Puasa Bukanlah Halangan Untuk Tetap Berkarya


Sobat Dukun Ban Semuanya

Tak terasa bulan Ramadhan sudah datang lagi, artinya menurut perhitungan kalender hijriah satu tahun sudah berlalu.

Padahal yang saya rasakan, sepertinya baru kemarin menjalankan ibadah puasa bulan ramadhan, eh tahu-tahu sudah puasa lagi.

O iya sobat semuanya, tak lupa saya ingin mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa, bagi yang menjalankan.


Hayo siapa yang tadi pagi ikutan sahur, tunjuk jari ...! hehehe

Ngomong-ngomong soal puasa, jangan sampai ibadah puasa yang kita lakukan menjadi halangan untuk tetap berkarya dengan maksimal.

Biarpun sedang puasa, tapi kalo untuk urusan pekerjaan atau urusan melayani pelanggan kita harus tetap profesional, bekerjalah dengan maksimal dan layanilah pelanggan dengan sebaik mungkin.

Begitu juga dengan profesi saya sebagai tukang tambal ban.

Kalo boleh jujur sebenarnya bulan puasa merupakan tantangan untuk saya, lha bagaimana tidak, wong saya tidak bisa pilih-pilih pekerjaan.

Maunya sih, kalo bulan puasa begini dapet kerjaan yang enteng-enteng tapi ongkosnya gede, hehehe

Nah kalo saya maunya pekerjaan seperti itu, bisa-bisa saya tidak dapat kerjaan, dan parahnya lagi pelanggan saya bisa kabur ke bengkel tambal ban lain.

Maka dari itu biarpun sedang menjalankan puasa, namun dalam bekerja dan melayani pelanggan harus tetap strong, dan pekerjaan yang ada harus tetap dikerjakan dengan maksimal seperti waktu kemarin-kemarin saat sedang tidak puasa.

Nah buat sobat yang saat ini sedang menjalankan ibadah puasa, apapun pekerjaan dan profesi yang anda lakukan saat ini, yang penting niat kita dalam menjalan puasa.

Kalo kita sudah niat, maka seberat apapun pekerjaan yang kita lakukan, puasa bukanlah sebuah halangan untuk tetap berkarya.

Dan insyaallah meskipun melakukan pekerjaan berat yang menguras banyak tenaga, puasa tetap lancar sehari penuh hingga satu bulan ( 30 Hari )

Saya sering membayangkan orang-orang yang kerjanya lebih berat dari pada pekerjaan saya.

Misalnya mereka yang kerjanya bongkar muat kayu log, dimana pekerjaan ini jelas lebih banyak menguras tenaga dibandingkan pekerjaan saya menambal ban.

Tapi teman-teman saya yang menjalani profesi ini tetap banyak yang berpuasa.

Jika orang lain atau teman-teman yang pekerjaanya lebih berat dari pada saya, mereka bisa menjalankan puasa seharian penuh selama satu bulan, masak saya tidak bisa seperti mereka.

Pernah saya bertanya kepada mereka.

Mengapa mereka bisa tetap bekerja seperti biasa, padahal pekerjaan yang mereka lakukan memerlukan kekuatan fisik dan banyak menguras tenaga.

Ternyata jawaban mereka karena sudah niat.

Jadi kalo kita sudah niat untuk menjalankan ibadah puasa maka lakukan hingga akhir, meski banyak tantanganya.


Postingan terkait:

19 Tanggapan untuk "Puasa Bukanlah Halangan Untuk Tetap Berkarya"

  1. niat puasa yang kuat rutinitas menjadi lancar , dengan niat puasa yang kuat menjalani pekerjaan terasa ringan

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas niat yang kuat akan membuat sesuatu yang berat terasa ringan

      Delete
  2. Terkadang kalo dibayangin kadang gak masuk logika ya mas, pekerjaan berat tetap masih bisa dijalani walau sedang puasa, dan hebatnya lagi gak membatalkan puasa mereka. Subhan Allah, niat memang kunci utamanya ya mas.

    Kadang juga saya liat profesi pekerjaan berat lainnya, tapi kebanyakan mereka tetap berpuasa.

    Semoga kita dimudahkan dan dilancarkan puasanya ya mas, tetap sehat dan semangat hingga Idul Fitri, aaamiiin...

    Selamat berpuasa juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang seperti itu mas, kalo sudah tidak niat biarpun tidak bekerja atau tidak melakukan pekerjaan apapun tetap tidak akan kuan menjalani puasa

      Delete
  3. Tapi kadang kalau lagi puasa suka lemes juga kalau mau berkarya... hahah, bukan lemes tapi maless :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo cuma lemes gak papa mas, asal jangan sampai males, hehehe

      Delete
  4. Sy setuju dengan and, puasa bukanlah halangan utk tetap bisa berkarya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mbak, biarpun puasa, tapi kerja harus tetap jalan terus dan tetap profesional

      Delete
  5. Dengan niat yang kuat Insya Allah semuanya jadi mudah meski sedang berpuasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas, asalkan sudah diniati, maka puasa bukanlah halangan untuk tetap bekerja dengan maksimal

      Delete
  6. Kadang saya juga memikirkan hal semacam itu, orang yang kerjanya lebih berat dari saya kenapa bisa kuat dan saya yang kerjnya tidak terlalu berat kenapa loyo. Kadang ada rasa malu. Fisik lemah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting sudah niat mas buat menjalankan puasa hingga akhir, kalo sudah niat insyaallah semua halangan bisa kita lewati

      Delete
  7. subhanalloh. mantaps mas masih banyak ya mas yang lebib berat dr kita busa puasa.
    bener hidup uni harus banyak bersyukur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mas, semoga saja puasanya tetap lancar hingga hari kemenangan

      Delete
  8. Saya setuju sekali Mas sebab justru di bulan puasa lah kita bisa melatih daya pikir kita untuk menuliskan Sesuatu yang bermanfaat






    ReplyDelete
  9. nggak kerasa malah sekarang syawal dah mau habis ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu memang berjalan dengan cepat, sehingga tak terasa banyak waktu yang sudah dilalui

      Delete
  10. Bulan Ramadhan wajib dihormati dan disambut baik dengan melaksanakan kebaikan/ibadah secara maksimal. Oleh karena itu, saya yakin banyak orang atau tempat kerja yg menyesuaikan diri saat bulan puasa. Misal dengan pulang kerja lebih awal dari biasanya. Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha saya kerja sendiri mas, jadi jadwal pulangnya gak tentu, yang jelas bulan puasa bukan suatu halangan untuk tetap berkarya dengan maksimal

      Delete