Peluang Usaha Jual Beli Ban Bekas


Peningkatan jumlah kendaraan bermotor yang teradi saat ini, bukan hanya membawa keuntungan tersendiri bagi mereka para pengusaha layanan jasa seperti usaha bengkel  mobil dan motor, jasa cuci steam dan juga berkah bagi saya yang berprofesi sebagai tukang tambal ban.

Selain itu kondisi seperti ini juga menjadi kesempatan untuk membuka usaha baru bagi mereka yang mau mencobanya, apakah itu...? Yups betul sekali, seperti judul diatas kita akan membahas peluang usaha jual beli ban bekas.



Coba anda bayangkan...!!! Dengan begitu banyaknya kendaraan bermotor yang ada saat ini, maka berapa banyak ban bekas yang dihasilkan dari kendaran-kendaraan tersebut.

Seperti kita ketahui bahwa rata-rata kendaraan bermotor baik itu sepeda motor ataupun mobil, mengganti bannya dalam jangka waktu 1 sampai 2 tahun sekali. Maka bukan hal yang mengherankan jika semakin banyak jumlah stock ban bekas yang di hasilkan oleh kendaraan bermotor, dan hal ini menjadi kesempatan untuk membuka usaha baru.

Ban yang sudah gundul atau habis kembangannya, otomatis ban tersebut harus diganti dengan ban baru, karena jelas sudah tidak layak untuk digunakan lagi. Memang sih jika kondisinya memungkinkan dapat diperbaharui kembali dengan cara di vulkanisir ulang.

Namun jika ban tersebut sudah terlalu parah kondisinya, maka jelas tidak mungkin untuk dilakukan vulkanisir. Lalu mau diapakan...? Kalo dibuang jelas akan menjadi sampah yang tidak terurai dan bisa mencemari lingkungan.

Dari pada di buang lebih baik dimanfaatkan dan di ubah menjadi hal-hal yang bermanfaat, misalnya kerajinan tangan hasil olahan ban bekas seperti : tempat sampah, meja kursi, tali timba, kampas gantung, sandal atau barang-barang lainnya.

Baca juga : " Mengolah Ban Bekas Menjadi Barang Yang Lebih Bermanfaat "

Selain bisa diolah menjadi barang-barang kerajinan tangan, ternyata ban bekas bisa juga di olah menjadi sesuatu yang lain, misalnya dibakar kemudian diambil  abunya untuk campuran aspal.

Disamping dibakar ada juga yang mengolah ban bekas dengan cara dicacah atau digiling untuk diambil serbuknya. Mungkin anda belum tahu bahwa serbuk karet hasil olahan dari ban bekas, bisa di gunakan pada beberapa industri besar.

Diantaranya ada yang di olah kembali menjadi menjadi karet untuk alas sepatu, diolah menjadi karpet dan mungkin masih banyak lagi barang yang dapat dihasilkan dari hasil olahan serbuk karet ban bekas.

Nah karena ban bekas ini sangat banyak sekali manfaatnya, maka tidak heran apabila sekarang mulai banyak orang yang membuka usaha jual beli ban bekas, contohnya seperti yang dilakukan oleh Cipto salah satu teman saya, dia menekuni usaha jual beli ban bekas ini kurang lebih sudah berjalan 4 tahun.

Biasanya dia berkeliling ke bengkel-bengkel tambal ban untuk membeli ban-ban bekas yang sudah tidak terpakai kemudian menjualnya kembali pada pengerajin atau pengolah ban bekas.

Dari bengkel atau tukang tambal ban, bisanya dia membeli ban bekas dengan harga Rp 1.000/ban untuk ban bekas sepeda motor, Rp 3.000/ban untuk ban Ring-14 kebawah, dan untuk ban ring 14 benang bukan steel harganya Rp 5.000/ban, sedangkan untuk ban truck harganya antara Rp 7.000/ban sampai dengan Rp 12.000/ban.

Menurut saya harga jual ban bekas yang sudah tidak bisa dipakai tersebut, cukup lumayan dari pada dibuang dan menjadi sampah, selain itu dengan mengumpulkan ban bekas milik pengguna kendaraan yang sudah tidak terpakai, kemudian menjulanya kepada pengepul merupakan keuntungan dan tambahan penghasilan bagi saya.

Melihat tingginya permintaan serbuk karet dan hasil olahan ban bekas lainnya, membuat peluang usaha jual beli ban bekas yang sudah tidak bisa dipakai kembali, menjadi salah satu peluang usaha yang menguntungkan dengan prospek yang bagus untuk kedepannya.

Demikianlah mengenai peluang usaha jual beli  ban bekas, semoga bisa bermanfaat dan berguna untu anda.


Postingan terkait:

19 Tanggapan untuk "Peluang Usaha Jual Beli Ban Bekas"

  1. Ban motor harga bekasnya murah banget ya mas pantas didaerah saya kebanyakan dibakar mungkin tempatnya nggak ketampung

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, emang kalo cuma satu terlihat murah sekali, tapi kalo udah terkumpul banyak, jadi lumayan,

      Delete
  2. Kalau saya amati Blonya kang poniran
    Makin lama makin maju, ngomong2 soal banbek mang tidak ada habisnya mengingat peningkatan kendaraan yang masuk ke indonesia sangat tinggi termasuk spd motor , bagi orang yg kreatif sebuah ban bekas bisa menjadi peluang bisnis , walaupun sebagai bisnis sampingan betul kan mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, barang bekas dari pada menjadi sampah dan tidak terpakai dengan sedkit kreatifitas bisa diolah menjadi barang yang berguna dan memiliki nilai jual

      Delete
  3. om saya jga sudah menekuni hal ini sejak lama mas, jual beli ban bekas. alhasil dia skarang udh jadi org yg ckup sukses..

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang betul mas, melihat banyakanya jumlah kendaraan saat ini, membuat peluang usaha jual beli ban bekas menjadi salah satu peluang usaha yang menguntungkan

      Delete
  4. kalau ditempat saya juga ada usaha yang kayak gini cuman di tempat saya.. ban itu dijadikan bahan untuk membuat kursi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang banyak gan kerajinan tangan dari ban bekas misalnya,meja kursi, tempat sampah dan lain-lain

      Delete
  5. Ternyata ban bekas yang sudah tidak terpakai bisa menjadi barang yang sangat bermanfaat sekali mas, saya malah baru tahu, terima kasih atas informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas, asalkan kita tahu cara mengeolahnya ban bekas tersebut bisa jadi barang yang lebih bermanfaat dan memiliki guna dari pada sebelumnya

      Delete
  6. adakah yang menampung ban bekas motor dan mobil. untuk wilayah jabodetabek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar ada juga gan, cuma saya kurang tahu kalo untuk daerah sana

      Delete
    2. OK, terima kasih. salam kenal Mas Poniran

      Delete
    3. Sama sama gan, salam kenal juga, dan tak lupa terima kasih sudah mampir

      Delete
    4. Saya ada ban bekas truk banyak, berminat?

      Delete
    5. makasih gan sudah mampir diblog saya, semoga aja disini bisa menemukan pembeli ban bekasnya

      Delete
  7. adakah chanel yang membeli ban bekas uk kecil sampai ukuran besar 1000-20, dpabrik saya banyak ban bekasnya..hub saya 085713761670 saya diwilayah kota solo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk ban bekas sekarang ini sedang loyo mas harganya,

      Delete
  8. Salam pa.,
    Saya sudah 3x buat mesin penepung serbuk ban bekas, tp hasilnya belum tepung juga, mohon info untuk yang punya mesin penepung serbuk ban., saya memerlukan contoh pisau untuk mesinnya., mohon inbox ke almieraali@gmail.com
    trims

    ReplyDelete