Cara Sederhana Mengatasi Ban Luar Mobil Berlubang Dibagian Samping


Masalah ban luar sobek dibagian samping sebenarnya merupakan hal yang lumrah terjadi dan sering dialami oleh para pengguna kendaran. Entah itu terjadi pada ban mobil ataupun pada ban sepeda motor, dan mungkin diantara sobat sekalian ada yang pernah mengalaminya.  

Mengapa ban luar bisa sobek atau berlubang dibagian samping ...? Kejadian seperti ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal misalnya saja menginjak lubang dijalanan, sering kurang angin, umur ban sudah terlalu tua, terkena benda-benda tajam dan lain-lain.


Bagaimana solusi jika mengalami kondisi seperti ini ...? Solusi paling mudah dan cepat untuk mengatasinya yaitu diganti dengan ban baru, maka permasalahan selesai. Namun jika kondisinya darurat misalnya pas kebetulun dana lagi mepet, atau karena kondisi ban tadi masih lumayan bagus sehingga sayang untuk diganti.

Maka mau tidak mau harus mencari solusi lain untuk mengatasinya jikalau ban yang sobek dibagian samping tadi ingin dipakai lagi, tapi tetap nyaman dan aman digunakan. Sebab jika ban tersebut tidak ditangani terlebih dahulu, jelas sangat beresiko dan berbahaya, karena bisa berakibat ban dalamnya mudah bocor dan bisa meletus sewaktu-waktu.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasinya ...? Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini :

1. Lepaskan Ban Luar Dari Velgnya

Agar bisa ditangani maka ban luarnya harus dilepaskan dari velgnya, caranya buang angin dari dalam ban, kemudian buka dengan alat bukaan ban. Keluarkan ban dalamnya dan lepaskan ban tersebut dari velgnya.


2. Jahit Menggunakan Benang Sepatu

Setelah ban dilepaskan dari velgnya, cari bagian yang sobek atau berlubang kemudian dijahit menggunakan benang dan jarum yang biasa digunakan untuk menjahit sepatu, perhatikan gambar dibawah ini untuk hasil akhir setelah ban selesai dijahit.


Agar bekas jahitan yang berada dibagian dalam tidak mengenai ban dalamnya dan menyebabkan ban dalam mudah bocor, maka bekas jahitan tadi harus ditutup menggunakan bekas ban dalam yang sudah tidak terpakai.

Caranya potong ban dalam bekas yang sudah tidak terpakai dengan bentuk bulat, buatlah beberapa potong dengan ukuran berbeda, besar dan kecil. Beri lem aibon atau lem castol pada potongan tersebut, kemudian disusun menjadi beberapa lapis paling tidak 3 lapis, dengan urutan potongan paling besar berada dibawah.


Beri lem pada bekas jahitan yang berada dibagian dalam, kemudian tempelkan potongan ban dalam tadi di atasnya, untuk menutup bekas jahitannya, dan pastikan sudah merekat dengan erat agar tidak mudah lepas.

3. Pasang Kembali Ban Luar Pada Velgnya

Langkah terakhir yang harus dilakukan yaitu memasang kembali velgnya kemudian diberi angin atau dipompa sesuai dengan tekanan yang dianjurkan.

Apakah cara ini bisa terapkan pada ban sepeda motor ...? Tentu saja cara ini bisa juga digunakan pada ban sepeda motor, dan untuk langkah-langkahnya secara garis besar sama dengan langkah-langkah yang sudah saya jelaskan diatas.

Demikianlah pembahasan mengenai cara sederhana mengatasi ban luar mobil sobek atau berlubang dibagian samping yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi sobat semuanya.


Postingan terkait:

19 Tanggapan untuk "Cara Sederhana Mengatasi Ban Luar Mobil Berlubang Dibagian Samping"

  1. Selain kreatif, hal itu bisa membantu bagi yang bannya bocor yah Mas Poniran, sebagai tukang tambal ban, memang perlu kreatif untuk menjaring pelanggan ya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak memang harus kreatif dan bisa menemukan ide ide baru saat mengatasi masalah

      Delete
    2. Untuk cewek wajib tahu ni mas?

      Delete
    3. Betul mas paling tidak bisa untuk pengetahuan

      Delete
  2. Makin kreatif aja nih mas poniran dalam menambal bannya, sukses selalu dahbuat mas Poniran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas, memang kadang kita dituntut harus kreatif saat melayani pelanggan agar mereka merasa senang dan puas dengan pekerjaan kita

      Delete
    2. Kepuasan pelangan memang segalanya ya mas, service yang baik pasti akan membuat pelangan semakin betah untuk selalu datang dan datang lagi.

      Delete
    3. betul mas bekerja dalam bidang menjual jasa memang harus mengutamakan kepuasan pelanggan demi kelangsungan usaha yang dikerjakan

      Delete
  3. Keren Mas... banyak tidak pernah kehabisan ide untuk memperbaiki ban...
    Sehingga pelangan-pun tidak harus beli ban yang baru ya...
    Sangat cocok agar pengeluaran si pemilik kendaraan tidak besar...
    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa buat tolongan saat kondisi darurat Mas

      Delete
  4. Untung yang punya mobilnya jadi ga perlu ganti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas bisa sedikit berhemat dan mengulur waktu pemakaian mas

      Delete
  5. Ternyata disol juga bisa mas, saya baru tau, okeh terima kasih mas untuk sharingnya sangat bermanfaat dan berguna sekali buat nanti jaga jaga apabila diperjalanan mengalami hal seperti ini.

    ReplyDelete
  6. nanti bisa praktek di rumah mas, baru tau kalau ternyata ban bisa di sol dengan benang sepatu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, dan ternyata cara ini cukup efektif untuk toloangan dan lumayan tahan lama

      Delete
  7. wah wah jadi kepengen segera punya mobil hihhihi. Memang dibutuhkan kreatifitas yang tinggi agar tidak selalu beli beli baru hihihi. Kreatif saya suka bangedsss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas kita memang harus kreatif agar bisa mengakali bara yang seharusnya tidak terpakai tapi bisa digunakan kembali

      Delete
  8. Saya kira kalau udah sobek dibagian samping udah nggak bisa dipakai lagi. Ternyata masih bisa diatasi dan digunakan ya mas. Boleh juga nih caranya dicoba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas dengan cara dijahit, pakai jarum dan benang sepatu

      Delete