11 Tips Sederhana Membeli Motor Bekas Agar Tidak Salah Pilih


Membeli sepeda motor bekas bisa dibilang gampang-gampang susah, jika sudah paham tentang sepeda motor, maka tidak sulit memilih sepeda motor bekas yang kondisinya masih bagus tapi bisa dibeli dengan harga miring. Karena banyak juga sepeda motor bekas yang dijual dengan harga murah tapi kondisinya masih bagus.

Tapi jika kita kurang hati-hati dan tidak teliti saat membeli sepeda motor bekas bisa-bisa salah pilih, artinya kita mendapatkan sepeda motor bekas yang kondisinya kurang bagus tapi harganya tinggi. Karena banyak sepeda motor bekas yang dijual dengan harga tinggi tapi kondisinya kurang bagus, sehingga kita akan menyesal saat sudah terlanjur membelinya.



Maka dari itu sobat Dukun Ban semuanya, apabila anda ingin membeli sepeda motor bekas, tapi anda masih awam dan kurang begitu paham tentang sepeda motor, sebaiknya cobalah beberapa tips berikut saat anda hendak memilih dan membeli sepeda motor bekas.

1. Lihat Berapa Dana Yang Dimiliki

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membeli sepeda motor bekas adalah melihat berapa dana yang sobat miliki, misalnya dana yang sobat miliki sebesar Rp 5 juta, maka carilah sepeda motor bekas yang harganya Rp 5 juta sampai Rp 6.5 juta.

2. Tentukan Jenis Sepeda Motor Yang Akan Dibeli

Setelah mengetahui berapa dana yang dimiliki, silahkan tentukan jenis sepeda motor yang akan dibeli, apakah sepeda motor yang akan dibeli jenisnya matic, bebek, sport atau yang lainnya. Tentukan juga tipe dan merk sepeda motor yang akan dibeli, apakah honda, yamaha, Suzuki atau kawasaki, yang penting sesuai dengan dana yang dimiliki.

3. Cek Harga Dipasaran

Apabila sobat sudah menemukan sepeda motor yang ingin dibeli, silahkan cek berapa harga pasaran sepeda motor tersebut. Misalnya sobat ingin membeli Honda Supra X125, maka sebaiknya sobat cek terlebih dulu berapa harga pasarannya.

Sobat bisa mengeceknya melalu internet, atau bisa juga menyakan pada teman, saudara, atau tetangga sobat yang paham tentang sepeda motor dan tahu harga pasarannya.

4. Carilah Penjual Sepeda Motor Bekas Yang Terpercaya

Jika anda ingin membeli sepeda motor bekas sebaiknya belilah sepeda motor bekas dari penjual yang sudah terpercaya, kalo sobat membeli sepeda motor dari dealer-dealer sepeda motor bekas, maka carilah dealer sepeda motor yang sudah terpercaya dan banyak direkomendasikan.

Selain itu saran saya kalo ada belilah sepeda motor langsung dari pemilik atau pemakainya jangan melalui perantara, karena jika sobat membeli sepeda motor tersebut langsung dari pemiliknya biasanya harganya pun lebih murah dari pada lewat perantara atau beli dari dealer-dealer sepeda motor bekas.

5. Cek Kondisi Fisiknya

Setelah sobat menemukan sepeda motor bekas yang akan dibeli dan sudah tahu berapa harga pasarannya langkah selanjutnya silahkan cek bagaimana kondisi fisiknya. Saat melakukan cek fisik ada beberapa hal yang harus sobat perhatikan diantaranya adalah sebagai berikut :

a. Cek bagaimana kondisi bodynya apakah masih mulus atau tidak, apakah masih kencang atau tidak, apakah masih lengkap atau tidak, spionya masih lengkap atau tidak.

b. Cek kondisi kelistrikan, apakah semua lampu-lampu masih menyala, baik lampu depan, lampu belakang, lampu rem, lampu kota, lampu sein, klason, lampu kontrol, lampu speedometer dan starter

c. Cek kondisi ban, apakah ban depan ataupun ban belakangnya masih bagus atau tidak, sudah gundul atau belum, periksa juga berapa umur dari ban sepeda motor tersebut

d. Cek Speedometernya, pengecekan speedometer berfungsi untuk megetahui berapa jarak tempu sepeda motor tersebut, semakin jauh jarak tempuhnya biasanya sudah muali banyak  komponen-komponen kendaraan yang minta diganti.

e. Cek Kondisi Remnya, periksa apakah rem belakang dan rem depannya masih berfungsi dengan baik atau tidak.

6. Periksa Surat-Suratnya

Setelah melakukan pengecekan terhadap kondisi fisik sepeda motor yang akan dibeli selanjutnya periksalah apakah surat-suratnya lengkap baik BPKP ataupun STNKnya, pastikan juga kalo pajaknya masih jalan, periksa juga apakah nomor mesin, nomor rangka dan nomor platnya sama dengan yang tertera pada BPKP dan STNKnya.

7. Cek Kondisi Mesinnya

Pertama-tama untuk melakukan pengecekan terhadap mesin sepeda motor yang akan dibeli, caranya lihat terlebih dahulu apakah mesin sepeda motor tersebut dalam kondisi kering dan bersih tidak ada rembesan oli mesin yang menetes.

Selanjutnya coba nyalakan mesinya apakah suaranya halus atau tidak, coba digas secara perlahan agar putaran mesinya makin kencang. Tutup knalpotnya kemudian dengarkan suara mesin apakah suaranya kasar atau halus.

Biarkan sepeda motor dalam kondisi menyala dalam waktu kurang lebih 15 menit, kemudian matikan mesinya dan periksa apakah ada kebocoran oli pada sela-sela mesin, biar lebih yakin gunakanlah sepeda motor tersebut untuk jalan kurang lebih 1Km.

8. Lakukan Test Ride

Coba test sepeda motor tersebut untuk berjalan kurang lebih 1Km untuk menguji apakah sepeda motor tersebut masih nyaman dikendarai atau tidak, sekaligus untuk mengetahui bagaimana kondisi mesinnya, rasakan bagaimana performa mesinnya apakah masih bagus atau tidak.

9. Ajaklah Kenalan Montir Atau Teman Yang Paham Dengan Sepeda Motor

Jika sobat kurang yakin saat ingin membeli sepeda motor bekas, sobat bisa mengajak kenalan montir atau teman yang sudah paham tentang sepeda motor sehingga bisa membantu sobat untuk memilih sepeda motor bekas atau mengecek bagaimana kondisinya.

10. Pilih Sepeda Motor Satu Kota

Apabila ingin membeli sepeda motor bekas sebaiknya pilihlah sepeda motor yang berasal dari satu kota, karena  hal ini nantinya akan mempermudah sobat saat melakukan pembayaran pajak

Sebab jika sobat membeli sepeda motor dari luar daerah, otomatis sobat harus keluar kota apabila ingin melakukan pembayaran pajak, dan hal tersebut jelas membutuhkan biaya lebih banyak dari pada melakukan pembayaran pajak kendaraan dalam satu kota.

11. Negosiasi Dengan Tenang

Apabila sobat sudah cocok dan suka dengan sepeda motornya langkah terakhir lakukan negosiasi dengan tenang dan jangan terburu-buru, syukur-syukur harganya masih bisa digoyang, jika memang tidak tercapai sepakat soal harga sebaiknya jangan memaksakan diri, sobat bisa mencari sepeda motor lainnya.

Demikianlah beberapa Tips membeli sepeda motor bekas yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi anda semuanya. 


Postingan terkait:

15 Tanggapan untuk "11 Tips Sederhana Membeli Motor Bekas Agar Tidak Salah Pilih"

  1. yang paling penting cek surat-surat nya ya kang karena sekarang banyak motor bodong tanpa surat-surat dan ada pula pemalsuan surat kendaraan bermotor. kalau untuk speedometer suka ada tipuan kang misalnya speedometer di copot jadi angka nya tidak terlalu besar dan ketika di jual di pasang lagi gtu kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, ada banyak tips untuk membeli sepeda motor bekas, dan kita perlu teliti saat membelinya

      Delete
    2. kalau tidak teliti nanti bisa kejeblos sama pelaku penjual yang tidak bertanggung jawab ya mas

      Delete
  2. Muantappp sekali mas tipsnya, kebetulan banget saya dalam waktu dekat ini mau mencoba membeli motor bekas mas siapa tahu ada yang sesuai dan alhamdulillah ditambah dengan adanya tips ini jadi bisa lebih hati hati dan teliti untuk memilih motor bekas yang akan dipilih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga tidak salah pilih kang dan bisa mendapatkan sepeda motor yang masih bagus dan harganya juga miring

      Delete
  3. Kebetulan mas saya pernah beli motor bekas tapi masih ok saya minta tolong dicarikan sama bengkel langganan mas kebetulan ada orang yg mau jual lewat bengkel dan ternyata mesinnya kata bengkelnya masih OK walaupun harganya lebih mahal dari pasaran tapi kata bengkelnya yg penting mesinnya masih bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ada kenalan kita yang paham soal sepeda motor memang lebih bagus lagi mas sehingga bisa membantu kita saat memilih sepeda motor bekas

      Delete
  4. Dulu saya pernah ditawarin byson sekend harganya 6 jeti,, cuman itu platnya th 2006,,, motor kek gitu aman gak yah,,,??

    ReplyDelete
  5. Tipsnya Ok Mas,
    Kadang motor bekas, kalau tidak diteliti dengan betul, banyak komponen mesinnya yg diganti dengan yang imitasi.
    Betul baget kalau sebelum beli motor bekas kita harus cek terlebih dahulu mesinnya dan tentunya membeli dari penjual yg terpercaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas intinya kita harus teliti agar tidak salah pilih

      Delete
  6. saya punya teman mas beli motor bekas kasian juga tiap bulan ada aja yang di baiki. mungkin ga melakukan tips nya mas poniran kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang harus benar-benar teliti mas kalo mau beli motor bekas, karena banyak kejadian baru dipakai sebentar sudah sudah rewel

      Delete