Alat Pres Bakar Vs Alat Pres Elektrik


Postingan ini sebenarnya untuk menjawab pertanyaan dari salah satu teman kita sesama blogger, dimana teman kita ini bertanya kepada saya, lebih bagus mana hasil tambalan menggunakan alat pres bakar atau alat pres elektrik.

Sebenarnya pertanyaan dari sobat kita ini sudah saya jawab, hanya saja mungkin jawaban saya masih kurang lengkap atau hanya secara garis besarnya saja, maka dari itu melalui postingan ini saya ingin membahasnya sekaligus memberikan jawaban dengan lebih lengkap.


Seperti kita ketahui bahwa dalam tambal ban salah satu peralatan yang harus ada adalah alat pres, dimana alat pres berfungsi untuk mengepres ban yang akan ditambal, sehingga karet kompon atau karet penambal bisa merekat erat dengan ban dalam yang ditambal.

Mungkin sobat semua sudah tahu bahwa alat pres yang banyak digunakan oleh para tukang tambal ban adalah alat pres yang dipanaskan dengan cara dibakar, entah itu dipanaskan menggunakan kompor gas, kompor minyak tanah ataupun dengan menggunakan spirtus.

Namun seriring perkembangan jaman dan kemajuan teknologi, sekarang ini muncul alat pres ban elektrik, dimana untuk memanaskan alat pres tersebut tidak menggunakan pemanas api yang bersal dari kompor gas, ataupun spirtus, akan tetapi menggunakan elemen khusus yang terhubung dengan listrik.

Lalu lebih bagus mana antara alat pres bakar atau alat pres elektrik ...?

Jika kita membandingkan antara alat pres bakar dan alat pres elektrik, menurut saya sebenarnya sama saja, kerena masing-masing alat pres memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi tergantung dari masing-masing tukang tambal bannya lebih terbiasa menggunakan yang mana, kalo saya sendiri lebih nyaman dan lebih terbiasa menggunakan alat pres bakar dengan pemanas spirtus.

Hasil tambalannya lebih bagus yang mana ...?

Hasil tambalan menggunakan alat pres bakar ataupun alat pres elektrik pada dasarnya sama, bisa bagus bisa juga tidak, semua itu tergantung dari kualitas alat presnya bukan jenis alat presnya.

Selain itu hasil tambalan yang bagus tergantung dari proses bagaimana mengerjakannya, karena pekerjaan menambal ban biarpun terlihat gampang dan mudah dikerjakan, namun jika tidak dikerjakan dengan cara yang benar, maka hasilnya tidak akan bagus dan bisa mudah bocor lagi.

Dan yang paling penting menurut saya saat menambal ban agar hasil tambalannya bisa bagus, kuat dan tidak mudah jebol adalah terletak pada proses menambalnya, biarpun menggunakan alat pres bakar, kalo dikerjakan dengan benar, proses pengepresan karet kompon sampai benar-benar matang, maka tambalan tersebut pasti akan kuat dan lebih tahan lama.

Tapi biarpun menggunakan alat pres elektrik, kalo proses menambalnya dikerjakan dengan asal-asalan, terburu-buru, tidak teliti maka hasilnya pasti tidak akan bagus.

Maka dari itu sobat Dukun Ban semuanya, apabila ada diantara sobat yang ingin belajar menambal ban sendiri, baik itu menggunakan alat pres bakar atau alat pres elektrik yang perlu diperhatikan adalah kualitas dari alat presnya bukan dari jenis alat presnya, ditambah lagi prosesnya harus dikerjakan dengan baik dan benar agar hasil tambalannya bagus dan kuat.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai Alat Pres Bakar Vs Alat Pres Elektrik yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi anda semuanya.


Postingan terkait:

18 Tanggapan untuk "Alat Pres Bakar Vs Alat Pres Elektrik"

  1. Jadi pada intinya mau alat pres bakar mau alat pres elektrik itu sama karena memiliki kelebihan dan kekurangan yang paling penting menurut saya bagaimana cara menggunakannya kang ? jika digunakan dengan baik dan benar maka hasil tambalannya akan baik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas yang paling penting sebagai penggunanya tahu cara menggunakan alat pres tersebut ditambah lagi tahu bagaimana cara menambal ban yang benar

      Delete
    2. wah kalau masalah tambah menambal mah harus belajar sama ahlinya nih yaitu dukunban mas poniran ini :)

      Delete
  2. jadi intinya mau menggunakan pres elektrik ataupun press bakar itu hasilnya tergantung yg mengerjakan ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas paling utama adalah ketrampilan dari menambalnya, kalo dikerjakan dengan baik dan benar maka hasilnya juga akan bagus entah itu menggunakan alat pres bakar atau alat pres elektrik

      Delete
    2. Jadi untuk hal nambal-manambal kita serahkan saja pada ahlinya atau jika mau bisa menambal bisa belajar di blog dukun ban ini :)

      Delete
  3. Alat canggih apapun pada dasarnya tinggal bagaimana yang memakainya ya Mas Poniran, walaupun alat sederhana tp bila yang mengerjakan teliti pasti hasilnya juga bagus yah, sama halnya dengan pres elektrik dan pres bakar ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas semua tergantung dari bagaimana kita menggunakannya, kalo kita bisa menggunakannya dengan baik maka hasilnya pun pasti juga akan baik

      Delete
  4. Tergantung juga sama yang nambalnya juga kali yah mang,,, kalau belum bisamah,, dikasih alat pres kek gitu pasti kebingungan,, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas tergantung juga dari kebiasaan yang memakainya

      Delete
  5. Disaya mah rata rata pakai bakar semua jarang yang pake elektrik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang rata rata kebanyakan tukang tambal ban pakainya alat pres yang bakar

      Delete
  6. Oh.. Bgtu ya mas..
    Tpi katanya alat pembakarannya jga harus bagus.. Bahanya itu Misal dri besi ato baja dri ketebalannya brpa mm?
    Max pembakaran brpa menit supaya hasil nya bgs?
    Sering sya temua penambal yg tambalanya jdi hamil gtu mas ngembung bagian yg bekas di tambal..
    Oh ia mas klo mau beli alat pres pembakarnya ada yg jual ato pesan sma tukang las?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan, sudah saya jelaskan di atas bahwa kualitas hasil tambalan yang bagus tergantung dari proses pengerjaannya ditambah kualitas dari alat presnya bukan jenis alat presnya

      Delete
  7. tambal ban versi elektrik dan bakar hasil mungkin kurang lebihnya sama , cuma yang jenis elektrik ini menurut saya agak modern Mas....di deket rumah saya tambal ban nya pake elektrik dengan menggunakan elemen Strika baju mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang mas alat pres elektrik ini mulai banyak digunakan oleh para tukang tambal ban

      Delete
  8. Klo saya pake elektrik. So lebih simple,hemat waktu and safety. Yg jelas hasilnya lebih pasti ok. Tdk bergantung efek luar spt angin misalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo untuk hasil menurut saya relatif yang menggunakannya mas, karena tidak ada jaminan juga pake elektrik hasilnya lebih bagus

      Delete