Ban Depan Motor Matic Tidak Rata, Makan Sebelah Dan Bergelombang...??? Apa Penyebabnya


Mungkin anda pernah melihat dan menemukan ban sepeda motor yang habis secara tidak merata, sebagian masih cukup tebal, sedangkan sebagian lagi sudah gundul bahkan kelihatan benangnya.

Hal seperti ini memang banyak terjadi pada kendaraan, entah itu ban sepeda motor maupun pada ban mobil, apa sih penyebabnya...? Kalo ditelusuri hal seperti ini bisa disebabkan oleh banyak faktor.


Misalnya pada sepeda motor, mengapa ban depannya habis sebelah, tidak rata atau bergelombang, hal ini bisa disebabkan karena masalah pada Segitiga, Swing Arm, Saksis, Shockbreaker, Leher, Velg Atau karena ban itu sendiri yang kualitasnya tidak bagus.

Nah yang jadi pertanyaan sekarang mengapa ban depan sepeda motor jenis matic seperti vario, mio, atau motor-motor matic lainnya, kebanyakan habis secara tidak merata, cuma makan sebelah, bahkan ada juga yang bergelombang.

Apa gerangan penyebabnya...???

Mungkin jika sepeda motor tersebut sudah cukup lama digunakan, atau pernah jatuh, bisa jadi penyebab ban depannya habis secara tidak merata atau bergelombang karena hal-hal diatas.

Misalnya segitiga sudah tidak center, shockbreaker mati sebelah atau habis olinya, saksis miring, bagian leher oblak atau sudah goyang-goyang, hal-hal seperti ini memang bisa menyebabkan ban depan tidak rata, makan sebelah dan bergelombang.

Namun terasa anehnya jika sepeda motor tersebut masih baru dan belum pernah jatuh, tapi ban depannya tidak rata, habis sebelah dan bergelombang, karena sangat kecil kemungkinan penyebabnya adalah hal-hal seperti diatas.

Lalu apa penyebabnya...?

Diantara pelanggan saya, khususnya mereka yang menggunakan motor matic, pernah menyakan hal tersebut kepada saya, berhubung saya belum menemukan jawaban yang pas dan masuk akal, maka saya jawab saja kalo hal tersebut sudah biasa terjadi pada motor matic.

Karena merasa penasaran, saya coba menanyakan hal tersebut kepada teman saya yang bekerja di bengkel sepeda motor, dan apa jawaban mereka mengenai hal itu...?

Hampir semua teman saya yang bekerja dibengkel sepeda motor menjawab kalo hal seperti itu memang banyak terjadi pada motor matic dan sudah biasa, artinya mereka juga belum menemukan jawaban yang pas, kalo begitu sama dong seperti saya, hehehe.

Berhubung saya sendiri masih penasaran, saya coba mengamati beberapa ban depan sepada motor yang masih cukup baru, dan belum pernah jatuh. Pengamatan ini saya lakukan pada sepeda motor jenis matic dan sepeda motor yang bukan jenis matic.

Dari pengamatan tersebut saya merasa heran dan makin penasara kenapa cuma motor matic saja yang ban depannya tidak rata, makan sebelah dan bergelombang, sementara motor lain yang bukan matic tidak mengalaminya ...?

Setelah cukup lama merenung dan bersemedi mencari wangsit, akhirnya saya menemukan jawaban dan bisa mengambil kesimpulan tentang penyebab ban depan motor matic tidak rata, makan sebelah dan bergelombang.

Kesimpulan ini saya ambil berdasarkan pengamatan pribadi yang belum teruji kebenarannya dan bisa dikatakan asal tebak, meskipun begitu saya rasa tidak ada salahnya apabila anda mengetahuinya.

Harapan saya kepada anda yang membaca tulisan ini, semoga saja diantara anda ada yang bisa memberikan jawaban tentang penyebab mengapa ban depan motor matic tidak rata, makan sebelah dan bergelombang.

Lalu apa kesimpulannya ...??

Karena saya bukan orang yang ahli dalam masalah otomotif, maka jawaban saya sangat sederhana, ban depan motor matic tidak rata, makan sebelah dan bergelombang disebabkan karena shockbreaker belakangnya cuma ada satu dan posisinya disamping, tidak ditengah.

Sehingga bagian sebalah kanan sepada motor lebih banyak menerima beban, coba perhatikan ban depan motor matic pasti sebelah kanannya habis duluan dan bergelombang...?

Mengapa saya mengambil kesimpulan seperti itu...? Karena hal seperti ini hanya terjadi pada sepeda motor matic yang shockbreaker belakannya cuma ada satu dan posisinya disamping, sedangkan pada sepeda motor yang memiliki 2 shobreaker belakang, atau monoshock yang posisinya ditengah hal tersebut jarang terjadi.

Kecuali kalo sepeda motor tersebut pernah jatuh atau bermaslah pada bagian segitiga, leher, swing arm, saksis atau pada bagian lainnya.

Nah begitulah jawaban saya setelah merenung dan bersemedi, tentang mengapa ban depan motor matic tidak rata, makan sebelah dan bergelombang.

Demikianlah pembahasan mengenai Ban depan motor matic yang tidak rata, makan sebelah dan begelombang yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali, semoga bisa bermanfaat, berguna dan dapat membantu anda semuanya.


Postingan terkait:

40 Tanggapan untuk "Ban Depan Motor Matic Tidak Rata, Makan Sebelah Dan Bergelombang...??? Apa Penyebabnya"

  1. Sepertinya penyebabnya itu mas bagaimanapun juga akhirnya tekanan bannya berbeda antara kanan dan kiri karena yang satu ada shock backernya yang lain tidak ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jarang perhatikan mas

      Delete
    2. Sepertinya memang disebabkan karena shockbraker belakangnya yang cuma satu dan posisinya disamping

      Delete
  2. pengetahuan yang sangat baru bagi saya. g pernah perhatikan

    ReplyDelete
  3. saya pnya mtor matic dirumah mas, tp alkhamdulilah ngga pernah ngalamin hal2 yang mas sebutin diatas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang ada juga mas motor matic yang gak mengalaminya, cuma memang kebanyakan motor matic seperti itu

      Delete
  4. masuk akal juga bila penyebabnya karen shockbeker yg hanya satu dan posisinya disamping tuh mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga mas, karena pada motor matic yang memiliki 2 shockbreaker belakang tidak mengalami hal seperti ini

      Delete
  5. Sorry mas-mas, ikut nnya..mtor matic saya bru berumur 2thn dan bannya bergelombang tp ban dpn bukn blkng. Apa krn tekanan angin yg berlebih+sering bwa muatan berat?

    ReplyDelete
  6. Sorry mas-mas, ikut nnya..mtor matic saya bru berumur 2thn dan bannya bergelombang tp ban dpn bukn blkng. Apa krn tekanan angin yg berlebih+sering bwa muatan berat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk motor matic hal tersebut sudah sangat wajar sekali mas, hal itu dikarenakan shockbreaker belakangnya cuma ada satu dan posisinya disamping bukan ditengah

      Delete
  7. repot juga ya kalau begitu. tadi saya mau bawa kebengkel matic sy. kalau dah tau gini mah gmn ya bingung jg. trus biar ga makan sebelah gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sulit juga mas buat ngatasinya, soalnya sudah bawaan dari pabriknya

      Delete
  8. Saya punya 2 matic, dan semuanya habis sebelah. Lalu gimana solusinya gan?

    ReplyDelete
  9. Saya punya 2 matic, dan semuanya habis sebelah. Lalu gimana solusinya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampai sekarang saya belum menemukan solusi yang tepat mas untuk mengatasi hal ini, dikarenakan penyebab ban depan motor matic makan sebelah adalah posisi shockbeker belakang berada disamping, dan hal ini sudah bawaan dari pabrik

      Delete
  10. ban motor matic saya jg seperti itu mas'...mungkin peneyebabnya seperti yg mas sebutkan,bisa jg karna sumbu mesin matis lebih condong kekiri jdi posisi riding jadi agak kekanan untuk menahan beban dan juga faktor jalan yg bergelobang dan agak miring..itu hanya hasil pengamatan saya'..CMIIW

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk motor matic yang dobel shockbreakernya jarang mengalami hal seperti ini

      Delete
  11. waduh ini kok malah jadi kekurangan motor matic shock satu dong mas? kalo mau belok jadi harus hati hati..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan kekurangan gan cuma efek dari posisi shock belakangan yang berada disebelah kiri

      Delete
  12. ya wis lah...ojo nesu...hahahahaha

    ReplyDelete
  13. Motor matic saya posisi ruding agak miring kekanan, jadi imbasnya pinggak terasa sakit,ban depan juga makan sebelah,,sudah pres segitiga,ganti shock depan,ganti shock belakang,ganti boshing link,ganti ban depan,smp ganti laher juga..tp tetp terasa miring saat di kendarai..mungkin ada yg tau penyebabnya..thnks

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah motornya pernah buat jatuh mas, kemungkinan saksisnya sudah tidak center lagi mas

      Delete
  14. Motor matic saya posisi ruding agak miring kekanan, jadi imbasnya pinggak terasa sakit,ban depan juga makan sebelah,,sudah pres segitiga,ganti shock depan,ganti shock belakang,ganti boshing link,ganti ban depan,smp ganti laher juga..tp tetp terasa miring saat di kendarai..mungkin ada yg tau penyebabnya..thnks

    ReplyDelete
  15. motor matick saya juga sama, ban aus sebelah kanan, terkadang oleg kalau pada jalan bergelombang atau miring..

    ReplyDelete
  16. Bener juga mas kalo mmng shock hanya satu dan dsmpng pnybabnya... ban blakang saya seblah kanan habis dluan yg kiri mash tebal... dan yg depan jga bergelmbang dan habis sblah kanan jga...awalnya saya kira karna kualitas ban dan jenis ban... karna mtor baru kluar dari pabrikan ternyata masalahnya mmng bawaan dari sana ya gan...

    ReplyDelete
  17. selain faktor shock belakang, menurut saya juga jalanan yg ad indonesia masih cembung/ngedonat keatas akibatnya kita yang slalu memakai lajur kiri otomatis kontur ban akan menyesuaikan dengan aspal yang cembung dan juga jalanan tikungan sebalah kanan lebih panjang :v

    ReplyDelete
  18. https://drive.google.com/file/d/0B5tcIsStgehEUUtrQ0o0eU9CSU0/view?usp=sharing
    sedikit gambar aspalnya.

    ReplyDelete
  19. Saya sependapat mas kurang lebih seperti itu.

    ReplyDelete
  20. owh jadi seperti itu.. okelah kagak jagi gua bawa ke bengkel

    ReplyDelete
  21. bagus analisisnya dan masuk akal mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kebanyakan motor matic seperti itu mas,

      Delete
  22. Tp kenapa ban belakang habisnya rata ya, tdk seperti ban depan yg habis sebelah & bergelombang..punyakau seperti itu..

    ReplyDelete
  23. Saya setuju dgn keterangan d atas, penyebabnya, shockbreaker blakang posisi d samping,soalnya mau motor metic baru/lama pasti ban dpan habis sebelah,setelah saya amati.

    ReplyDelete
  24. Mio j saya juga kaya gini, saya kira ban selalu abis sebelah krna faktor oli shok dpan yg sudah berkurang (antara kiri sma kanan/sudah gk balance) yg saya kira shok kanan jdi lebih empuk jadi saya kira pas ngerem beban jdi banyak k kanan "krna motor sya udh 5 tahun". Tpi setelah baca artikel ini, Masuk akal juga, soalnya tiap pake motor matic belok ke kanan terasa lebih berat d banding belok kiri.

    ReplyDelete
  25. Penyebab pastinya karena kones udah kendur atau sekok depan ada masalh

    ReplyDelete
  26. Kalo menurut saya sih Karena tekanan anginnya terlalu keras jadi bannya bergelombang , Dan says pun pernah menanyakan keteman2 saya yg anak otomotif Dan jawabannya pun sama,,

    ReplyDelete
  27. Yg saya alami motor blm ada setahun tapi ban motor depan matic saya bergelombang pd sisi kirinya apakah di sebabkan dari Shock tunggal...

    ReplyDelete