Cara Sederhana Mengatasi Rem Mengeluarkan Bunyi Berdecit


Rem mengeluarkan bunyi berdecit saat digunakan merupakan permasalahan yang sering terjadi dan dialami oleh setiap pengguna kendaraan baik itu sepeda motor ataupun mobil. Memang sih masalah lem mengeluarkan bunyi berdecit sering kali disepelekan dan kurang mendapat perhatian dari kebanyakan pengguna kendaraan.

Tapi tahukah anda, jika hal ini dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, tanpa dilakukan penanganan, maka bisa berakibat fatal, dan menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen yang bersangkutan. Oleh karena itu, apabila rem kendaraan anda mengeluarkan bunyi berdecit saat digunakan, maka alangkah baiknya segera dicek untuk mengetahui penyebabnya.


Penyebab rem berbunyi saat digunakan, dikarenakan adanya gesekan antara 2 benda yang memiliki struktur licin dan keras. Entah itu dkarenakan kampasanya sudah habis atau bisa juga disebabkan adanya kotoran, seperti debu, pasir atau yang lainnya.

Lalu bagaimana untuk mengatasinya ...??

Sesuai dengan judul postingan diatas, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan contoh, bagaimana mengatasi rem tromol sepeda motor yang mengeluarkan bunyi berdecit.

Sebenarnya masalah seperti ini bisa terjadi pada semua jenis rem baik itu rem tromol atau rem cakram, dan terjadi pada semua jenis kendaraan entah itu mobil ataupun sepeda motor.

Baiklah sobat untuk menyingkat waktu, berikut langkah-langkah untuk mengatasi rem tromol sepeda motor yang megeluarkan bunyi berdecit.

Langkah pertama, persiapakan peralatan yang diperlukan, yaitu kunci-kunci dan alat-alat lainnya, ingat untuk melakukan bongkar pasang mur dan baut usahakan menggunakan kunci ring, tujuannya untuk mengurangi resiko terjadinya kerusakan pada mur dan baut.

Langkah kedua setelah semua alat yang dibutuhkan sudah ada, kita lanjutkan dengan membongkar rem yang mengeluarkan bunyi untuk memastikan bagaimana kondisinya.

Jika setelah dilakukan pembongkaran ternyata kampasnya habis, untuk mengatasinya mau tidak mau anda harus mengganti kampas rem tersebut dengan yang baru, maka permasalahan selesai.

Tapi jika setelah dilakukan pembongkaran pada rem tersebut ternyata kondisi kampasnya masih cukup tebal tapi sudah mengeluarkan bunyi bagaimana cara mengatasinya ...??

Sebenarnya bisa juga diatasi dengan mengganti kampas tersebut dengan yang baru, tapi jika kondisinya masih bagus seringkali kita merasa sayang untuk menggantinya.

Maka dari itu anda bisa mencoba langkah-langkah berikut untuk mengatasinya, pertama keluarkan kampas rem dari dudukannya, kemudian bersihkan kampas tersebut dari kotoran yang menempel, karena kotoran tersebut yang menyebabkan kampas rem tertutup dan menjadi licin.

Untuk membersihkannya bisa dilakukan dengan cara mengampalas permukaan kampas tersebut hingga semua kotoran yang menempel hilang. Setelah dibersihkan menggunakan amplas langkah selanjutnya adalah membuat alur pada permukaan kampas menggunakan gergaji besi, tujuannya agar permukaan kampas tidak menjadi licin jika ada kotoran yang menempel.

Langkah selanjutnya bersihkan dengan cara disemprot menggunakan kompresor, jangan lupa semprot juga tromolnya untuk menghilangkan kotoran yang ada didalamnya, setelah itu pasang kembali semua bagian yang tadi di bongkar dan sepeda motor anda siap dicoba.

Rasakan bagaimana perbedaannya, apakah masih berbunyi atau tidak, biasanya setelah semua langkah yang saya sebut diatas anda lakukan dengan baik maka masalah rem berdecit akan teratasi.

Demikianla sedikit pembahasan mengenai cara sederhana mengatasi rem berdicit pada kesempatan kali ini, semoga sedikit informasi ini bisa bermanfaat dan dapat berguna bagi anda semuanya.


Postingan terkait:

13 Tanggapan untuk "Cara Sederhana Mengatasi Rem Mengeluarkan Bunyi Berdecit"

  1. ini kadang saya alami pada rem motor saya mas,
    makasih jadi bahan wawasan jika terjadi berdecit lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang masalah seperti ini sering terjadi dan dialami oleh pengguna kendaraan

      Delete
  2. kalau saya biasanya dibiarin aja, tp lama2 mengganggu jga yah gan :D
    mngkin perlu dicoba cara2 diatas :D

    ReplyDelete
  3. kalau saya biasanya dibiarin aja, tp lama2 mengganggu jga yah gan :D
    mngkin perlu dicoba cara2 diatas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain mengganggu bisa menyebabkan kerusakan juga pada komponen-kompone yang bersangkutan

      Delete
  4. Berarti harus dibuka lepas bannya dulu ya mas nggak bisa asal nih bisa bongkar tar nggak bisa masang lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas pertama-tama harus di bongkar bannya terlebih dahulu, kalo mau mencoba nanti lama-lama juga bisa mas

      Delete
  5. kalau kampas rem masih sehat biasanya saya suruh nggosok sama tukang servicenya mas..hehe..maklum ngk bisa utik2 sendiri hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapan-kapan bisa dicoba sendiri mas, kalo mengalami masalah seperti ini

      Delete
  6. Menarik sekali ulasanya mas, masalah ini sepertinya sepele tetapi yg namanya problem pada sepeda motor hampir semua orang pasti mengalaminya misal pengereman yg kurang baik atau rem yg suka bunyi nah artikel ini solusinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang masalah rem yang berbunyi kelihatannya sepele tapi jika dibiarkan saja tanpa ditangani bisa berakibat fatal

      Delete
  7. Ini masalah semua bikers nih mas....bunyi yang bikin tengsin,,berasa lagi bawa motor butut

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas rem yang berbuci memang terasa sangat mengganggu, maka dari itu harus segera diatasi agar tidak menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen yang bersangkutan

      Delete