Bedak Bayi Dan Tambal Ban


Jika melihat judunya mungkin ada diantara anda pembaca setia Dukun Ban akan bertanya-tanya apa hubungan antara bedak bayi dan tambal ban. Selama ini kita tahu bahwa bedak bayi digunakan untuk membedaki bayi, tapi ternyata bedak bayi juga digunakan untuk membedaki ban agar bannya menjadi wangi hehehe, cuma bercanda.

Memang sih dengan di beri bedak otomatis ban akan menjadi wangi seperti aroma bedak yang digunakan, tapi bukan karena alasan itu mengapa perlu menggunakan bedak bayi pada ban kendaraan khususnya untuk ban tube type atau ban yang menggunakan ban dalam.


Jadi apa dong alasanya ...??

Alasan sebenarnya agar ban dalam tidak lengket dengan ban luarnya, sehingga mudah dikeluarkan jika ingin menambal atau mengganti ban dalam maupun ban luarnya.

Ban dalam bisa lengket dan merekat dengan ban luarnya disebabakn karena panas yang dihasilkan dari gesekan antara permukaan ban dengan jalan saat kendaraan tersebut digunakan untuk melakukan perjalanan jauh. Karena panas itulah menyebabkan udara didalam ban mengembang dan tekanannya menjadi naik

Kondisi seperti ini hampir sama dengan kondisi saat kita melakukan proses menambal ban, dimana karet kompon bisa menyatu dan merekat dengan permukaan ban setelah dilakukan pengepresan dan pemanasan.

Maka dari itu untuk mencegah agar ban dalam tidak lengket dengan ban luarnya perlu diberikan bedak bayi terlebih dahulu pada ban luar mapun ban dalamnya sebelum dipasang.

Saya memiliki pengalaman saat menambal ban truck dimana saat ban dalamnya ingin saya keluarkan ternyata sudah lengket dan menempel dengan ban luarnya, boleh dibilang lengketnya sangat parah sehingga tidak bisa diambil, dengan terpaksa ban tersebut akhirnya saya potong bagian perutnya kemudian saya masukan ban dalam baru, tanpa mengambil ban lamannya.

Kejadian seperti ini bisa terjadi pada semua jenis kendaraan baik itu mobil atau sepeda motor, namun biasanya banyak terjadi pada ban kendaraan-kendaraan besar seperti truck yang membawa muatan berat, jika saat memasangnya tidak diberikan bedak bayi terebih dahulu, akibatnya akan lengket dan sulit untuk dikeluarkan dari ban luarnya.

Maka dari itu sebagai pengguna kendaraan entah itu sepeda motor ataupun mobil, apabila anda ingin mengganti ban kendaraan anda dengan yang baru maka perhatikan saat memasangnya, jika ban tersebut menggunakan ban dalam, maka mintalah kepada tukangnya untuk memberikan bedak terlebih dahulu.

Ban manakah yang harus diberikan bedak ...?? Akan lebih baik jika ban dalam dan ban luarnya diberikan bedak, namun yang paling utama adalah ban luarnya, karena ban dalam akan terkena dengan sedirinya apabila ban luarnya sudah diberi bedak

Bagaimana jika ban dalamnya baru tapi ban luarnya sudah dipakai ...?? Apabila kondisinya seperti ini, maka berikanlah bedak bayi pada ban dalamnya saja. Namun jika ban luarnya baru dan ban dalamnya bekas, maka yang diberi bedak cukup ban luarnya saja.

Kalo dua-duanya baru atau dua-duanya sudah digunakan bagaimana ...??

Jika semuanya baru sebaiknya dua-duanya diberikan bedak baik itu ban luar maupun ban dalamnya, sedangkan jika keduanya sudah digunakan tidak ada kaharusan memberikan bedak, tapi alangkah lebih baik jika diberikan bedak pada ban luarnya.

Baiklah sobat Dukun Ban semuanya, demikianlah sedikit cerita tentang seputar bedak bayi dan tambal ban yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi anda semuanya.


Postingan terkait:

9 Tanggapan untuk "Bedak Bayi Dan Tambal Ban"

  1. Mungkin yang harus pakai bedak ban mobil saja ya mas soalnya kalau motor jarang liat

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya akan lebih baik jika deberi bedak mas, karena pada ban sepeda motor jenis metik terutama yang dari yamaha, biasanya ban dalam roda depannya sering lengket dengan ban luarnya

      Delete
  2. tips baru nih mas. biasanya memang pas ganti ban sih tidak diberi perlakuan khusus. tapi untuk sepeda motor memang jarang terjadi menempelnya ban dalam dengan ban luar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, ban sepada motor memang jarang ada yang lengket dengan ban luarnya, tapi jika diberi Bedak saat memasangnya maka hal ini akan lebih baik

      Delete
  3. Ikut nyimak Mas Poniran... bisa menambah wawasan nih...
    Tidak terpikirkan sebelumnya... ternyata bedak bayi bisa berfungsi untuk ban... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mas, memang betul bedak bayi ternyata bis dimanfaatkan dalam tambal ban,yaitu untuk mencegah agar ban dalam tidak lengket dan menempel pada ban luarnya

      Delete
  4. Jadi itu toh alasannya....mas jd tau sy sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas dengan diberi bedak bayi saat pemasangan, hal tersebut akan mencegah agar ban dalam tidak lengket dengan ban luarnya

      Delete