Tambal Ban Online


Tidak pernah terpikirkan sebelumnya oleh saya bahwa usaha atau pekerjaan menambal ban bisa dipromosikan secara online menggunakan media internet, gagasan atau ide seperti ini baru terlintas dalam pikiran saya, setelah pada tanggal 13 Desember 2015, saya mendapatkan email dari salah satu pembaca blog Dukun Ban.

Setelah membaca email tersebut dan sempat juga saya berbincang-bincang dengan mereka melalui telepon, terlintas dalam pikiran saya mungkin untuk kedepannya ide tambal ban online benar-benar bisa di aplikasikan dan sekaligus dapat meningkatkan penghasilan para tukang tambal ban.


Sebagai contoh yang sudah direalisasikan adalah tukang ojek online atau lebih dikenal dengan sebutan Go-Jek, dimana para pengguna jasa tukang ojek online bisa memesan untuk menggunakan jasa mereka melalui sebuah aplikasi yang di instal pada smartphone atau Hp android.

Jadi jika kita ingin menggunakan jasa tukang ojek online tinggal pesan melalui aplikasi dan kita tinggal menunggu tukang ojeknya datang untuk mengatarkan kita ke tempat tujuan. Sistem tambal ban online cara kerjanya juga hampir sama dengan tukang ojek online.

Dimana jika ada pengguna kendaraan bannya bocor di tengah jalan, tinggal menghubungi para tukang tambal ban online melalui aplikasi seperti Go-jek, lalu para tukang tambal ban online tersebut akan mendatangi mereka untuk mengatasi masalah pada ban kendaraannya, jadi mereka tidak perlu mendorong sepeda motor atau membawa ban yang bocor tadi hingga berkilo-kilometer untuk sampai ke tempat tukang tambal ban.

Saya menyadari ide ini setelah memabaca tawaran kerja sama oleh perusahaan pembuat aplikasi, yang mana rencanannya aplikasi tersebut ditujukan untuk memberi kenyamanan dan kemudahan kepada para pengguna kendaraan, saat sedang melakukan perjalanan, salah satunya adalah mereka bisa menemukan bengkel tambal ban terdekat dengan aplikasi tersebut jika ban kendaraan mereka tiba-tiba bocor.

Dan tidak menutup kemungkinan untuk kedepannya bisa dikembangkan untuk meminta layanan jasa dari para tukang tambal ban, yang dapat dipanggil dan dihubungi secara online menggunakan sebuah aplikasi pada smartphone atau Hp android.

Kedengarannya memang hampir mustahil hal tersebut bisa direalisasikan, namun dengan perkembangan teknologi yang semakin maju saat ini, maka tidak menutup kemungkinan bahwa tukang tambal ban yang dapat dihubungi dan dipanggil secara online, suatu saat nanti dapat terlaksana.

Sebagai ilustrasi misalnya Si A sedang melakukan perjalanan menggunakan kendaran dan tiba-tiba saja ban kendaraannya bocor, dengan adanya aplikasi tersebut Si A bisa menemukan tukang tambal ban online terdekat, dan bisa meminta bantuan mereka untuk mengatasi masalah pada ban kendaraannya. 

Setelah menerima order yang dilakukan oleh Si A, maka dengan segera Tukang tambal ban online tersebut, akan mendatangi Si A dan menyelesaikan masalah yang terjadi pada ban kendaraannya. Jika dipikir-pikir cara seperti ini bisa menguntungkan ke 2 belah pihak baik Si A maupun tukang tambal bannya.

Karena Si A tidak perlu lagi repot-repot mendorong sepeda motor atau membawa ban yang bocor ke tukang tambal ban, dan bagi para tukang tambal ban bisa mendapatkan penghasilan lebih, kerena dengan mereka harus mendatangi pelanggannya, maka jelas ongkosnya akan jauh lebih mahal dari pada biasanya.

Memang ide ini menurut saya akan banyak membawa manfaat bagi mereka para pengguna kendaraan yang sedang melakukan perjalanan, namun disisi lain ada beberapa kendala untuk benar-benar merealisasikannya, diantaranya adalah cara ini mungkin hanya bisa digunakan pada ban sepada motor, yang mana untuk peralatannya bisa dibawa kemana-mana, karena tidak membutuhkan peralatan yang besar.

Namun beda lagi untuk ban mobil atau ban kendaraan besar seperti truck, dimana untuk menambal ban kendaraan besar jelas memerlukan peralatan besar, dan susah untuk dibawa kemana-mana, misalnya bak untuk merimbang dalam ukuran besar, alat bukaan ban mobil, dan kompresor apabila ukurannya besar.

Sebenarnya peralatan tersebut bisa diangkut menggunakan mobil, namun permasalahannya terletak pada biaya untuk transportasi, dimana biaya yang dikeluarkan tidak sesuai dengan ongkos jasa tambal bannya. Selain kendala tersebut, masih ada kendala lain untuk merealisasikan tambal ban online yaitu, belum banyak tukang tambal ban yang mengenal internet.

Baiklah sobat semuanya, demikianlah sedikit cerita mengenai ide atau gagasan seputar tukang tambal online pada kesempatan kali ini, semoga sedikit cerita ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan bagi para tukang tambal ban lainnya untuk lebih mengenal internet.


Postingan terkait:

6 Tanggapan untuk "Tambal Ban Online"

  1. Tambal ban usahamu
    Semoga sukses rezeki
    Salam kenal dariku
    Seorang pemilik blog puisi

    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam keenal juga, terima kasih mbak sudah mampir ke blog saya

      Delete
  2. Kayaknya terobosan yang bagus tuh mas, "Tukang Tambal Ban Online" Selain itu bila ada yang bannya bocor dan jauh dari tukang tambal ban, kan lebih enak tuh ndak perlu susah-susah ndorong kendaraan, tinggal oline aja dan tunggu ditempat tukang tambal bannya datang sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin suatu saat nanti bisa di realisasikan mas, paling tidk untuk radius 3 km

      Delete
  3. Secara teknis sangat mungkin bisa diwujudkan dimana nantinya tukang ban mendaftar menjadi tukang ban online permasalahannya biayanya karena jika mematok tarif umum misal 6 ribu untuk motor rasanya terlalu murah mungkin bisa dikombinasikan pelanggan bayar ongkos tambal ban dan bayar ongkos transport

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu memang benar sekali mas,dan jelas untuk tarif tukang panggilan jelas lebih mahal, karena ditambah ongkos atau biaya untuk transportasi

      Delete