Cara Sederhana Mengatasi Aki Kering Soak


Sobat Dukun Ban semuanya, aki kering bila soak atau mati total biasanya tidak memberikan tanda-tanda atau gejala terlebih dulu, memang agak sedikit berbeda dengan aki basah yang mana jika aki tersebut akan mati atau soak biasanya ada gejala-gejalanya, misalnya tidak kuat untuk menyalakan mesin, suara klakson menjadi lebih pelan, atau lampu-lampu yang terhubung dengan aki nyalanya menjadi redup.

Namun tanda-tanda seperti diatas kebanyakan tidak terjadi pada kendaraan yang menggunakan aki kering, karena biasanya hal tersebut terjadi secara tiba-tiba atau mendadak. Pernah saya mengalaminya sendiri, dimana aki pada sepeda motor milik saya tiba-tiba mati, padahal sebelumnya masih bisa digunakan dengan normal, tapi setengah jam kemudian sudah tidak bisa digunakan lagi.



Saat aki kendaraan kita mati total atau soak, maka fungsi komponen-komponen kendaraan yang berhubungan dengan kelistrikan menjadi tidak maskimal, bahkan terkadang tidak bisa digunakan, sehingga akan mengurangi kenyamanan kita saat berkendara. Coba bayangkan bagaimana jika kita berkendara tanpa lampu rem, tanpa klakson dan tanpa lampu sein, tentu akan terasa kurang nyaman.

Maka dari itu jika aki kendaraan kita soak atau mati total alangkah baiknya jika segera diganti dengan yang baru, agar komponen-komponen kendaraan anda yang berhubungan dengan kelistrikan dapat kembali berfungsi dan bekerja dengan baik dan optimal.

Namun jika dalam kondisi darurat misalnya sedang tidak memiliki cukup uang untuk membeli aki baru, maka untuk mengatasi masalah yang sedang kita hadapi, mau tidak mau kita harus mencari tips-tips tertentu untuk mengatasinya. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit berbagi informasi mengenai cara mengatasi aki kering yang soak atau mati total, agar bisa digunakan kembali tanpa harus membeli aki baru.

Bagi para pengguna kendaraan khsusnya sepeda motor yang menggunakan aki kering, mungkin sobat bisa mencoba cara ini agar aki kering sepeda motor anda yang sudah soak atau mati total bisa digunakan kembali seperti semula. Meski tidak menjamin pasti berhasil, namun dari beberapa kali percobaan yang sudah saya lakukan 70 % diantaranya bisa berhasil dan aki yang sudah mati dapat dipakai kembali, jadi menurut saya cara ini tidak ada salah jika saya bagikan disini.

Baiklah sobat Dukun Ban semuanya, untuk menyingkat waktu, maka mari langsung saja kita bahas bersama-sama mengenai cari sederhana mengatasi aki kering yang soak atau mati total agar bisa di gunakan kembali seperti semula.

Seperti biasanya sebelum kita mulai pekerjaan ini maka langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan diantaranya adalah sebagai berikut : Obeng plus atau obeng kembang, Suntikan bekas tinta printer, Air aki yang biasa digunakan untuk mengisi aki basah, tapi gunakan yang accuzur jangan air aki yang biasa.

Setelah semua alat dan bahan yang dibutuhkan sudah kita persiapkan, maka sekarang kita bisa memulai pekerjaan ini, mengena langkah-langkahnya yang perluki lakukan adalah sebagai berikut :

1. Copot aki dari sepeda motor anda dengan cara membuka dek penutupnya menggunakan obeng kembang atau obeng plus, kemudian copot baut kabel aki untuk melepaskannya.



2. Setelah aki dilepas dari sepeda motornya, buka penutup dibagian atas aki menggunakan obeng minus, biasanya penutup tersebut agak sulit dibuka, karena memang dari pabrik tidak dianjurkan untuk membukannya.


Sebelum Dibuka

Setelah Dibuka

3. Setelah penutup dibagian atas aki berhasil dibuka, langkah selanjutnya buka penutup lubang yang ada didalamnya, kemudian isikan acczur kedalam lubang-lubang tersebut dengan takaran kurang lebih 20-25 ml untuk setiap lubangnya, menggunakan suntikan bekas tinta printer.

4. Setelah selesai, tutup kembali lubang-lubang tersebut, dan pasang kembali tutup plastik dibagian atas aki seperti semula.

5. Pasang kembali aki pada sepeda motor, kemudian nyalakan mesinnya selama kurang lebih 15 menit dan gunakanlah sepeda motor tersebut untuk berjalan agar akinya terisi dan menyimpan setum, sehingga bisa digunakan  untuk menghidupkan komponen-komponen sepeda motor yang berhubungan dengan kelistrikan.

Baiklah sobat semuanya, demikianlah sedikit pembahasan yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai cara sederhana mengatasi aki kering yang soak atau mati total, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi anda semuanya.


Postingan terkait:

22 Tanggapan untuk "Cara Sederhana Mengatasi Aki Kering Soak"

  1. sy baru sj mengalami masalah mas...sy beberapa waktu yg lalu beli aki kering, sy pakaikan di motor, tpi beberapa hri kemudian langsung mati total...nggak bisa digunakan lgi.padahal sebelumnya bagus dan tdk ada gejala sedikitpun...bagaimana itu solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau saya buka dan sy benerin akiny tpi ndak bisa... :D

      Delete
    2. bagaimana kondisinya jika mensin dinyalakan apakah klakson dan lampu seinnya menyala biarpun redup,kalo iya berarti akinya bermasalah,

      mungkin dengan cara diatas bisa mengatasi masalah yang mas hadapi

      Delete
  2. Tips yang bermanfaat banget nich Mas,,,
    Pasti semua pengendara motor pernah ngalamin masalah aki kering ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas semoga tips ini bisa berguna dan bermanfaat bagi yang membutuhkan

      Delete
  3. wah, mantep ini kang jadi bisa tau nantik kalo ada aki yang soak ga perlu repotrepot lagi :) hiks hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dicoba mas dan semoga nanti berhasil,

      Delete
  4. Tips yang bagus mas kebetulan aki motor saya sudah lama nggak ganti jaga jaga siapa tahu rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga nanti berhasil mas saat mencoba tips ini

      Delete
  5. Replies
    1. sama-sama mas, makasih sudah mampir ditempat saya

      Delete
  6. cara yang simple ya mas tapi besar manfaatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, saya juga sudah merasakan manfaat tips ini dan dari beberapa kali percobaan yang saya lakukan terbukti lebih banyak yang berhasil

      Delete
  7. Ini maksudnya aki mati bisa di hidupkan kembali mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak, paling tidak aki yang sudah mati total dengan cara ini masih bisa untuk menghidupkan lampu-lampu

      Delete
  8. tp ngomong2 acczur itu apa yah mas? hehe maap pemula :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Air aki mas, itu ada 2 macam air aki biasa sama accuzur

      Delete
  9. Hallo Mas Prastiyo...
    Dahulu Poniran sekarang sudah ganti ya Mas... hehe
    Mas mau tanya ini kalau tidak salah pakai air aki yang isi ulang dengan kemasan warna biru ya?
    BTW apa kabarnya nih... :D
    Terima kasih... :)
    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga mas dedy, untuk hasil yang lebih baik gunakan air aki kemasan warna merah

      Delete
    2. Eh... maksud saya untuk yang air aki tambahan saja Mas..?

      Delete
    3. Iya tinggal masukan aja, sesuai ukuran yang saya jelaskan diatas

      Delete
  10. Kebetulan nih mas saya punya aki kering yang sudah soak, mungkin bisa langsung saya pratekan tipsnya

    ReplyDelete