Cara Mengatasi Busi Sepeda Motor Mati Dalam Kondisi Darurat


Busi sepeda motor mati adalah hal yang lumrah terjadi.

Dan saya yakin, pasti mereka para pengguna sepeda motor pasti pernah mengalaminya.

Betul...?

Cara mengatasi hal ini sebenarnya sangat mudah, yaitu dengan cara menggantinya dengan busi baru, maka persoalan selasai.

Kalo mengatasi dengan cara begitu, saya yakin pasti anda semua sudah mengetahuinya, tapi bagaimana jika kondisinya darurat, misalnya saja, tidak punya uang, tidak menemukan toko terdekat untuk  membeli busi baru, atau pada malam hari saat semua toko onderdil sudah tutup.



Nah jika kondisinya mendesak, dan motor tersebut harus segera digunakan, bagaimana cara mengatasinya, misalnya saja anda berada di dalam perjalanan dan harus segera melanjutkan perjalanan anda, entah ingin pulang atau akan bepergian.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit informasi dan pengalaman saya tentang cara mengatasi busi sepeda motor mati dalam kondisi darurat seperti yang sudah saya contohkan diatas.

Catatan

**Jika sudah mencoba cara ini namun tidak berhasil, maka mau tidak mau anda harus mengganti busi tersebut dengan yang baru**.

Tapi dari pengalaman yang sudah saya lakukan, cara ini terbukti berhasil, dan busi tersebut bisa bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama, pengalaman saya menggunakanya bisa bertahan hingga  kurang lebih sekitar satu tahunan. Lumayan kan itung-itung bisa berhemat.

Lalu bagaimana langkah-langkahnya...?

Oke langsung saja mari kita bahas bersama-sama.

Apabila busi sepeda motor anda mati, biasanya motor tidak mau dinyalakan, alias mogok, nah jika anda mengalami  kondisi seperti ini maka langkah-langkah yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut.
  • Periksa kondisi businya, untuk memastikan bahwa penyebab motor tidak mau dinyalakan adalah karena mati businya.
  • Caranya buka  busi motor anda menggunakan kunci busi, jika tidak ada kunci busi bisa menggunakan kunci ring ukuran 16 untuk sepada motor bebek 4 tak, dan untuk motor 2 tak biasanya menggunakan kunci ring ukuran 19.
  • Tes bagaimana kondisi businya, caranya sambungkan busi dengan kabel businya kemudian tempelkan busi pada bagian body sepeda motor, biasanya ditempelkan pada bagian mesin.
  • Coba starter atau engkol sepeda motor anda, lihat bagaimana percikan  bunga api pada busi, apakah apinya besar atau kecil
  • Cek juga kabel businya, caranya lepaskan busi, kemudian tempelkan kabel busi pada bagian mesin, starter atau engkol sepeda motor anda.
  • Lihat bagaimana percikan apinya, apakah apinya besar atau kecil, jika api dari kabel besar dan pada busi kecil itu tandanya busi sepeda motor anda mati atau setengah mati.
  • Untuk mengatasinya, seperti sudah saya katakan diatas adalah dengan cara mengganti dengan busi baru.
  • Nah karena ini saya contohkan dalam kondisi darurat, maka cara-caranya sedikit berbeda.
  • Pertama-tama renggangkan bagian kepala busi, menggunakan tang atau obeng minus.
  • Besihkan kepala busi menggunakan amplas.
  • Pecahkan, penutup kawat tembaga yang berada didalam busi.
  • Bersihkan dan keluarkan semua pecahan tersebut.
  • Rapatkan kembali kepala busi dengan kawat tembaganya.
  • Tes kembali busi tersebut, caranya tempelkan busi pada bagian mesin, kemudian starter atau engkol sepeda motor anda, lihat bagaimana percikan bunga apinya, biasanya setelah dilakukan cara ini, percikan bunga api dari busi menjadi lebih besar dari sebelumnya.
  • Pasang kembali busi tersebut pada sepeda motor anda.
  • Coba nyalakan sepada motor anda, bagaimana hasilnya, mau menyala atau tidak.
Demikianlah cara mengatasi busi mati saat dalam kondisi darurat, semoga sedkit informasi ini bisa bermanfaat dan berguna untuk anda semuanya.


Postingan terkait:

21 Tanggapan untuk "Cara Mengatasi Busi Sepeda Motor Mati Dalam Kondisi Darurat"

  1. "Pecahkan, penutup kawat tembaga yang berada didalam busi"
    Wah... ada trik baru nih.... terima kasih Mas Poniran atas informasinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, pada bagian kepala busi, didalamnya ada kawat tembaga yang dibukus dengan bahan seperti keramik, penutup itulah yang harus dipecahkan, kemudian dikeluarkan semua pecahannya

      Delete
  2. ternyata busi yang kondisinya setengah mati masih bisa di siasati ya, mas poniran memang banyak ilmunya nich kalu seputaran otomotif :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, salah satu caranya, sudah saya sebutkan diatas

      Delete
  3. iya mas sy juga sering ngalamin yang nama sepeda motor mogok ...usut punya usut eeeeee ternyata businya harus diperbaiki,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, caranya adalah dengan mengganti busi tersebut dengan busi baru, tapi klo kondisinya darurat bisa mencoba cara ini

      Delete
  4. cara yang manfaat sekali mas nih. saya malah belum pernah ganti busi. hehehe jrang utang atik motor saya g paham

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin cara ini bisa berguna dan bermanfaat suatu saat nanti

      Delete
  5. Trik baru nih biasanya kalau masalah cuma modal ngamplas ujung businya saja atau sedia cadangan dijok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang memang bisa diatasi dengan cara mengamplas ujung businya saja, tapi jika hal tersebut tidak membawa hasil,mungkin agan bisa mencoba cara ini

      Delete
  6. Kalau saya suka mengalami kondisi tersebut kalau motor abis kehujanan di jalan... mungkin businya lembab jadi susah dinyalakan, terimakasih tipsnya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bisa disebabkan karena busi atau kabel busi kena air, basah, atapun lembab, hal ini bisa disiasati dengan memberikan isolasi pada kabel businya

      Delete
  7. sebagai pertolongan pertama ya mas..
    ngerti mesin enak mas, bisa dikulik sendiri kalo ada masalah

    maksih tips dan langkahnya, berguna sekali

    ReplyDelete
  8. memang terbukti mujarap pake cara ini buat pertolongan pertama yamas

    ReplyDelete
  9. betul mas pertolongan pertama, dan penolong saat darurat, hehehe

    ReplyDelete
  10. Cara sederhana tapi ampuh, saya sering ngalamin seperti ini pada motor tua saya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, cara sederhana tapi terbukti sangat membantu

      Delete
  11. Biasanya cukup tahan sampai rumah saja mas bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi lumayan kang, itung-itung bisa jadi penolong saat darurat, tp pengalaman saya bisa bertahan lebih dari 1 tahun

      Delete
  12. wah kalo saya biasanya langsung dibawa kebengkel gan, soalnya ngga begitu mengerti sama urusan motor.hehe.. padahal sebenarnya mudah yah gan klo mengikuti tips diatas, tp apakah mtor injeksi cara mengatasinya jga sama gan dngn cara diatas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda gan,ini biasanya dilakukan pada motor biasa bukan injeksi,

      Delete