Lakukan 5 Hal Ini Agar Penghasilan Usaha Bengkel Tambal Ban Semakin Meningkat


Sobat Dukun Ban semuanya, jika ada diantara anda yang berprofesi sama seperti saya yaitu sebagai tukang tambal ban, atau mungkin ada diantara anda yang tertarik untuk membuka usaha bengkel tambal ban seperti saya, anda tentu tahu kalo usaha bengkel tambal ban sekarang ini cukup banyak diminati.

Hal ini bisa anda lihat dengan semakin banyaknya usaha-usaha bengkel tambal ban yang ada disekitar anda sekarang ini, sebagai contoh di daerah sekitar tempat usaha saya, jika dulu hanya ada beberapa usaha bengkel tambal ban, tapi sekarang sudah ada lebih dari 10 usaha bengkel tambal ban dalam radius 2 Km.


Salah satu alasan mengapa semakin banyak yang tertarik membuka usaha bengkel tambal ban, yaitu dikarenakan semakin banyaknya jumlah kendaraan yang ada sekarang ini, dimana  semakin banyak kendaran yang ada, maka semakin banyak yang membutuhkan jasa tukang tambal ban, entah itu untuk menambal ban atau mengganti ban.

Artinya semakin banyak yang membuka usaha bengkel tambal ban, maka secara otomatis akan membuat persaingan antar bengkel tambal ban semakin ketat. Memang yang namanya hidup harus bersaing dengan kompetitor yang lain, namun yang perlu diperhatikan kita harus bisa bersaing secara sehat dan tidak merugikan orang lain.

Ditengah persaingan yang semakin ketat dan semakin banyaknya usaha-usaha bengkel tambal tambal ban yang menjadi pesaing kita, agar usaha kita tetap disukai oleh pelanggan dan penghasilan bisa tetap stabil bahkan bisa meningkat, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengelola usaha tambal ban yaitu sebagai berikut.

1. Menjaga Kualitas

Bagaimana usaha kita akan tetap diminati dan memiliki banyak pelanggan, hal pertama yang harus kita lakukan adalah menjaga kualitas, yaitu kualitas pelayanan kita kepada pelanggan juga kualitas hasil tambalan yang kita lakukan.

Jika kita selalu memberikan pelayanan yang baik dan ramah kepada pelanggan ditambah lagi kualitas hasil tambalan yang kita lakukan terbukti bagus, kuat dan tidak mudah jebol, maka biarpun ada banyak usaha bengkel tambal ban di sekitar kita, bengkel kita pasti akan menjadi pilihan.

2. Memberikan Lebih Kepada Pelanggan

Jika kita selalu memberikan lebih kepada pelanggan, maka pelanggan akan memberikan lebih kepada kita, memberikan lebih kepada pelanggan artinya kita memberikan layanan ekstra diluar tambal ban tanpa meminta ongkos tambahan.

Sebagai contoh misalnya ada pelanggan yang menambal ban sepeda motor, kemudian kita melihat rantainya kendor atau kering, kita bisa memberikan layanan ekstra dengan mengencangkan rantai dan sekaligus memberi pelumas pada rantai tersebut.

Selain itu misalnya ada pelanggan yang menambal ban mobil, kita bisa memberikan layanan ekstra dengan membantu memasang ban tersebut, meskipun yang kita lakukan adalah hal-hal sederhana tapi hal tersebut akan menjadi nilai lebih untuk kita di mata para pelanggan, sehingga akan membuat pelanggan merasa puas dan senang dengan pekerjaan kita.

3. Buka Lebih Pagi Dan Tutup Hingga Malam

Kita tidak tahu kapan akan ada pelanggan yang datang ke bengkel kita, bisa saja datang pagi, bisa juga datang malam hari, maka dari itu usahakan untuk membuka bengkel lebih pagi dan tutup hingga malam hari, sebab jika sudah terbiasa dan mapan bengkel kita akan menjadi pilihan apabila ada pelanggan yang ban kendaraannya bocor pagi hari atau bocor pada malam hari.

4. Lakukan Pekerjaan Sambilan / Usaha Sampingan

Melakukan pekerjaan sambilan atau usaha sampingan terbukti bisa meningkatkan atau menambah penghasilan kita, namun dalam memilih usaha sambilan atau pekerjaan sampingan usahakan yang dapat dikerjakan tanpa mengganggu pekerjaan utama.

Nah berikut ini beberapa usaha atau pekerjaan yang bisa kita kerjakan sebagai sampingan sambil tetap malakukan pekerjaan sebagai tukang tambal ban.

a. Service Dongkrak

Dongkrak menrupakan salah satu perlengkapan standar yang ada pada setiap mobil, dimana alat tersebut lama kelamaan pasti akan rusak sehingga butuh diservis atau diperbaiki agar dapat digunakan kembali, nah jika kita bisa melakukannnya maka jika ada pelanggan yang dongkraknya rusak kita bisa menwarkan jasa service dongkrak kepada mereka.

b. Jasa Ganti Oli

Selain tambal ban kita bisa juga menyediakan jasa ganti oli baik untuk sepeda motor ataupun mobil, dimana perkejaan mengganti oli bisa dikatakan sangat mudah dilakukan, dan disamping itu kita juga bisa mendapatkan keuntungan dari oli bekanya, karena oli bekas tersebut laku dijual dengan harga antara Rp 3.000 - Rp 5.000 per liternya.

c. Stel Velg ( Pelek )

Meskipun banyak yang membuka usaha bengekel tambal namun belum banyak yang menyediakan jasa stel velg, maka dari itu untuk meningkatkan penghasilan usaha bengkel tambal ban, bisa juga menyediakan jasa stel velg, dimana pekerjaan ini sebenarnya cukup mudah yang penting butuh ketelitian dan kesabaran saat melakukannya.

d. Pembuatan Karet Stoper Per Truck

Meskipun sudah ada karet stroper bawan pabrik pada setiap mobil truck, namun karet stoper buatan, yang dibuat dari ban truck bekas terbukti lebih awet dan lebih tahan lama dari pada karet stoper buatan pabrik, sehingga banyak para pengguna mobil truck yang memilih karet stoper dari ban truck bekas.

Maka dari itu pembuatan karet stoper per dari ban truck bekas bisa kita jadikan sebagai pekerjaan sampingan untuk meningkatkan penghasilan dari usaha bengkel tambal ban, selain itu pembuatan karet stoper dari ban truk bekas tidaklah terlalu sulit alias mudah dikerjakan.

5. Sedekah

Jika memiliki rejeki sudah seharusnya kalo sebagian rejeki yang kita terima kita berikan kepada orang lain yang membutuhkan, percaya atau tidak percaya sedekah yang kita lakukan akan memperlacar rejeki, sehingga dengan semakin banyak kita bersedekah, maka akan semakin banyak rejeki yang kita terima, dan semoga semakin lancar usaha yang kita lakukan, Amin.

Baiklah sobat semuanya, demikianlah sedikit pembahasan mengenai 5 hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penghasilan usaha bengkel tambal ban, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk anda.


Postingan terkait:

10 Tanggapan untuk "Lakukan 5 Hal Ini Agar Penghasilan Usaha Bengkel Tambal Ban Semakin Meningkat"

  1. Usaha apa saja memang tak bisa lepas dari persaingan termasuk tambal ban dan cara yang paling jitu adalah membuka usaha sampingan jadi tidak tergantung usaha utama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas usaha sampingan akan sangat membantu untuk menambah penghasilan kita

      Delete
  2. Saya bantu share aja ya mas, belum bisa komen banyak..hehe..

    ReplyDelete
  3. Point no 3 aku setuju, dengan bukanya lebih awal atau pagi bisa membantu juga bagi yang sedang membutuhkan. Tapi aku rasa masih jarang kalau buka pagi ya, Mas.

    Aku sendiri pernah ban motorku bocor ketika jam setenah enam pagi, dan itu belum ada yang buka satu pun, harus nunggu. Paling pagi pukul 08.00 baru buka ....

    Sukses terus buat bisnisnya ya, Mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas dengan buka pagi akan sangat membantu bagi para pengguna kendaraan,

      Delete
  4. lima tips diatas praktekan terus, ulet rajin memberi kepuasan terhadap pelanggan, dan jangan lupa rajin berdoa mas........insyaAlloh rejeki lancar usaha kian berkembang amin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups Betul sekali mas ditambah dengan doa maka usaha kita akan diberi kemudahan dan kelancaran

      Delete
  5. Apapun usahanya,, jangan lupakan poin limanya yaitu sedekah,,, cuman menyisihkan 2,5% dari penghasilan kita,, insyallah berkah dan makin banyak orderan seperti saya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas, point no 5 memang harus dilakukan dan memang terbukti bisa memperlancar usaha kita

      Delete