Ban Tubles Tiba-Tiba Kempes Padahal Tidak Bocor


Apa kabar sobat Dukun Ban semuanya, semoga saja selalu dalam kedaan yang baik, sehat dan tanpa kekurangan suatu apapun, Amin. Pada postingan kali ini sebenarnya saya ingin menjawab pertanyaan dari salah satu teman kita yang bernama Mas Singgih Waluyo pada sebuah komentar di salah satu postingan saya sebelumnya.

Sebenarnya masalah yang dialami oleh sahabat kita ini sering saya jumpai dan saya temukan dalam kegiatan saya sehari-hari sebagai tukang tambal ban, hanya saja mungkin tidak terpikirkan oleh saya untuk membahas masalah tersebut, berhubung ada yang bertanya dan saya jadi menemukan ide untuk menulis artikel, mengenai solusi untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh sahabat kita ini.



Memang sering terjadi pada ban tubles setelah beberapa hari dipasang ternyata tiba-tiba kempes dan ketika dibawa ke tukang tambal ban ternyata tidak ditemukan penyebabnya alias tidak bocor. Sebanarnya bukan tidak bocor tapi karena bocornya sangat halus sehingga tidak terdeteksi dan bisa bertahan hingga beberapa hari, tapi tetap saja ban tersebut bocor dan harus segera ditangani, karena jika dibiarkan saja maka lama-lama akan semakin besar dan angin didalam ban akan cepat habis.

Masalah seperti ini, sebenarnya bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya ban sudah tidak bagus, atau karena velgnya yang bermasalah, namun jika ban tersebut masih dalam kondisi bagus apalagi masih baru dan hanya dalam beberapa hari setelah dipasang sudah kempes, dan ketika dibawa ke tukang tambal ban ternyata tidak ada yang bocor, maka besar kemungkinan penyebanya dikarenakan velgnya bermasalah.

Nah disini yang perlu perhatikan apakah sebelumnya anda menggunakan ban tube type atau menggunakan ban dalam sebelum menggantinya dengan ban tubles, karena jika velg yang sebelumnya digunakan untuk ban tube type, dan ingin diganti dengan ban tubles tidak ditangani dan dibersihkan terlebih dulu, akibatnya ban kendaraan anda akan tiba-tiba kempes dalam beberapa hari setelah dipasang.

Begitu juga velg yang sebelumnya sudah digunakan untuk ban tubles, tetap saja sebelum memasang ban baru harus diteliti dan dicek terlebih dahulu bagaimana kondisinya agar jangan sampai anda mengalami kejadian semacam ini, anda bisa meminta agar tukang tambal bannya mengontrol kondisi velgnya terlebih dahulu sebelum dipasangi ban baru.

Lalu bagaimana jika ban sudah terlanjur dipasang kemudian dalam beberapa hari setelah dipasang tiba-tiba kempes dan ketika dibawa ke tukang tambal ban ternyata tidak ditemukan bocornya. Untuk mengatasi masalah seperti ini sebenarnya cukup mudah dilakukan, mengenai cara-caranya adalah sebagai berikut :

Pertama-tama kita lihat bagaimana kondisi bannya, kalo kondisinya masih bagus atau masih baru dan tidak terkena benda-benda tajam seperti paku, potongan kawat atau pecahan kaca, maka kemungkinan besar dikarenakan velgnya bermasalah, cara memastikannya kita pompa terlebih dulu bannya untuk ban mobil paling tidak ban dipompa hingga ukuran tekanan anginya sekurang-kurangnya 60 psi.

Sedangkan untuk ban sepeda motor paling tidak 40 psi, mengapa harus dipompa cukup keras, hal ini dikarenakan dengan tekanan ban seperti diatas bocor sekecil apapun jika memang ada akan mudah terlihat dan terdeteksi. Setelah ban dipompa atau diberi tekanan seperti yang sudah saya sebutkan langkah selanjutnya adalah memberi air sabun pada area di sekitar pinggiran velg dan tunggu paling tidak 10 hingga 15 menit, karena jika bocornya sangat halus tidak akan langsung kelihatan tapi harus ditunggu beberapa saat.

Apabila sudah kelihatan bocornya dan sudah pasti karena velgnya yang bermasalah maka langkah-langkah untuk menanganinya adalah sebagai berikut : Pertama kita lepaskan terlebih dulu ban dari velgnya, kemudian kita bersihkan velgnya menggunakan amplas kasar, langkah selanjutnya berikan siler atau lem kaca, terakhir pasang kembali ban pada velgnya dan pompa dengan ukuran 55 psi untuk ban mobil, 35 untuk ban sepeda motor.

Biarkan ban dengan tekanan seperti itu paling tidak selama 2 hari baru kemudian dikempeskan sesuai dengan ukuran tekanan angin yang anda inginkan, hal ini perlu dilakukan dengan tujuan agar slier atau lem kaca yang kita oleskan pada velg benar-benar merekat dan menempel dengan baik.

Cara ini biasanya berhasil dengan baik untuk mengatasi bocor pada ban tubles yang disebabkan karena velgnya bermasalah, dengan catatan kondisi velgnya tidak terlalu parah, namun jika kondisi velgnya sudah sangat parah lebih baik jangan dipaksakan untuk ban tubles, tapi gunakanlah ban dalam saja.

Untuk pembahasan yang lebih lengkap mengenai cara mengatasi ban tubles yang bocor disebabkan karena velgnya bermasalah silahkan baca postingan sebelumnya mengenai " Cara Mengatasi Ban Tubles Bocor Pada Bagian Pelek  ".

Baiklah sobat semuanya, demikianlah sedikit informasi dan pembahasan Dukun Ban pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi anda semuanya. 


Postingan terkait:

19 Tanggapan untuk "Ban Tubles Tiba-Tiba Kempes Padahal Tidak Bocor"

  1. kalo saya masih menggunakan ban biasa aja mas.
    Itu bisa di atasi dengan lem ya pada velgnya. mas poniran banyak idenya juga. emang dasar dukun ban

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas pertama velgnya dibersihkan dulu pakai amplas kasar, baru kemudian diberi lem

      Delete
  2. Repot juga ya mas kalau nggak bocor tapi kempes melulu tapi sebenarnya ada solusinya spt yang disebutkan diatas

    ReplyDelete
    Replies
    1. bocor seperti ini memang sangat merepotkan mas, sebagai tukang tambal ban saya harus benar-benar teliti dan pelan-pelan jika menemukan ban yang seperti ini

      Delete
  3. nyimak dulu mas masalah seperti ini.
    kayaknya masalah langka ya mas..? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyakjuga kok mas kejadian seperti ini, apalagi pada ban tubles yang velgnya sudah bermasalah

      Delete
  4. Patut dibuat acuan Mas...
    Terima kasih atas share artikelnya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang betul mas, cara diatas menrupakan salah satu cara untuk mengatasi ban tubles bocor pada bagian velg, dan terbukti cukup ampuh

      Delete
  5. Replies
    1. Ini masalahnya ada pada velgnya, jadi sepertinya tire guard kurang efektif mas

      Delete
  6. Sangat memberi pencerahan mas, saya barusan ganti ban belakang motor saya velg 17 inc lebar 2.15 pakai ban tubeless110/70 tekanan angin ban yg dianjurkan 38psi , hari 3-4 kok terasa ban mudah melintir ndut ndutan klo dipakai menikung, hari 5 tau2 udh kempes

    Besok saya coba tipsnya mbah dukunban

    ReplyDelete
  7. Bagaimana kalau velgnya dalam keadaan baik ga ada kerusakan, dan ban sebelumnya dalam keadaan bagus, setelah ganti "pentil (ganti karena pemasangan asal asalan)" setelah di pasang yang ada ban setiap hari kempes dan harus dipompa.
    Saran dong gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita lihat dulu mas apakah pentilnya yang bermasalah atau tidak, jika karena pemasangan yang asal-asalan sehingga menyebabkan pentil rusak maka mau tidak mau harus diganti dengan pentil yang baru

      Delete
  8. Mas, kalau velg ban motor yang bawaan standarnya pake ban tube type, jika ingin diganti dengan ban tubeles. Rekomendasi atau tidak mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung velgnya mas, kalo velg jeruji kurang direkomendasikan, tapi kalo velg racing bisa saja kalo mau diganti menggunakan ban tubeless asal dibersihkan dulu velgnya sebelum dipasangi ban

      Delete
    2. Velg racing mas. Motor vario 2014. Soalnya saya ragu gitu mas, pernah baca katanya kalo velg ban bawaan TT berbeda dengan TL. Velg TT gak ada sisi penahan anginnya di bibir velg. Klo bersihinnya itu sisi velg bagian dalamnya aja mas? Pke amplas ukuran berapa kira2?

      Delete
  9. Mas, apa sih Sebenarnya penyebab pentil ban bisa rusak. Saya pernah ngalamin hal ini dua kali. Apakah hal ini ada hubungannya sama velg motor??

    ReplyDelete
  10. barusan unit motor saya ban belakang kempes , baru saya kompa lagi , malamnya kempes lagi , lalu saya cek di velg atau di ban keliatan baik" aja , dan cuma ada satu tambalan bekas paki , tetapi tambalannya mendelep tidak terlalu kedalam , ini solusinya gimana ya mnah

    ReplyDelete
  11. Artikelnya memberi pencerahan
    Saat ini saya sedang mengalaminya, baru di pompa kemarin hari ini udah kempes
    Bakal dicoba sarannya

    ReplyDelete