Kunci Sederhana Dalam Berwirausaha


Apa kabar Sobat Semuanya...?

Saya berharap semoga anda semua selalu dalam keadaan sehat tanpa kurang suatu apapun, Amin.

Wirausaha banyak sekali macamnya, mulai dari berdagang, menjual jasa, ataupun menjadi tukang tambal seperti saya. Artinya kita bekerja sendiri tanpa terikat dengan orang lain ataupun instansi tertentu.

Memang tidak seperti orang yang bekerja dikantoran, atau bekerja kepada orang lain dimana, gaji kita sudah ditentukan, entah seminggu sekali, dua minggu sekali atau sebulan sekali. Menjadi seorang wirausaha kita sama halnya kita menunggu hasil yang belum pasti, sekarang dapat besok bisa tidak, atau sekarang sedikit, besok bisa mendapatkan rejeki banyak.


Orang jawa mengatakan, adang-adang ( Menghadang ) artinya menunggu, jika kita menjadi pedagang kita menunggu pembeli, kalo seperti saya jelas menunggu orang yang ban kendaraannya bocor. Intinya kita tidak bisa memastikan berapa penghasilan kita setiap harinya atau dalam waktu satu bulan.

Berbeda dengan kita bekerja di pabrik atau di perusahaan-perusahan lainnya, dimana kita sudah mengetahui berapa gaji kita dalam satu bulan. Meskipun begitu kita jangan merasa kuatir karena rejeki sudah ada yang mengaturnya, jadi kita tinggal berusaha untuk menjemput rejeki tersebut.

Ngomong-ngomong soal berwirausaha saya ada beberapa tips sederhana, tips tersebut saya dapatkan dari salah seorang kakek saya yang juga berwirausaha menjadi pedagang hewan ternak, apa sajahkah tips tersebut :

1. Bangun Pagi Dan Berdoa

Berdoa sebelum kita melakukan suatu pekerjaan ataupun aktifitas lainnya, sebenarnya sangat penting, namun sayang kebanyakan orang kurang memperhatikan hal tersebut, karena saya juga demikian, tapi setelah dipikir-pikir ada baiknya dan justru hal tersebut sangat baik, apabila kita selalu membiasakan diri untuk berdoa sebelum bekerja atau melakukan aktifitas lainnya.

Kita harus percaya bahwa Rejeki sudah ada yang mengatur dan menentukannya. Tuhan telah mengatur semua itu, artinya rejeki tidak akan pernah tertukar. Maka dari itu sebelum kita pergi bekerja untuk menjemput rejeki, usahakan setiap kali kita bangun dipagi hari, sempatkanlah untuk berdoa, memohon dan meminta agar diberi kemudahan dan kelancaran menjalankan segala aktifitas, sesuai dengan kepercayaan masing-masing.

2. Berusaha Dengan Maksimal

Setelah kita meminta dan memohon kepada Tuhan, agar kita diberi kemudahan dan kelancaran untuk menjemput rejeki, tentu kita harus berusaha dengan maskimal. Artinya meski rejeki sudah diatur dan ditentukan oleh Tuhan, namun tidak mungkin rejeki akan datang dengan sendirinya, harus ada usaha dan upaya untuk menjempet rejeki tersebut.

Sebagai contoh apa yang saya alami selama menekuni profesi tukang tambal ban, kadang dari pagi hingga siang hari belum ada satupun pelanggan yang datang ketempat saya, jika saya menyerah dan memutuskan untuk tutup karena merasa sepi mungkin saya tidak akan mendapat hasil apa-apa.

Berbeda jika saya bertahan dan menunggu hingga sore, mungkin hasilnya akan berbeda, karena mungkin rejeki saya pada hari itu datang pada waktu sore hari. Maka dari itu dalam mejalani profesi sebagai seorang wirausaha, kita harus mau berusaha dengan maksimal dan tidak mudah menyerah, meski apa yang kita kerjakan saat ini belum memberikan hasil.

3. Yakin 

Setelah anda berdoa dan berusaha, maka kunci selanjutnya dalam berwirausaha adalah yakin, artinya kita harus memiliki keyakinan bahwa setiap manusia sudah diatur dan ditentukan rejekinya oleh Tuhan. Jadi tidak perlu mersa kuatir karena kita pasti akan mendapatkannya.

Asalkan kita mau berusaha dan bekerja pasti akan mendapatkan hasil, entah berapapun yang kita dapatkan pada hari itu, yang penting harus kita terima dengan rasa ikhlas dan syukur.

Baiklah sobat semuanya, demikianlah sedikit informasi yang dapat saya sampaikan pada kesempatakan kali ini, semoga saja apa yang saya tulis pada postingan kali ini bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semuanya.


Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Kunci Sederhana Dalam Berwirausaha"

  1. dan lagi, berani mengambil resiko, tetap semangat dan jangan mudah untuk putus asa :D
    thanks gan infonya...

    ReplyDelete
  2. Betul gan, dengan keyakinan bahwa tuhan pasti akan memberikan jalan untuksetiap masalah yang kita hadapi, maka kita harus tetap semangat dan tidak mudah menyerah, juga harus berani mengambil resiko yang terukur

    ReplyDelete