Tips Sederhana Memasang Ban Cadangan


Memasang ban serep alias ban cadangan mobil pada gantungannya saya kira anda para pengguna mobil sudah bisa melakukannya dan tidak perlu saya membahasnya dengan panjang dan lebar melalui postingan ini. Akan tetapi tidak ada salahnya apabila pada kesempatan kali ini saya gunakan untuk berbagi sedikit pengalaman yang mungkin bisa bermanfaat bagi anda, yaitu tentang tips sederhana cara memasang ban cadangan pada gantungannya.

Sebelum saya melanjutkan kata-kata dan berbicara lebih jauh pada postingan kali ini, saya ingin mengatakan bahwa tips ini hanya berlaku untuk ban cadangan pada mobil kecil atau bukan mobil jenis truck, dan lebih cocok diterapkan ban cadangan yang menggunakan velg kaleng bukan pada ban cadangan dengan velg racing atau velg dari alumunium.


Baiklah sobat Dukun Ban Semuanya, langsung saja mari kita bahas bersama-sama bagaimana sih memasang ban cadangan dengan velg kaleng pada gantungannya. Memang untuk memasang ban cadangan mobil pada gantungannya adalah pekerjaan yang cukup mudah dilakukan, dan saya sangat yakin kalo anda pasti sudah bisa melakukannya dengan baik. Nah berikut tips sederhana cara memasang ban cadangan mobil dengan velg kaleng pada gantungannya.

Saat anda hendak memasang ban cadangan tersebut pada gantungannya, usahakan posisi velg bagian  luar berada dibawah jangan diatas, hal ini perlu dilakukan dengan alasan untuk mencegah agar velg tidak cepat berkarat, sebab jika bagian luar velg dipasang dengan posisi berada diatas, hal ini mengakibatkan banyak air yang tergenang disana, sehingga lama kelamaan akan menimbulkan karat dan menyebakan velg menjadi lebih cepat keropos.

Nah kalo memasangnya dibalik maka saat musim hujan air tidak akan tertahan divelg tapi akan langsung jatuh kebawah, selain itu tidak banyak kotoran seperti debu dan pasir yang tersangkut disana. Saya yakin anda sebagai pengguna mobil sering kali memasang ban cadangan mobil anda dengan posisi bagian luar velg berada di atas, karena memang kebanyakan para pengguna mobil memiliki kebiasaan memasang ban cadangannya dengan posisi seperti itu.

Dan ketika diambil dari gantungannya untuk dipakai, biasanya sering didapati kondisi velg ban cadangan tersebut penuh dengan kotoran berupa pasir maupun debu, nah kalo kondisi seperti ini dibiarkan terus menerus dan dalam jangka waktu lama, maka akan berakibat velg menjadi berkarat dan cepat keropos.

Maka dari itu alangkah baiknya apabila anda mulai merubah kebiasaan lama memasang ban cadangan yang menggunakan velg kaleng dengan posisi velg bagian luar berada diatas, agar velg kendaraan anda tidak mudah berkarat dan cepat keropos.

Baiklah sobat semuanya, demikianlah sedikit cerita dari saya pada kesempatan kali ini tentang tips sederhana memasang ban cadangan mobil yang menggunakan velg kaleng pada gantungannya, semoga sedikit informasi ini bisa bermanfaat dan berguna bagi anda semuanya.


Postingan terkait:

12 Tanggapan untuk "Tips Sederhana Memasang Ban Cadangan"

  1. wlopun sudah tau lngkah2nya, kalaupun dipraktekan bagi saya mngkin agak susah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya hanya belum terbiasa aja mas, kalo udah biasa sebenarnya mudah kok

      Delete
  2. saya masih sulit kalau ganti ban Mas Pon?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena belum terbiasa aja kali kang, jadi terasa sulit

      Delete
  3. Kalau dalam kondisi darurat, sudah dipastikan artikel ini sangat bermanfaat...
    Salam Mas Poniran...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam juga mas dedy, makasih udah mampir dan semoga informasi ini bisa bermanfaat buat semuanya

      Delete
  4. Saya kira saat memasang ban cadangan yang penting kencang dan tidak mudah jatuh, tapi ternyata ada tipsnya ya mas, makasih mas buat infonya sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara umum memang kebanyakan orang memasangban cadangan seperti itu mas, tapi ternyata ada tips- tipsnya biar ban cadangan dan velg menjadi lebih awet

      Delete
  5. Perlu dikuasai bagi pemilik mobil supaya bisa aman memasang ban cadangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya mudah kok mas cuma butuh terbiasa aja

      Delete
  6. Ternyata memasang ban cadangan di mobil itu tidak gampang ya kang butuh keahlian khusus, terima kasih kang atas tipsnya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya gampang mas dan saya kira tidak membutuhkan keahlian khusus, yang penting sudah terbiasa aja

      Delete