2 bilah gunting atau langsung putus, tandanya gunting yang anda asah sudah tajam, tapi jika belum tajam, anda bisa mengulanginya kembali langkah-langkah diatas.
Selain menggunkan batu asah, untuk mengasah gunting bisa dilakukan dengan menggunkan amplas, botol kaca, jarum pentul atau menggunakan alumunium foil.

Tapi berdasarkan penglaman saya mencoba beberapa cara mengasah gunting, baik itu menggunakan botol kaca, ampalas atau yang lainnya, mengasah gunting menggunakan batu asah hasilnya lebih bagus dan ketajaman gunting bisa bertahan lebih lama. Jadi jika anda ingin mencoba mengasah gunting yang sudah tumpul sebaiknya gunakan batu asah.

baiklah sobat semuanya demikianlah sedikit pembahasan saya pada kesempatan kali ini mengenai cara mudah mengasah gunting, Semoga sedkit tulisan ini bisa bermanfaat dan dapat berguna bagi anda semuannya.


Postingan terkait:

16 Tanggapan untuk "Cara Mudah Mengasah Gunting Agar Cepat Tajam"

  1. Gunting jadi alat potong kertas...kain..dll euak e kalo tajam...jadi maksimal manfaatnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, gunting banyak selakali manfaat, dan usahakan harus selalu tajam agar lebih nyaman saat digunakan

      Delete
  2. klo diasah gitu apa ngga menyebabkan karat gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung guntingnya mas, kalo yang dari stenlis ga akan berkarat, tapi kalo yang dari bahan baja, biarpun gak diasah tetap akan berkarat gan

      Delete
  3. Perlu dicoba tipsnya kalau ngasahnya bolak balik malah nggak tajam tajam

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas memang harus satu arah jangan bolak-balik kalo mengasah gunting

      Delete
    2. Kalau maju mundur malah g karu2 an ..hi...hi..

      Delete
  4. sepertinya saya g pernah mengasah gunting mas.
    bisa di coba nih mengasah gunting tapi harus cari dulu nih gunting yang ga tajam nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mas tapi coba dulu pakai gunting yang sudah tumpul

      Delete
  5. Oh gitu toh mas , selama ini saya sering mengasah gunting dgn gaya maju mundur pantesan g berubah tajem kok malah tumpul , ya udah makasih mas , sy jadi ngerti niih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas memang seharusnya kalo mengasah gunting cuma satu arah,

      Delete
  6. Kalo rutin dilakuakan bisa bikin gunting tetap tajem ya mas,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas kalo sering diasah gunting menjadi tajam dan terawat

      Delete
  7. makasih mas poniran..ijin praktek..gunting kertas ane banyak yang tumpul...

    btw, saya doakan semoga GA nya cepat di terima :D

    ReplyDelete
  8. Untuk mencegah cuaca yang sedang tidak mendukung pada saat mengadakan acara outdor, memilih Tenda Transparan merupakan pilihan yang tepat loh! selain memiliki keunikan tersendiri dan memiliki fungsi secara umum para tamu undangan masih tetap dapat menikmati pemandangan alamnya, cantik dan keren banget ya.-

    berikut berbagai fungsi untuk Tenda Transparan:

    -Tenda Wedding

    -Tenda event

    -Tenda pameran

    -Tenda Partty

    -Tenda ulang tahun instansi

    -Tenda cafe

    -Tenda resort

    -Tenda restoran

    -Tenda karnaval

    -Tenda festival dan masih banyak fungsi lainnya



    Tenda Transparan sendiri memiliki beberapa bentangan yaitu bentangan 10, 15, dan 20. untuk panjangnya sendiri terhitung dari kelipatan 5 (cth: 5, 10, 15, 20 dst)


    untuk Jasa penyewaan sendiri kami dapat melayani untuk daerah JABODETABEK dan sekitarnya


    untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi kami di:

    No.wa : 083898841775 / 081977000899 / 081112300319 / 081112520816

    Alamat: Taman Ubud Cendana 1 No.19 Lippo Village, Tangerang Banten


    https://www.tendaroderindonesia.com/

    https://shopee.co.id/pasaronlinetangerang

    https://shopee.co.id/dewi.melansari

    https://www.tokopedia.com/annarosianti

    https://www.tokopedia.com/meylans

    https://www.facebook.com/profile.php?id=100055894358161

    https://www.instagram.com/juragantendaofficial/

    https://wordpress.com/home/juragantendaofficial.wordpress.com

    https://twitter.com/IndonesiaRoder

    sewa tenda transparan bandung
    sewa tenda transparan bogor
    sewa tenda transparan bekasi
    sewa tenda transparan surabaya
    sewa tenda transparan jogja
    sewa tenda transparan medan
    harga sewa tenda transparan
    harga sewa tenda transparan jakarta
    sewa tenda transparan jakarta
    penyewaan tenda
    sewa tenda murah
    sewa tenda stand
    sewa tenda tangerang
    harga sewa tenda roder transparan
    sewa tenda terdekat
    sewa tenda pontianak
    sewa tenda jualan
    sewa tenda lampung
    harga penyewaan tenda
    sewa tenda pesta
    sewa tenda medan

    ReplyDelete