Perlengkapan Tambal Ban


Sebelum kita memutuskan untuk membuka dan menjalankan usaha bengkel tambal ban, ada beberapa hal yang diperlukan dan harus ada untuk mendukung usaha tersebut, diantaranya adalah ketrampilan, tempat usaha dan peralatan.

Jika pada postingan sebelumnya mengenai "  Peluang Usaha Tambal Ban  ", telah sedikit saya singgung tentang beberapa perlengkapan yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha bengkel tambal ban.

Maka pada postingan kali ini saya akan membahasnya kembali dengan sedikit lebih lengkap, agar anda bisa mengenal dan mengetahui perlengkapan apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha bengkel tambal ban, serta fungsi dan kegunaan dari perlengkapan tersebut.



Apabila anda berniat membuka usaha bengkel tambal ban, maka sebelum anda memulai usaha ini, ada baiknya apabila anda mengetahui dan mengenal beberapa perlengkapan berikut.



1. Pompa Atau Kompresor

Dalam usaha bengkel tambal ban, pompa atau kompresor merupakan peralatan utama dan harus ada, artinya anda tidak akan bisa berkerja jika peralatan ini tidak ada.

Apabila anda membuka usaha bengkel tambal ban dalam skala kecil ( hanya menambal ban sepeda dan sepeda motor ), anda bisa menggunakan pompa manual untuk mengisi angin.

Tapi jika usaha bengkel tambal ban anda juga melayani ban mobil dan truck, maka anda harus menyediakan kompresor, setidaknya dengan ukuran minimal 2 PK atau lebih.

Menurut saya akan lebih baik jika anda menggunakan kompresor saja, entah usaha bengkel tambal ban yang anda kelola dalam skala kecil ataupun dalam skala besar.

2. Alat Press

Alat press adalah perlengkapan tambal ban yang berfungsi untuk mengepress bagian ban yang ingin ditambal. Mengenai alat press ini anda bisa membeli atau membuatnya sendiri dengan meminta bantuan tukang las.

3. Bak Untuk Merimbang Ban

Dalam usaha bengkel tambal ban, salah satu perlengkapan yang dibutuhkan adalah bak untuk merimbang ban. Untuk merimbang ban kecil ( sepeda dan sepeda motor ) anda bisa menggunakan bak plastik atau ember.

Sedangkan untuk merimbang ban mobil atau ban truck anda memerlukan bak dengan ukuran lebih besar. Anda bisa membuat bak tersebut menggunakan drum bekas atau membuatnya secara permanen menggunakan batu bata, pasir dan semen.

4. Karet Penambal

Karet penambal atau biasa disebut kompon didaerah saya, merupakan bahan baku dalam usaha bengkel tambal ban, untuk mendapatkannya anda bisa membelinya pada tukang vulkanisir ban, atau bisa juga membeli keret penambal tersebut pada toko-toko onderdil di daerah anda.

Karet kompon atau rubber compound adalah material karet hitam, menurut pendapat saya adalah karet setengah matang, yang apabila dipanaskan dalam kurun waktu tertentu akan melekat pada ban, guna menutup bagian ban yang bocor.

5. Lem

Untuk tambal ban yang menggunakan Karet penambal atau kompon, lem yang digunakan bisanya adalah dari kompon yang dipotong kecil-kecil kemudian dicampur dengan besin agar larut menjadi lem.

Kadang-kadang kita juga membutuhkan lem seperti aibon, castol atau lem fox, tapi pada umumnya lem yang paling sering digunakan adalah lem yang terbuat dari karet penambal atau kompon yang dicampur dengan bensin.

6. Patar Kayu

Fungsi dari patar kayu adalah sebagai alat pengerok untuk membersihkan bagian ban dalam yang akan ditambal, agar saat proses pengepresan antara ban dalam dan karet kompon bisa benar-benar menyatu dengan baik.

Sebenarnya selain menggunakan patar kayu untuk mengerok bagian yang akan ditambal, bisa juga menggunakan alat lain seperti gergaji besi, atau menggunakan kaleng bekas yang dilubangi dengan paku kecil-kecil seperti parut.

Dari pengalaman saya selama menjadi tukang tambal ban, membersihkan ban sebelum ditambal menggunakan patar kayu hasilnya lebih bagus dari pada menggunakan gergaji besi atau alat lainnya, selain itu tidak menyebabkan ban dalam menjadi rusak.

7. Perlengkapan Lainnya

Berhubung perlengkapan untuk memulai usaha tambal ban cukup banyak dan tidak memungkinkan untuk saya bahas semuanya secara keseluruhan satu per satu. Maka untuk perlengkapan lainnya saya akan bahas secara singkat saja.

Perlengkapan lain yang dibutuhkan dalam usaha bengkel tambal ban diantaranya adalah sebagai berikut, Sendok Ban fungsinya untuk membuka ban luar dari velg untuk mengeluarkan ban dalam yang akan ditambal.

Kunci Pentil fungsinya untuk mengendorkan dan mengencangkan pentil, Kunci Ring dan Pas, seorang tukang tambal kadang-kadang harus mengganti ban dalam atau ban luarnya, untuk melakukannya diperlukan seperangkat kunci Ring ataupun kunci pas.

Selain beberapa perlengkapan diatas, untuk menjalankan usaha bengkel tambal ban, masih ada beberapa perlengkapan lain yang juga sangat diperlukan diantaranya tang untuk mencabut paku atau benda tajam yang menempel pada ban luar, gunting untuk memotong karet kompon dan alat pengukur tekanan ban untuk mengukur tekanan angin pada ban.

Demikianlah beberpa perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuka usaha bengkel, semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk anda.


Postingan terkait:

5 Tanggapan untuk "Perlengkapan Tambal Ban"

  1. Patar kayu gambarnya seperti apa..saya biasa pake amplas yg di lem ke pipa.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. patar kayu, seperti kikir besi mas, cuma lebih kasar dari pada kikir besi

      Delete