Cara Mudah Mengatasi Dek Sepeda Motor Yang Berbunyi


Dek sepeda motor yang mengeluarkan bunyi berisik saat dikendarai, merupakan salah satu permasalahan yang sering timbul dan dialami oleh para pengguna kendaraan tersebut, apalagi jika digunakan untuk melintasi jalanan tidak rata, rusak atau jalanan berbatu, jelas sekali bunyinya akan terasa sangat mengganggu dan membuat kita menjadi kurang nyaman saat berkendara.

Permasalahan seperti ini bukan hanya dialami oleh beberapa orang pemilik dan pengguna sepeda motor, tapi banyak yang mengalaminya, begitu juga dengan saya. Sepeda motor milik saya, yang sering saya gunakan untuk aktifitas sehari-hari deknya mengeluarkan bunyi yang mengganggu dan berisik saat dikendarai pada jalanan berbatu, tidak rata ataupun jalanan yang rusak, terutama pada bagian kepala atau tutup lampu depannya.


Selain itu saat sepeda motor digunakan pada kecepatan agak tinggi dengan menarik gas agak besar, suaranya terdengar sangat jelas dan berisik. Memang hal ini tidak terlalu berbahaya dan tidak beresiko, namun jika dibiarkan, suara-suara berisik tersebut lama-lama akan semakin keras dan mengganggu pendengaran kita.

Baiklah sobat Dukun Ban semuanya, pada kesempatan ini saya ingin berbagi sedikit cerita dan informasi, mengenai cara mudah dan sederhana untuk mengatasi dek sepeda motor yang mengeluarkan bunyi dan suara berisik saat dikendarai.

Untuk menyingkat waktu, maka langsung saja berikut langkah-langkah dan cara mengatasi dek sepeda motor yang mengeluarkan suara berisik saat dikendarai.

Langkah Pertama, Saya tidak akan pernah bosan mengingatkan kepada sobat semuanya, bahwa langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memulai kegiatan atau pekerjaan bongkar pasang komponen kendaraan adalah mempersiapkan peralatan dan bahan yang akan digunakan.

Dalam hal ini peralatan dan bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut : Obeng bolak-balik plus dan minus, kalo tidak ada ya setidaknya siapkan obeng kembang atau plus ukuran sedang, kunci ring atau kunci T ukuran yang biasa dan banyak digunakan adalah 8, 10, dan 12.

Disamping peralatan diatas ada satu bahan lagi yang harus disediakan yaitu dobel tip kalo orang meyebutnya dengan solasi bolak-balik, gunakanlah dobel tip yang ada sponsnya dengan ketebalan kira-kira 2-3 mm.

Langkah Kedua, Setelah semua peralatan dan bahan yang dibutuhkan telah tersedia, sekarang kita beranjak pada langkah berikutnya yaitu mulai membongkar dek yang mengeluarkan bunyi, karena pada kesempatan kali ini saya mengatasi bunyi berisik pada dek bagian kepala atau tutup lampu depan, maka langkah pembongkaran yang saya lakukan adalah sebagai berikut.

Mencopot spion kiri dan kanan terlebih dahulu menggunakan kunci pas ukuran 14, kemudian membuka semua baut dek tutup lampu menggunakan obeng kembang atau obeng plus.


Langkah Ketiga, Buka dan cobot dek tutup lampu depan, kemudian lepaskan bagian tutup lampu yang mengeluarkan bunyi, selanjutnya dibersihkan menggunakan lap untuk menghilngkan kotoran dan debu yang menempel.



Langkah Keempat, Potong dobel tip kemudian tempelkan pada dek, ingat jangan copot semua perekatnya, cukup salah satu sisi yang akan ditempelkan pada dek saja.



Langkah Kelima, Pasang kembali semua komponen seperti semula dan kencang baut dek menggunakan obeng kembang hingga benar-benar kencang, tapi harus hati-hati saat melakukannya, kerena jika posisinya tidak pas bisa menyebabkan kepala baut menjadi rusak , sehingga nanti sulit untuk dibuka kembali.

Hal yang perlu diperhatikan saat memasang baut dek adalah pastikan bahwa semua baut sudah terpasang pada tempatnya, jangan sampai ada sisa baut yang belum terpasang.

Langkah Keenam, Pasang kembali spion kanan dan kiri seperti semula, kemudian kencangkan menggunakan kunci pas ukuran 14, agar tidak kendor saat sepeda motor digunakan.

Langkah Ketujuh, Lakukan uji coba apakah suara berisik yang berasal dari dek sudah teratasi dengan baik, caranya nyalakan sepeda motor kemudian tarik gas dengan agak besar agar getaran mesinnya terasa, dengarkan apakah bagian yang tadi berbunyi masih mengeluarkan suara berisik atau tidak, agar lebih yakin, jalankan sepeda motor untuk melintasi jalan berbatu dan tidak rata.

Untuk mengatasi dek sepeda motor mengeluarkan suara berisik saat dikendarai pada bagian yang lain, misalnya bagian samping atau sayap caranya sama seperti cara yang saya sampaikan diatas, mungkin langkah-langkahnya sedikit berbeda, namun pada dasarnya tetap sama.

Baiklah sobat demikianlah sedikit informasi mengenai cara mengatasi dek sepeda motor yang mengeluarkan bunyi dan suara berisik saat dikendarai, semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan berguna bagi anda semuanya.


Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Cara Mudah Mengatasi Dek Sepeda Motor Yang Berbunyi"

  1. Dek speda motor berisik memang nggak enak jadi buyar konsen nyetirnya,cara diatas cukup baik untuk mengatasi masalah tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas dan cukup ampuh untuk mengatasi masalah dek yang berisik

      Delete