Serba Serbi Ban Vulkanisiran SJR Bandung


Berbicara soal ban hasil vulkanisiran memang selalu ada saja hal-hal untuk di bahas dan tidak pernah ada habisnya. Karena ban hasil vulkanisiran memang banyak digunakan dan menjadi alternatif bagi para pengguna kendaraan, terutama mereka para pengguna mobil dengan bak terbuka untuk membawa muatan.

Alasan para pengguna mobil bak terbuka memilih menggunakan ban hasil vulkanisiran dikarenakan harganya yang lebih terjangkau dan lebih murah dari pada ban orsinil, sehingga dengan menggunakan ban vulkanisiran otomatis bisa menghemat biaya pengeluaran untuk perawatan kendaraan yang berhubungan dengan masalah ban.


Selain itu dengan menggunakan ban vulkanisiran mereka para pengguna atau pemilik mobil khususnya mobil bak terbuka bisa memanfaatkan kembali ban bekas yang seharusnya tidak bisa dipakai, menjadi lebih panjang umur pemakaiannya, karena dengan di vulkanisir ulang ban yang sudah gundul atau habis kembanganya, masih bisa diperpanjang pemakaianya hingga dua atau tiga kali lebih lama dari pada tidak divulkanisir ulang.

Memang jika kita berbicara masalah ban hasil vulkanisir ulang, maka kita akan menemukan ada begitu banyak pengusaha atau produsen yang memproduksi atau melakukan vulkanisasi ulang pada ban yang sudah tidak bisa digunakan lagi karena habis kembangan atau motifnya.

Dan salah satu produsen atau pembuat ban vulkanisiran yang cukup terkenal di daerah saya, dimana ban vulkanisiran hasil produksi mereka banyak diminati dan digunakan oleh para pengguna mobil bak terbuka yaitu ban vulkanisiran hasil produksi vulkanisir ban SJR Bandung.

Meski namanya Vulkanisir ban SJR Bandung tapi alamat mereka berada di kota Tegal, dimana mereka menerima jasa vulkanisasi ban untuk kota-kota sekitarnya, salah satunya adalah kota tempat tinggal saya yaitu Temanggung.

Jika dibandingkan dengan ban hasil vulkanisiran lain, ban hasil vulkanisiran produksi SJR Bandung memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah sebagai berikut : Proses vulkanisasi menggunakan proses dingin dengan menggunakan bahan yang berkualitas, sehingga ban vulkanisiran produksi vulkanisir SJR lebih kuat, lebih awet dan lebih tahan lama jika dibandingkan dengan ban vulkanisiran produksi vulkanisir lain.


Bahkan terkadang ban vulkanisiran ini bisa lebih awet dan lebih tahan lama dari pada ban orsinil terutama pada bagian permukaan telapak atau kembangannya, dikarenakan bahan yang digunakan atau Tread Rubber yang dipakai oleh vulkanisir SJR memiliki struktur yang kuat dan keras, sehingga dapat bertahan lama dan memungkinkan untuk dipakai dalam jangka waktu panjang.

Apalagi jika ban tersebut digunakan pada jalanan di daerah perkotaan tentu bisa lebih awet dan tahan lama, karena didaerah perkotaan hampir tidak ada atau jarang ditemui jalanan menanjak, rusak, banyak berlubang atau bergelombang, selain itu di daerah perkotaan sudah hampir tidak ada jalanan berupa tanah yang sangat licin apabila terkena air pada waktu musim hujan karena hampir semua jalan-jalan di kota biasanya dari aspal atau beton.

Namun disamping memiliki kelebihan, ban vulkanisiran SJR juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya adalah sebagai berikut : Dikarenakan bahan atau Tread Rubber yang digunakan berstruktur keras sehingga membuat ban vulkanisiran ini menjadi kurang lentur, lebih licin jika digunakan pada jalanan basah atau pada waktu musim penghujan, sehingga sering terjadi selip.

Satu lagi kekurangan vulkanisiran ini yang banyak saya temukan yaitu jika sering digunakan pada jalan rusak atau bergelombang, meski permukaann telapaknya kuat dan bisa tahan lama, namun pada bagian sampingnya akan lebih cepat rusak ataupun retak, dikarenakan ban vulkanisiran ini kurang lentur.

Selain beberapa kelebihan dan kekurangan pada ban vulkanisiran produksi vulkanisir ban SJR, hal yang membuat ban vulkanisir ini sedikit berbeda dengan ban vulkanisiran produksi vulkanisir lain adalah soal harganya, dimana untuk harga ban vulkanisiran atau biaya untuk ongkos jasa vulkanisir, SJR menetapkan harga dan ongkos yang lebih tinggi dibandingkan dengan vulkanisir ban lainnya.

Namun bagi para pengguna atau pemakai ban vulkanisiran biasanya masalah harga atau ongkos jasa vulkanisir tidaklah menjadi soal, karena mereka bisa mendapatkan ban vulkanisiran yang memiliki kualitas bagus, kuat, awet dan tahan lama, sehingga harga atau ongkos yang mereka keluarkan sebanding dengan apa yang mereka dapatkan.

Demikianlah sedikit cerita dari saya pada kesempatan kali ini mengenai serba serbi ban vulkanisiran produksi vulkanisir SJR Bandung, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi anda semuanya.


Postingan terkait:

21 Tanggapan untuk "Serba Serbi Ban Vulkanisiran SJR Bandung"

  1. Wah ini ban nya besar amat toh mas. Hikw hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fotonya aja mas yang dari dekat jadi kelihatan besar

      Delete
    2. saya juga waktu masih kerja di mobil, mobil tronton maksudnya mas itu selalu menggunakan ban kanisir , kekuatan dan ketahanan ya lumayan lah, itung itung hemat pengeluaran mas....maklum mobilnya bos...

      Delete
    3. Betul mas memang dengan menggunakan ban vulkanisiran kita bisa menghemat biaya untuk membeli ban

      Delete
    4. betul mas asnaji, ban kanisiran kadang lebih awet

      Delete
    5. Kalo bahan yang digunakan bagus kualitasnya, memang ban vulkanisiran bisa lebih awet dari pada ban orsinil

      Delete
  2. sama juga dengan saya mas waktu masih kerja di mobil, mobil tronton maksudnya mas itu selalu menggunakan ban kanisir , kekuatan dan ketahanan ya lumayan lah, itung itung hemat pengeluaran mas....maklum mobilnya bos...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Memang untuk mobil bak terbuka,truck, tronton para penggunanya lebih suka menggunakan ban vulkanisiran

      Delete
  3. ban vulkanisiran kadang bagus kadang nggak, tergantung yg mbuatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas bagus tidaknya ban vulkanisiran tergantung dari proses pembuatan dan bahan yang digunakan

      Delete
  4. Kalau gitu saya mau pakai ban vulkanisir SJR... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari pengalaman saya memang vulkanisiran SJR kualitasnya lebih baik dari pada vulkanisiran lain

      Delete
  5. namanya ada bandung tapi bukan di bandung ya. mataps.
    terus dari pada asli mending vulkanisr sjr dong lebih kuat kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setidaknya bisa mengulur dan memperpanjang umur pakai ban

      Delete
  6. Saya juga pernah memakai ban vulkanisir ban, tetapi ban sepeda motor.
    Gimana ceritanya namanya ada kata "bandung"nya Mas, padahal lokasinya di Tegal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk ban sepeda motor baru vulkanisiran biasanya kualitasnya kurang bagus,

      Mungkin dikarenakan pemiliknya orang bandung kali mas, jadi namanya SJR Bandung

      Delete
  7. Minta no hp mas.. saya mau pesan..

    ReplyDelete
  8. Mas terima ban bahan gak .. Saya punya ban ukuran 1000 . Apakah bisa di jual disitu ?

    ReplyDelete