Cara Mudah Mengganti Oli Transmisi Motor Matic


Melakukan perawatan terhadap sepeda motor memang harus dilakukan secara rutin dan berkala, tujuanya agar kendaraan milik anda selalu terjaga dalam kondisi prima, siap digunakan dan jarang bermasalah. Nah seperti kita ketahui bahwa salah satu perawatan terhadap sepeda motor yang perlu dilakukan oleh para penggunannya adalah mengganti oli secara rutin dan berkala.

Mungkin untuk sepeda motor jenis bebek ataupun jenis sport, kita hanya perlu melalukan penggantian oli mesin secara berkala, namun berbeda dengan sepeda motor jenis matic seperti Vario, Beat, Mio atau motor matic lainnya, karena selain perlu melakukan penggatian oli mesin secara berkala, kita juga perlu melakukan penggatian secara rutin dan berkala untuk oli transmisinya.


Oli transmisi atau sering disebut oli gardan pada sepeda motor jenis matic berfungsi sebagai pelumas dan melindungi roda gigi agar tidak terjadi aus, maka dari itu oli gardan atau oli transmisi juga perlu dilakukan penggantian secara rutin dan berkala sama seperti oli mesin, agar sepeda motor anda lebih nyaman saat dikendaraai dan masksimal kinerjanya.

Mengapa anda perlu melakukannya secara rutin dan berkala ...?? Karena jika oli transmisi dibiarkan terlalu lama dan tidak diganti, hal tersebut akan mengakibatkan pelumasan didalam bak transmisi menjadi sangat minim, sehingga timbul suara kasar dan akhirnya menyebabkan kerusakan pada komponen gigi transmisi.

Kapan perlu dilakukan penggantian oli transmisi ...?? Oli transmisi masih cukup baik digunakan hingga 10.000 Km, namun akan lebih baik jika diganti sebelum sepeda motor anda digunakan untuk berjalan sejauh 10.000 Km, paling tidak lakukanlah penggantian oli transmisi setiap 5.000 Km - 7.000 Km.

Bagaimana cara mengganti oli transmisi ...?? Sebenarnya cara mengganti oli transmisi pada motor matic sangat lah mudah, dan saya yakin anda pasti bisa melakukannya sendiri. Nah untuk menyingkat waktu berikut cara mengganti oli transmisi pada motor matic, mungkin sobat semuanya ingin mencoba melakukannya sendiri dirumah.

Langkah Pertama, Seperti biasa kita persiapkan semua peralatan yang dibutuhkan yaitu kunci T atau kunci ring ukuran 12, lap, wadah untuk menampung oli bekas ditambah oli transmisi baru.

Langkah Kedua, tempatkan sepeda motor ditempat yang datar dan rata kemudian turunkan standar tengahnya.

Langkah Ketiga, Buka baut pembuangan oli dan baut untuk memasukan oli menggunakan kunci T atau kunci ring ukuran 12 dan tempatkan wadah penampung oli bekas di bawahnya, pada kesempatan kali ini sebagai contoh kita mengganti oli transmisi pada Honda Vario, untuk baut pembuangan posisinya yang ada dibawah dan untuk mengisi oli yang ada di atas.


Langkah Keempat, Miringkan sepeda motor untuk mengeluarkan semua  oli bekas dari dalam bak transmisi dengan cara menurunkan standar sampingnya sebagai penyangga, atau bisa juga anda memeganginya, pastikan hingga oli bekas benar-benar bersih dan sudah keluar semua.

Agar lebih maksimal anda bisa menggunakan kompresor untuk menyemprot dan membersihkan oli bekas dari dalam bak transmisi.

Langkah Kelima, Pasang kembali baut pembuangan oli dan kencangkan, kemudian isikan oli transmisi baru melalui lubang pengisian dan pasang kembali baut penutupnya hingga kencang.

Untuk sepeda motor matic seperti vario, mio, beat cukup diisi dengan satu botol oli transmisi, sedangkan untuk  xeon bisanya membutuhkan 2 botol oli transmisi.

Baiklah sobat demikianlah pembahasan mengenai cara mudah mengganti oli transmisi motor matic pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi anda semuanya.


Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Cara Mudah Mengganti Oli Transmisi Motor Matic"

  1. Cukup Membantu terutama yang memiliki motor matic biar bisa mengganti oli transmisnya sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan sebenarnya cara melakukannya pun sangat mudah

      Delete
  2. bisa di coba untuk kali nini di rumah. cari kuncinya dulu

    ReplyDelete