Langkah Sederhana Melakukan Blogging Ala Tukang Tambal Ban


Bagaimana sich melakukan blogging...?

Untuk menjawab pertanyaan diatas sebenarnya saya sendiri merasa bingung harus memberikan jawaban seperti apa dan bagaimana, kerena saya memang tidak memiliki pengetahuan yang cukup untuk menjelasakan tentang bagaimana memulai blogging dan hal-hal apa saja yang perlu dilakukan.

Apalagi kalo disuruh mejelaskan secara rinci dan mendetail, jujur saja saya akan memilih untuk angkat tangan dan angkat kaki, dari pada nanti salah memberikan penjelasan. Tapi kalo menjelaskan ala kadarnya menurut pengetahuan dan kemampuan saya sih gak masalah, insya allah saya akan mencoba dan berusaha melakukannya.

Pada jaman dahulu, pastinya bukan jaman majapahit apalagi jaman prasejarah, saya pernah mencoba dan iseng-iseng membuat blog, biarpun pada akhiranya blog tersebut berhenti ditengah jalan, terlantar dan tidak terurus.

Dan lebih parahnya lagi saya sendiri lupa alamat email dan passwordnya, masih beruntung blog tersebut, karena ada juga beberapa blog yang akhirnya saya hapus dan hilang dari peredaran, hehehe. Kalo ditanya apa tidak sayang blog tersebut di hapus...? Sebenarnya sih sayang juga, sudah capek-capek membuat blog, akhirnya  malah dihapus.


Tapi mau bagimana lagi, saya sendiri tidak bisa melanjutkannya, sebenarnya sih bukan tidak bisa tapi penyakit malas saya mengalahkan segalanya. Beruntung hal tersebut tidak membuat saya berkecil hati dan kehilangan semangat untuk ngeblog.

Meski terpedaya rasa malas yang melanda jiwa untuk melanjutkan blog sebelumnya, tapi jauh dari lubuk hati yang paling dalam, saya semakin tertarik dan penasaran dengan dunia blogging. Meski blog-blog sebelumnya, menjadi korban penghapusan. 

Namun keinginan dan semangat untuk ngeblog tetap membara dalam dada, maka dari itu berbekal semangat membara, laksana semangat 45, saya memutuskan untuk kembali terjun kedalam rimba perbloggingan dan membuat blog baru.

Hingga pada suatu saat terciptalah blog ini dengan alamat dukunban.blogspot.com, jujur dengan bekal pengetahuan dan kemampuan yang sangat minim, saya akui memang tidak begitu mengetahui tentang apa itu blogging. Tapi pengalaman-pengalaman sebelumnya telah mengajarkan kepada saya, sehingga saya bisa menyimpulkan, bahwa blogger pemula seperti saya, ada baiknya melakukan beberapa langkah sederhana berikut untuk memulai blogging.

1. Menentukan Tujuan Anda Melakukan Blogging

Awalnya saya tidak begitu memperhatikan tentang tujuan saya melakukan blogging, bisa dibilang sekedar ikut-ikutan dan tidak memiliki tujuan jelas. Maka jangan heran, apabila langkah saya berhenti ditengah jalan, malas, tidak tahu harus bagaimana, bingung, dan bosan.

Apa sepenting itukah tujuan dari kegiatan blogging...?

Sekarang saya baru menyadarinya, bahwa menentukan tujuan sebelum melakukan kegiatan blogging memiliki peran yang sangat penting. Tujuan merupakan target yang ingin kita capai dalam melakukan suatu kegiatan, entah itu target jangka panjang ataupun jangka pendek. Dengan memiliki tujuan, kita bisa lebih fokus dan memiliki motivasi, agar apa yang kita inginkan bisa terwujud.

Jika ditanya apa tujuan saya melakukan blogging saat ini...? Tujuan saya adalah :
    • Yang Pertama, untuk mengisi waktu luang sambil menunggu pelanggan atau orang yang ingin menambal ban di bengkel saya.
    • Yang Kedua, untuk melatih kemampuan menulis, sekaligus berbagi pengalaman seputar tambal  ban.
    • Yang Ketiga, berbagi cerita mengenai hal-hal yang saya alami dan saya lakukan selama menjalani profesi sebagai tukang tambal  ban.
    • Yang Keempat, Menambah pengetahuan, pengalaman, wawasan dan informasi, sekaligus menjalin silaturahmi dan menambah teman, dengan cara melakukan blogwalking.
    • Yang Kelima, bisa memiliki blog yang dikenal oleh orang lain dan semoga saja blog tersebut bisa membawa manfaat untuk mereka.
    Nah itulah beberapa tujuan saya melakukan kegiatan blogging, apakah saya tidak memiliki keinginan untuk bisa menghasilkan uang dari blog...? Jika ditanya seperti tentu saja saya memilikinya, siapa sih yang tidak mau mendapat penghasilan dari blog, tapi tunggu sebentar karena menghasilkan uang dari blog, bagi saya adalah tujuan paling akhir dan sebagi target jangka panjang.

    Kok bisa begitu...? Apa alasanya...? alasan saya sederhana, karena menghasilkan uang dari blog tidaklah semudah yang kita lihat, ada banyak hal yang harus saya pelajari terlebih dahulu, selain itu masih ada banyak pekerjaan yang harus saya lakukan sebelum bisa sampai kesana. Sedangkan saat ini saya hanyalah seorang bloger pemula dengan kemampuan dan pengetahuan minim.

    Jika saat ini saya memaksakan diri untuk itu, bisa-bisa malah berakhir dengan tidak baik nantinya.

    Jadi apabila anda saat ini adalah blogger pemula seperti saya, sebaiknya  santai saja melakukan kegiatan blogging, biarlah semuanya mengalir seperti air, yang terpenting fokus dulu untuk membangun blog, mengisi blog dengan konten, dan buatlah blog anda dikenal banyak orang terlebih dahulu, jika sudah saatnya, maka bukan hal yang mustahil saat itu saya dan juga anda, akan bisa menghasilkan uang dari blog.


    2. Menentukan Topik Atau Tema Blog

    Apa tidak terlihat lucu, kalo blog kok tidak ada isinya, paling tidak isilah blog tersebut dengan sedikit kata-kata, nah disinilah pentingnya menentukan tema untuk blog, karena dari tema tersebut, anda bisa menemukan atau menggali ide untuk menulis artikel atau konten.

    Apakah sajakah tema atau topik untuk membuat blog...? Sebenarnya ada banyak sekali tema yang bisa anda bahas, dan itupu terserah anda untuk menentukannya, Tapi alangkah baiknya, jika dalam menentukan tema atau topik untuk blog setidaknya mengenai :

    Hal-hal yang anda sukai atau memiliki minat terhadap hal tersebut, seputar hobi atau kegemaran anda, hal-hal yang anda kuasai dan mengetahui tentang hal tersebut atau hal-hal yang masih baru dan anda mau belajar tentang hal tersebut, atau mencari informasi tentang hal yang akan bahas, meskipun anda belum menguasainya.

    Pada awalnya saya juga mengalami kebingungan dalam menentukan topik atau tema tersebut, sebagai contoh saya membuat blog dengan topik yang tidak saya kuasai, atau saya belum memiliki pengalaman tentang hal tersebut.

    Memang sih tidak masalah, asalkan kita mau mencari tahu dan mau belajar mengenai topik tersebut, tapi dari pengalaman saya membahas topik yang tidak saya kuasai membuat kegiatan blogging saya sebelumnya berhenti di tengah jalan.

    Maka dari itu sekarang saya memilih topik tentang tambal ban, karena apa, pekerjaan menambal ban adalah profesi saya sehari-hari, dengan begitu maka sedikit banyak saya memiliki pengalaman tentang tambal ban. Jadi anda bisa juga membuat blog dengan topik tentang seputar pekerjaan atau profesi anda masing-masing.

    3. Memilih Platform Untuk Blog Anda

    Setelah memiliki tujuan dan menemukan topik yang akan di bahas dalam blog anda, maka langkah sederhana selanjutnya adalah menentukan atau memilih platform atau penyedia layanan untuk membuat blog.

    Sekarang ada begitu banyak platform yang menyediakan layanan untuk membuat blog, misalnya blogspot, wordpress, tumblr atau yang lainnya. Anda bisa memilih platform mana saja sesuai dengan selera dan kesukaan anda, tapi bagi saya yang masih pemula ini lebih memilih blogspot sebagai platform pilihan.

    Alasannya blogspot lebih mudah dipahami dan mudah pula untuk mengedit atau mengganti templatenya, secara sederhana blogspot lebih mudah digunakan, sekalipun anda masih pemula.

    4. Mulai Melakukan Kegiatan Blogging

    Kegiatan blogging menurut saya adalah kegiatan menulis atau membuat artikel kemudian mempublikasikan artikel tersebut untuk dibaca oleh orang lain. Maka dari itu setelah anda memiliki tujuan, menentukan tema dan memilih platform blog, sampai disini artinya anda sudah memiliki sebuah blog, dan tinggal mengisi blog tersebut dengan artikel atau konten.

    Artinya untuk memulai kegiatan blogging, anda harus menulis artikel untuk mengisi blog tersebut. Anda bisa melakukan update atau menulis dan mempublikasikan artikel setiap hari, akan tetapi jika belum bisa melakukannya, setidaknya anda bisa menulis artikel seminggu sekali atau sebulan sekali, yang terpenting blog milik anda tetap di update.

    5. Memprosikan Blog Milik Anda

    Setelah anda memiliki blog, dan anda pun telah mengisinya dengan artikel atau konten, agar apa yang anda tulis dalam blog tersebut bisa dilihat dan dibaca oleh orang lain serta bisa membawa manfaat untuk mereka, tentu saja anda harus membuat blog tersebut dikenal dan diketahui oleh orang lain.

    Caranya adalah dengan mempromosikannya diberbagai media, misalnya promosi blog melalui sosial media seperti facebook, twitter, google+ atau yang lainya. Bisa juga melakukan promosi dengan menggunakan sosial bookmark, melakukan blogwaalking dan menjalin silaturahmi dengan blogger lain, dan boleh juga anda mempromosikan blog secara offline kepada teman, saudara, atau tetangga anda.

    Demikianlah beberapa langkah sederhana melakukan kegiatan blogging, harapan saya semoga sedikit informasi dari saya ini bisa membantu, berguna dan dapat membawa manfaat bagi anda semuanya.


    Postingan terkait:

    4 Tanggapan untuk "Langkah Sederhana Melakukan Blogging Ala Tukang Tambal Ban"

    1. kalo boleh jujur, baru kali ini deh gue nemu tukang tmbal ban yg jago nulis.hehe
      gaya bahasa ringan dan mudah dipahami :D
      semngat terus mas buat ngeblog, dan sukses selalu buat mas poniran :)

      ReplyDelete
    2. makasih gan, saya juga masih belajar, masih belum banyak yang saya ketahu tentang bloging, ma kasih sudah mampir, mari kita belajar bersama-sama biar tambah semangat

      ReplyDelete
    3. Kurang lebih sama seperti saya, pada awalnya bingung sendiri apa tujuan ngeblog, sampai-sampai blog-blog saya pada nggak keurus, akhirnya saya konsen di blo mas hendra ini.

      Kalo berbicara masalah tema, sepertinya tema blog saya masih gado-gado mas, jauh berbeda sama mas Poniran yang jago dalam urusan ban. Tentu jadi kelebihan tersendiri, nggak bingung mau nulis apa, soalnya keahliannya bisa ditulis ke dalam blog.

      Siiplah, semangat ngeblog!!

      ReplyDelete
      Replies
      1. gak masalah mas bikin blog gado-gado, yang penting kita memiliki ide buat menulis, karena ngeblog tujuannya untuk mengelurakan isi pikiran kita, jadi menurut saya buat blog gado-gado gak jadi soal, tetep semangat mas ngeblognya

        Delete