Hal Sepele Yang Sering Terlupakan


Sobat Dukun Ban semuanya, tentu anda sudah mengetahui apa dan bagaimana pekerjaan dari seorang tukang tambal ban seperti saya. Yups memang betul dan tidak salah, bahwa pekerjaan seorang tukang tambal ban seperti saya adalah menambal ban, kalo ada ban kendaraan bocor atau mengganti ban lama dengan ban baru apabila kondisi ban tersebut sudah parah dan sudah jauh dari kata layak untuk digunakan kembali.

Sebagai manusia biasa kita pasti tidak lepas dari yang namanya salah ataupun lupa, begitu juga dengan saya ataupun mereka  para tukang tambal ban lainnya, dalam melakukan tugasnya terkadang tanpa sengaja melakukan kesalahan, ataupun lupa dan kurang memeperhatikan hal-hal yang terlihat sepele, namun memiliki pengaruh dan bisa menimbulkan banyak akibat.


Maka dari itu pada kesempatan kali ini, saya ingin merangkum dan sedikit berbagi cerita kepada anda semuanya, tentang beberapa hal-hal sepele, yang sering terlupakan, diabaikan, disepelaikan, atau bahkan sering kali sengaja dilakukan oleh para tukang tambal ban, untuk itu sebagai pengguna kendaraan, alangkah baiknya jika anda mengingatkan mereka, apabila anda menjumpai tukang tambal ban melupakan beberapa hal berikut ini :

1. Lupa Memasang Tutup Pentil

Tutup pentil adalah barang yang bentuknya kecil dan terlihat sangat sepele namun memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu untuk menutup dan melindungi pentil agar tidak mudah kemasukan air ataupun kotoran, yang dapat menyebakan pentil menjadi rusak dan tidak berfungsi dengan baik sehingga sering menyebabkan ban kendaraan anda tiba-tiba kempes. Namun dikarenakan bentuknya yang kecil dan terlihat sepele, sering kali membuat banyak tukang tambal ban sering lupa memasangnya.

2. Memberi Alas Saat Membuka Velg Racing

Hal yang terlihat sepele dan sering dilupakan oleh para tukang tambal ban yang kedua adalah memberi atau menggunakan alas saat membuka ban kendaraan yang menggunakan velg racing atau velg dari alumunium. Sehingga karena keteledoran ini banyak membuat para pelanggan atau pengguna kendaraan menjadi kecewa, atau bahkan merasa kesal karena velg pada kendaraannya menjadi lecet ataupun tergores.

3. Tidak Mengecek Kembali Pekerjaannya

Mengecek dan memeriksa kembali pekerjaan yang sudah selesai dikerjakan terkadang memang telihat sepele, karena sudah jelas pekerjaan tersebut baru saja selesai dikerjakan, namun dengan melakukan pengecekan tersebut mereka para tukang tambal ban bisa sekaligus memastikan bahwa pekerjaannya sudah benar-benar selesai dan hasilnya pun memuaskan. Misalnya dengan memberikan air sabun pada bagian pentil untuk memastikan ban yang baru ditambal sudah benar-benar aman, sekaligus memeriksa apakah sudah memasang tutup pentilnya.

Meneliti bagian pinggiran ban, apakah sudah rata dengan velg, sebab jika masih belum rata hal tersebut bisa menyebabkan pelanggan menjadi tidak nyaman saat berkendara, karena permukaan ban menjadi tidak  berbentuk bulat secara sempurna, dan masih banyak lagi hal-hal yang harus diteliti dan dicek kembali sebelum diserahkan kepada pelanggan.

Baiklah sobat semuanya, demikianlah sedikit informasi dan cerita yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi anda semuanya.


Postingan terkait:

12 Tanggapan untuk "Hal Sepele Yang Sering Terlupakan"

  1. Ma kasih mas buat infonya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. biasanya yg paling sering saya alami itu yg no.1 mas, ttup pentilnya slalu ilang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin dikarenakan barangnya kecil dan tetlihat sepele mas

      Delete
  3. Kalau saya pribadi sering lupa menutup pentil,,, tapi kalau untuk point nomor tiga kayaknya banyak yang melakukannya,, yaitu tidak mengecek kembali pekerjaannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul memang mas, point no satu paling sering terjadi

      Delete
  4. Maklum gan, manusia tempatnya lupa. jadi wajar kalau lupa. lagian ga ada obat lupa di apotik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan, lupa adalah hal yang wajar dan manusiawi, malah bahaya kalo kita tidak diberi lupa

      Delete
  5. Apalagi kalau lupa ngecek lagi dan taunya masih bocor bisa berabe ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, pengecekan ulang, dilakukan untuk memeriksa dan memastikan sudah benar benar aman

      Delete
  6. Hal sepele tapi kalau lupa akibatnya bisa besar ya Mas Poniran. Memang begitulah mas, kita tidak boleh meremehkan hal-hal yang kecil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya karena kebiasaan mas, kalo kita sudah terbiasa meremehkan hal hal kecil maka hal itu akan terus terulang dan kerap kali dilakukan

      Delete