Manfaat Tutup Botol Plastik Dalam Tambal Ban


Tutup botol aqua, sprite, coca-cola atau tutup botol plastik yang lainnya, memang terlihat sebagai barang sepele, karena kebanyakan setelah kita habis meminum isinya, maka botol plus tutupnya akan dibuang ditempat sampah, atau dibuang begitu saja dipinggir jalan. Namun bagi saya tutup botol plastik merupakan barang bermanfat dan sangat dibutuhkan, sehingga jika melihat tutup botol plastik yang dibuang, pasti saya akan memungutnya, hehehe.

Mungkin tidak banyak yang menyadari kegunaan dan manfaat dari tutup botol plastik ini, karena sayapun awalnya cuma iseng dan sekedar coba-coba, tapi sekarang menjadi kebiasaan dan sangat memerlukan tutup botol palstik untuk membantu melakukan pekerjaan saya sebagai seorang tukang tambal ban.

Koleksi Tutup Botol Plastik

Anda pasti bertanya-tanya apa sih fungsi dan kegunaan tutup botol plastik, terutama dalam tambal ban seperti yang saya lakukan. Bagi anda yang pernah membaca postingan-postingan saya sebelumnya, tentu sedikit banyak sudah tahu apa kegunaan dan fungsi tutup botol plastik, seperti tutup botol aqua, sprite, fanta atau yang lainnya, karena pada beberapa postingan sebelumnya pernah sedikit saya singgung kegunaan dari tutup botol plastik dalam tambal ban.

Menurut saya sangat wajar jika anda tidak mengetahui apa fungsi dan kegunaan dari tutup botol plastik dalam tambal ban, karena tentu anda bukanlah tukang tambal ban seperti saya. Jangankan anda, lha wong mereka para tukang tambal ban seperti saya, banyak yang belum mengetahui fungsi dan kegunaannya.

Baiklah sobat Dukun Ban semuanya pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit berbagi informasi sederhana, dari barang-barang sederhana yang terkadang terlihat sepele dan tidak memiliki fungsi sama sekali yaitu tutup botol plastik, bekas kemasan minum seperti botol Aqua, Sprite, Coca-cola atau yang lainnya.

Fungsi dan kegunaan tutup botol plastik ini adalah untuk mengurangi resiko lecet atau rusak saat membuka ban mobil yang menggunakan velg Racing atau velg dari alumunium. Berbeda dengan velg kaleng dimana saat kita membuka atau melepaskan bannya, biarpun tidak menggunakan tutup botol plastik sebagai alas, resiko lecet atau kemungkinan rusak akibat gesekan antara alat pembuka ban dan velg sangatlah kecil.

Tapi untuk velg racing atau velg dari alumunium sangat rawan dan sangat mudah lecet ataupun rusak apabila bergesekan secara langsung dengan alat pembuka bannya, terutama jika kita membuka ban dari velg racing atau alumunium menggunakan alat bukaan ban semi manual.

Memang sih jika menggunakan alat bukaan ban otomatis, meski tidak menggunakan tutup botol plastik saat membuka ban yang menggunakan velg racing atau velg dari alumunim, resiko lecet atau rusak sangatlah kecil, tapi bagi kebanyakan tukang tambal ban seperti saya, mau tidak mau harus mencari cara dan solusi untuk mengurangi resiko lecet atau rusak saat membuka ban yang menggunakan velg dari alumunium.

Karena bagi kebanyakan tukang tambal ban seperti saya masih menggunakan alat bukaan ban semi manual, sedangkan alat bukaan ban otomatis bisanya digunakan oleh bengkel dan toko ban besar, dikarenakan harga alat tersebut terbilang cukup mahal untuk ukuran tukang tambal ban seperti saya.

Nah selain bermanfaat dan berfungsi untuk mengurangi resiko lecet ataupun rusak saat membuka ban yang memakai velg racing atau velg dari alumunium, menggunakan tutup botol plastik ternyata masih ada kelebihan lainnya yaitu ban menjadi lebih mudah dibuka dan tidak seret, karena saat plastik bergesekan dengan alumunium dan terkena air sabun akan menjadi lebih licin.

Maka dari itu apabila anda tukang tambal ban seperti saya dan masih menggunakan alat bukaan ban semi manual, ada baiknya jika anda mencoba menggunakan tutup botol plastik saat membuka ban yang memakai velg racing atau velg dari alumunium untuk mengurangi resiko rusak ataupun lecet. 

Karena lecet atau pun rusak yang diakibatkan kurang hati-hati saat melakukan pekerjaan menambal atau membuka ban yang memakai velg alumunium, hal tersebut bisa membuat pelanggan merasa kecewa, dan kurang puas dengan pekerjaan kita, dan bagi anda pemilik kendaraan khususnya mobil yang menggunakan velg racing, ada baiknya jika anda menyarankan kepada tukang tambal bannya untuk menerapkan cara ini, saat anda mengganti atau menambalkan ban.

Baiklah sobat semuanya, demikianlah sedkit pembahasan mengenai manfaat dan kegunaan tutup botol plastik dalam tambal ban pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi anda semuanya.


Postingan terkait:

10 Tanggapan untuk "Manfaat Tutup Botol Plastik Dalam Tambal Ban"

  1. bentar mas saya masih bingung bagaimana penggunaanya buat ganjanya kah maksdunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya mudah mas, tutup botonya ditaruh diantara pinggiran velg dan alat untuk membuka ban

      Delete
  2. Mas ponoran memang kreatif, kalau boleh sedikit saran, buat tutorial cara membuka dengan memanfaatkan tutup botol ini mas, kayaknya pembaca akan lebih faham.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas mungkin nanti pas ada pekerjaan menambal ban mobil yang pakai velg racing, bisa saya tulis tutorialnya, biar gambarnya langsung jepret sendiri

      Delete
  3. fungsi lain dari tutup botol ya....heee

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, sekalian memanfaatkan barang yang terlihat sepele

      Delete
  4. Sory kang ..baru bisa mampir kisini...bagus kang saya sedikit menangkap inti dari artikel di atas...saya bayangkan saja sudah mengerti...memang kalau di perhatikan banyak bekas lecet2 pada bagian pelg akibat bongkar pasang saat ban bocor...dan trik ini bisa meminimalkan gesekan dan lecet pada pelg jika hendak bongkar ban saat hendak mau menambal ..mkasih mas...infonya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang benar mas, meski cara diatas tidak bisa menghindarkan dari resiko lecet tapi setidaknya bisa mengurangi resiko lecet tersebut

      Delete
  5. Bisa juga buat mencegah lecet tutup botol kalau disini saya amati tukang tambal ban jarang yang pakai tutup botol biasanya pakai kain

    ReplyDelete
  6. Untuk ban motor memang bisa menggunakan kain mas,tapi untuk van mobil, saya pernah mencobanya dan kurang efektif

    ReplyDelete