Cara Mudah Dan Cepat memilih Accu Yang Baik


Menjawab pertanyaan dari salah satu kawan sesama blogger mengenai cara atau tips memilih accu yang baik untuk kendaran, maka melalui postingan ini saya akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut, menurut sepengetahuan saya.

Sebenarnya saya sendiri tidak begitu paham tentang hal-hal yang berhubungan dengan masalah otomotif, karena saya hanya tukang tambal ban, maka pengetahuan saya tentang dunia otomotif sebatas tahu saja, atau boleh dibilang baru seujung kuku.


Meskipun begitu tidak ada salahnya saya coba menjawab pertanyaan dari salah satu kawan kita sesama blogger, barang kali saja, jawaban saya nanti bisa bermanfaat dan berguna untuk kita semua.

Memilih accu yang baik untuk kendaraan sebenarnya cukup mudah, meskipun bukan orang yang ahli dalam bidang otomotif, asalkan kita tahu tips atau caranya maka hal tersebut tidaklah terlalu sulit.

Tapi bagi orang yang belum mengetahuinya, tentu menjadi gampang-gampang susah untuk melakukannya, bahkan banyak kejadian orang salah membeli accu, dimana accu dengan kualitas rendah, tapi harganya mahal, bahakan bisa lebih mahal dari harga accu yang kualitasnya bagus.

Maka dari itu, sebelum anda membeli accu baru sebaiknya anda mengetahui beberapa tips sederhana berikut ini :

1. Jangan Beli Accu Rekondisi

Sebenarnya boleh-boleh saja membeli aki rekondisi, namun sebisa mungkin untuk menghidarinya, accu rekondisi adalah accu bekas hasil tukar tambah dengan accu baru. Biasanya accu sudah rusak, atau bermasalah  yang diperbaiki kemudian dijual kembali.

Harganyapun biasanya tidak beda jauh dengan harga accu baru,  bahkan ada juga yang dijual sama seperti harga accu baru. Untuk menghindari kejadian seperti ini saran saya sebaiknya usahakan untuk membeli accu baru.

2. Pilih Jenis Accu

Accu yang paling banyak digunakan pada kendaraan ada 2 macam yaitu accu kering dan accu basah. Sebenarnya masih ada lagi selain kedua jenis accu tersebut namun menurut sepengetahuan saya accu basah dan accu kering lah yang paling banyak digunakan.

Kelebihan dari accu kering, kita tidak repot harus mengontrol ketinggian air accu secara berkala, tidak seperti accu basah dimana kita harus rutin memeriksanya, karena jika ketinggian air dibawah level LOW, hal ini dapat menyebabkan accu rusak.
Untuk masalah daya tahan dan performa antara accu basah dan accu kering sebenarnya hampir sama, hanya saja harga accu kering lebih mahal jika dibandingkan dengan harga accu basah.

3. Perhatikan Kapsitas Dan Ukuran Accu

Setiap accu baik accu kering maupun accu basah memiliki ukuran dan kapasitas yang berbeda-beda, maka dari itu pilihlah accu yang sesuai dengan kendaraan anda, mulai dari ukuran, amper, dimensi, dan tegangan accu.

Jangan sampai kita sudah membeli accu ternyata tidak bisa dipasang karena tidak sesuai dengan tepat aki di kendaraan anda, selain itu tegangan accu yang tidak sesuai dengan kapasitas dan tegangan kendaran anda, bisa menyebabkan kerusakan pada bagian kelistrikan.

4. Pilih Merk Accu

Saat ini ada begitu banyak merk accu yang beredar dipasaran, namun dari sekian banyak merk accu tersebut, yang paling banyak digunakan adalah GS dan Yuasa.

Kedua merk accu tersebut,banyak dipilih dan digunakan bukan karena sebab dan alasan, pastinya alasan mereka menggunakannya karena kedua merk tersebut sudah terbuki dan teruji memiliki kualitas yang baik.

5. Pilih Accu Yang Memilik Garansi

Accu yang baik, biasanya ada garansinya, apabila accu rusak atau soak setelah dipakai beberapa hari atau tidak sesuai dengan yang tertera digaransinya, maka anda bisa menukarkan accu tersebut dengan yang baru.

6. Perhatikan Kode Tanggal Produksi Accu

Jika anda berkeinginan membeli accu baru sebaiknya pilih accu yang umurnya tidak lebih dari 6 setelah diproduksi, karena hal ini bisa berpengaruh terhadap daya tahan dan waktu pakai accu tersebut.

Untuk mengetahui umur accu caranya sangat mudah, misalnya membaca kode produksi pada accu GS, biasanya kode tersebut tertera di sudut sebelah kiri atas, sebagai contoh disana tertera kode 12.03.15, itu artinya accu tersebut diproduksi tanggal 12 bulan ketiga tahun 2015

Satu lagi contoh pada accu merk yuasa, misalnya kode produksinya 18101529, artinya accu tersebut diproduksi pada hari ke 18, bulan ke 10, tahu 2015 dan 2 digit angka terakhir merupakan kode produksinya.

Demikianlah cara mudah memilih accu yang baik untuk kendaraan anda, semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk anda.


Postingan terkait:

17 Tanggapan untuk "Cara Mudah Dan Cepat memilih Accu Yang Baik"

  1. aki motor saya kayakya sudah soak nich mas, stater klakson udah pada mati, hihihi....harus lekas diganti dengan yg baru nich, mksih mas buat tipsnya jadi lebih tahu seputar per acuu an, hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas, semoga nanti gak salah pilih accu baru

      Delete
  2. Kebetulan nih accu motor saya kayaknya rusak buat starter nggak bisa harus diengkel tapi mau beli takut dapatnya jelek enaknya accu kering ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh mas pakai accu kering malah gak repot ngontrolketinggian air aku secara rutin

      Delete
  3. Saya belum punya motor euy, cuman kayaknya tips nya bisa saya sebarin ke teman-teman saya yang punya motor. Supaya nggak salah pilih ACCU Makasih infonya mas.

    ReplyDelete
  4. iya mas, semoga tulisan ini bisa membantu

    ReplyDelete
  5. Sekarang harga accu lumayan mahal semua yah mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, kalo mrkny GS harganya diatas 100 Ribu

      Delete
  6. kemarin saya beli accu basah 140 rb mas untuk motor.

    ReplyDelete
  7. nah ini nih yang saya tunggu soalnya saya pernah beli accu mas cuman tahannya cuman setahun kurang saja, saya rada kecewa kan.hehe
    lain kali saya akan liat tanggal produksi accunya mas, terimakasih ya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas,selamat mencoba mas dan semoga bisa dapat accu yang baik

      Delete
  8. accu sama aki itu beda atau sama yah mas?? maklum pemula :D

    ReplyDelete
  9. oooh ternyata ada kode tanggal pembuatanya ya mas.. baru tahu mas memang setiap kali saya beli accu motor biasa yang saya perhatikan itu voltase nya sama amper nya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada mas,untuk mengetahui kapan accu tersebut diproduksi, jadi setidaknya pilihlah accu yang masih berumur dibawah 6 bulan setelah produksi

      Delete
  10. Saya nitip membeli accu baru tapi segel nya sudah terbuka, dan untuk pengisian dikasi 2 botol yang berwarna putih bkn merah, kl accu baru biasanya khan dikasi warna merah|apa saya kena tipu ya mas??

    ReplyDelete