Tips Memindah Lubang Pentil Pada Velg Kaleng


Lubang pentil pada velg kaleng sering kali menjadi lebih lebar dan lebih longgar dari pada ukuran seharusnya, masalah seperti ini terjadi dikarenakan adanya air yang masuk kedalam ban melalui lubang pentil, sehingga dalam jangka waktu lama akan mengakibatkan velg menjadi berkarat dan keropos. Sebenarnya masalah seperti ini sering dialami oleh para pengguna mobil yang menggunakan velg kaleng pada roda kendaraannya, dimana akibat dari karat yang ada pada velg sering kali menyebabkan ban dalam menjadi mudah bocor terutama di bagian perut.

Selain menyebakan ban dalam menjadi mudah bocor, permasalahan lain yang akan timbul karena velg berkarat yaitu bagian disekitar lubang pentil menjadi keropos sehingga lama kelamaan akan menyebabkan ukuran lubang pentil menjadi lebih besar dan lebih longgar dari pada ukuran semula. Untuk jangka pendek memang dampak yang ditimbulkan karena permasalahan seperti ini tidaklah begitu terasa bagi penggunanya, namun dalam jangka waktu yang panjang dampaknya akan sangat terasa dan terkadang bisa berbahaya.


Karena masalah seperti ini sering sekali menyebabkan ban dalam menjadi mudah bocor terutama dibagian sekitar pentil, dan perlu sobat ketahui bahwa permasalahan seperti ini bisa juga mengakibatkan ban meletus dan jebol di bagian pentilnya.

Pernah saya mengalami kejadian dimana ada mobil melintas didepan bengkel tambal ban saya, tiba-tiba terdengar suara letusan yang berasal dari mobil tersebut, setelah dilihat dan diperiksa ternyata penyebab ban mobil tadi bisa meletus disebabkan karena jebol pentilnya, hal ini bisa terjadi dikarenakan lubang pentilnya sudah terlalu besar dan longgar melebihi ukuran seharusnya, sehingga tidak mampu menahan tekanan angin dari dalam ban.

Maka dari itu sobat semuanya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kejadaian atas, akan lebih baik jika permasalah seperti ini segera diatasi dan di tangani, demi menjaga keamanan, kenyamanan dan keselamatan kita dalam berkendara.

Lalu bagaimana cata mengatasinya ...?? Untuk mengatasi permasalahan seperti ini sebenarnya sangat mudah yaitu dengan cara membeli dan mengganti velg lama dengan velg baru maka masalahnya akan selesai. Tapi kalo seperti ini cara mengatasinya, tanpa perlu saya jelaskan sekalipun semua orang sudah mengetahuinya dan pasti mereka bisa melakukannya, namun jika kondisinya sedang darurat dan tidak memiliki cukup dana untuk membeli velg baru, maka untuk mengatasi permasalahan seperti ini diperlukan tips-tips tertentu untuk menyiasatinya.

Sobat Dukun Ban semuanya, cara untuk mengatasi dan menyiasati lubang pentil pada velg kaleng yang menjadi lebih besar dan terlalu longgar melebihi ukuran sebenarnya dikarenakan berkarat dan keropos adalah dengan cara menutup lubang pentil lama dan membuat lubang pentil baru dibagian lain yang sekiranya belum keropos, mengenai cara dan langkah-langkah melakukannya adalah sebagai berikut.

1. Mencopot ban luar dan ban dalamnya dari velg kemudian membawa velgnya ke tempat tukang las, mintalah kepada tukang lasnya untuk menutup lubang pentil yang lama menggunakan plat besi dengan ketebalan 2-3 mm, kemudian rapikan bekas lasnya dengan menggunakan gerinda.

2. Setelah lubang pentil yang lama ditutup, buatlah lubang pentil baru pada bagian lain yang sekiranya belum keropos atau sedikit karatnya, perlu diperhatikan untuk membuat lubang pentil baru sebaiknya jangan menggunakan las tapi gunakanlah bor dengan ukuran 14 untuk melubanginya.

3. Sebelum ban luar dan ban dalamnya di pasang kembali pada velg, sebaiknya bersihkan dulu karatnya menggunakan gerinda atau amplas kasar, kemudian buatkan sliwer atau selendang ban menggunakan bekas ban dalam sepeda motor, agar ban dalamnya tidak terkena karat secara langsung apabila velgnya berkarat lagi.

4. Pasang kembali ban luar dan ban dalam pada velgnya, kemudian beri tekanan sesuai dengan ukuran yang dianjurkan, atau sesuai dengan ukuran yang biasa anda gunakan.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai tips mengatasi lubang pentil pada velg kaleng yang sudah terlalu longgar melebihi ukuran seharusnya yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi anda semuanya.


Postingan terkait:

19 Tanggapan untuk "Tips Memindah Lubang Pentil Pada Velg Kaleng"

  1. jadi nintinya butlah supaya lubang pentil di velgnya g besar ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. lubang pentil pada velg kaleng biasa akan berkarat dan keropos, sehingga akhirnya menjadi lebih longgar dan lebih lebar dari pada seharusnya, kalo sudah begini dan velg masih ing digunakan maka cara mengatasinya adalah dengan memindah lubang pentilnya di bagian lain

      Delete
  2. oh jadi intinya dibuat lubang lg menbggunakan bor pada tempat yg berbeda yg sekiranya lebih kuat ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, lubang yang lama ditutup dan buat lubang baru di tempat lain

      Delete
  3. banyak sekali saya belajar di sini, terima kasih ya mas :D

    ReplyDelete
  4. trimakasih atas tipsnya...sangat penting ini...salam hangat dan salam kenal...langsung izin follow :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mas, terima kasih sudah mampir

      Delete
  5. Prosesnya lama juga dong mas apalagi kalau tukang lasnya jauh mungkin pakai ban serep dulu baru yang rusak dibetulkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas biasanya pelanggan saya juga begitu memasang ban cadangannya dulu baru yang rusak ditinggal ditempat saya untuk dibetulkan

      Delete
  6. Cara-caranya sangat detail Mas... :D
    Sangat bermanfaat bagi orang yang kesulitan ketika memindah lubang pentil... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bisa berguna dan bisa membantu bagi yang membutuhkan mas

      Delete
  7. Kalo udah berkara dan keropos apa masih bisa ditutup mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja mas, yang penting cari plat besi yang masih dalam kondisi bagus untuk menutupnya, karena biasanya yang paling sering keropos hanya di bagian sekitar area lubang pentil

      Delete
  8. saya suka blog yang gue banget, sip mas Pon?

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih suhu, sudah bersedia sering mampir ketempat saya yang masih banyak kekurangannya ini

      Delete
  9. Kalau buat lubang pentil pakai mata bor ukuran berapa?

    ReplyDelete