Cara Mengatasi Ban Tubles Bocor Pada Bagian Pelek


Bicara masalah ban bocor, ada banyak sekali macam dan penyebabnya, entah itu ban yang menggunakan ban dalam ataupun ban yang tidak menggunakan ban dalam atau sering disebut dengan Ban Tubles. Ban tubles mengalami kebocoran bisa disebabkan karena terkena benda-benda tajam, sudah tipis atau bisa juga bocor pada bagian peleknya. Nah pada postingan kali ini saya ingin membahas tentang cara mengatasi ban tubles yang mengalami kebocoran pada bagian peleknya.



Kebocoran ban tubles yang terjadi pada bagian peleknya sering kali membuat kita merasa jengkel karena pada beberapa kasus, kebocoran tersebut sangat halus dan sulit sekali dideteksi, tahu-tahu ban sudah kehilangan angin atau kempes. Kalo kebocoran terjadi pada bagian ban tentu cara mengatasinya adalah dengan cara menambal ban tersebut menggunakan serat karet, atau sering disebut dengan kompon tubles. Lalu bagaimana cara mengatasi kebocoran ban tubles pada bagian peleknya...?

Sebenarnya cara mengatasinya sangat mudah, tapi sebelum kita mengatasi kebocoran tersebut kita harus tahu terlebih dahulu apa penyebabnya. Kebocoran pada bagian pelek bisa disebabkan oleh beberapa hal misalnya saja kotoran, atau peleknya sendiri yang sudah tidak rata atau mengelupas catnya. Jika kebocoran pada pelek disebabkan oleh kotoran maka cara mengatasi adalah dengan cara  membersihkan kotoran tersebut, tapi jika kebocoran disebabkan karena pelek yang sudah tidak rata atau catnya mengelupas maka cara untuk mengatasinya adalah sebagai berikut.

Jika kita belum mengatahui penyebab kebocoran pada ban tubles, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari bagian ban mana yang mengalami kebocoran, dengan cara merimbang ban tersebut pada bak perimbang. Apabila sudah dirimbang, namun belum juga menemukan bagian mana yang mengalami kebocoran, maka besar kemungkinan ban tersebut bocor pada bagian peleknya, kerena sering terjadi ban yang bocor pada bagian pelek, apabila bocornya kecil atau halus biasanya tidak akan terlihat saat dirimbang.

Untuk mengetahui apakah bagian pelek yang mengalami kebocoran, caranya adalah dengan menggunakan air sabun. Sebelum itu tambah terlebih dahulu tekanan pada ban tersebut, kemudian beri air sabun menggunakan kuas pada bagian peleknya, tunggu beberapa menit untuk mengetahinya, biasanya pada bagian yang bocor akan mengeluarkan gelembung. Apabila sudah pasti bahwa bagian pelek yang mengalami kebocoran, langkah selanjutnya adalah mencopot ban luar dari peleknya.



Cari tahu apakah yang menyebabkan kebocoran tersebut, apabila penyebabnya adalah kotoran, maka untuk mengatasinya cukup bersihkan kotoran yang menempel pada pelek menggunakan sabun kemudian disikat hingga bersih, kemudian pasang kembali ban luarnya. Namun jika penyebab kebocorannya dikarenakan pelek yang sudah tidak rata atau mengelupas catnya, maka untuk mengatasi hal tersebut, yang harus sobat lakukan adalah membersihkan pelek tersebut menggunakan amplas yang cukup kasar, sekaligus meratakannya kembali.


Perlu diperhatikan saat mengamplas harus secara menyeluruh dan benar-benar rata, setelah sobat selesai membersihakan pelek tersebut dengan amplas dan sudah benar-benar rata, selanjutnya cuci pelek hingga bersih kemudian jemur hingga kering atau hilang airnya, bisa juga menggunakan lap kering untuk membersihkah airnya, yang penting airnya sudah benar-benar hilang. Setelah peleknya kering, beri plek tersebut siler atau silent pada bagian yang tadi diamplas.


Selain siler atau lem yang sering digunakan dalam pembuatan aquarium sebenarnya bisa juga menggunakan sabun diterjen atau stempet, tapi biasanya menggunakan diterjen atau stempet kurang tahan lama, berbeda dengan siler atau silent, yang mana lebih tahan lama dan tidak mudah bocor kembali. Setelah selesai memberikan silent atau siler segera pasang kembali ban luarnya, agar silent atau siler tersebut tidak keburu kering.

Langkah terakhir yang harus sobat lakukan adalah memberikan angin, atau tekanan pada ban tersebut hingga cukup keras, kemudian cek kembali apakah sudah rapat atau masih bocor, caranya dengan memberikan air sabun pada bagian peleknya, kemudian tunggu beberapa menit untuk memastikan sudah benar-benar aman dari kebocoran.

Baiklah sobat semuanya, sekian dulu pembahasan dari saya pada postingan kali ini mengenai Cara Mengatasi Ban Tubles Bocor Pada Bagian Peleknya, Harapan saya semoga saja sedikit pembahasan pada postingan kali ini bisa membawa manfaat dan bisa berguna bagi sobat semuanya.


Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Cara Mengatasi Ban Tubles Bocor Pada Bagian Pelek"

  1. Terima kasih atas ilmunya,sekaligus saya ingin bertanya ban saya tadinya menggunakan angin biasa, namun ketika saya coba ganti dengan nitrogen langsung bocor dari velg. Adakah cara untuk menyelesaikannya tanpa membongkar ban? Mengingat di daerah saya jasa tambal ban relatif kasar, yg saya khawatirkan saat melepas ban merusak bibir velg. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut hemat saya, besar kemungkinan velg kotor atau cat terkelupas seperti apa yg di katakan admin, ..
      Solusi ny ya seperti admin terangkan.

      Delete
    2. Cara mengatasinya seperti yang dijelaskan di artikel ini mas

      Delete