Tambal Ban Bakar Vs Tambal Ban Tip Top Lebih Kuat Mana...?


Pernah beberapa pelanggan menanyakan kepada saya, antara tambal ban bakar dan tambal tip top lebih kuat yang mana. Kalo saya sendiri memang lebih suka menggunakan tambal ban bakar dari pada tambal ban tip top.

Lalu apakah tambal ban tip top jelek, dan tambal ban bakar lebih bagus...?

Sebenarnya antara tambal ban bakar dan tambal ban tip top itu sama saja, bisa sama-sama bagus, juga bisa sama-sama jeleknya. Semua itu  tergantung dari bagaimana kita mengerjakan prosesnya.


Kalo proses menambalnya baik, bahan-bahan yang digunakan juga baik, maka tambal ban bakar ataupun tambal ban tip top, hasilnya akan baik.

Begitu juga sebaliknya, kalo proses dan bahan yang digunakan tidak baik, maka jelas hasilnya juga tidak akan baik. Meski pelanggan saya banyak yang bilang, katanya tambal ban tip top kurang bagus, gampang bocor, dan tambalannya juga mudah lepas.

Hal ini memang benar adanya, karena saya sendiri sering menemukan tambal ban tip top kulitasnya kurang bagus, mudah bocor, dan mudah sekali copot.
Apakah bisa disimpulkan kalo tambal tip top itu jelek, menurut saya sih tidak demikian, karena saya sering juga menemukan tambal ban bakar mengalami hal yang sama.

Lalu dimanakah letak kesalahannya...?

Sebenarnya hal ini disebabkan karena proses pengerjaan yang kurang teliti dan bahan-bahan yang digunkan kualitasnya kurang baik. Meski menggunakan tambal ban bakar, apabila proses pengerjaan kurang baik, dan bahan yang digunakan untuk menambal ( karet kompon ) kualitasnya kurang baik, maka tambalan tersebut tidak akan tahan lama, gampang bocor lagi, dan mudah sekali lepas atau copot.

Begitu juga dengan tambal ban tip top, kalo proses pengerjaannya baik dan tepat, bahan yang digunakan kualitasnya juga baik, biarpun tidak dibakar atau dipanaskan, tetap saja tambalannya bisa kuat, awet dan tahan lama, bahkan jika tip topnya di lepas, ban dalamnya bisa rusak ataupun sobek, karena saking kuatnya.

Jadi kesimpulannya, baik tidaknya tambalan entah itu menggunakan tambal ban bakar ataupun tambal ban tip top, tergantung dari proses saat mengerjakannya, juga dari kualitas bahan yang digunakan.

Lalu kenapa banyak tambal ban tip top tidak awet, mudah bocor lagi, dan tambalanya mudah sekali lepas...?

Kuncinya ada pada proses menambal dan bahan yang digunakan, kalo kita mengerjakannya asal-asalan dan tidak teliti, biarpun bahan yang digunakan kualitasnya baik, tetap saja hasil tambalannya tidak akan baik, begitu juga sebaliknya, apabila menggunakan bahan yang kualitasnya kurang baik, hal ini juga akan berpengaruh terhadap hasilnya nanti.

Apakah hal ini juga berlaku pada tambal ban bakar...?

Yupss...!!! betul sekali.

Tambal ban bakar juga harus dikerjakan dengan baik dan teliti, serta menggunakan bahan dengan kualitas yang baik pula.

Kenapa saya memilih menggunakan tambal ban bakar...? kenapa tidak mencoba menggunakan tambal ban tip top...?

Saya melakukan hal tersebut karena beberapa alasan, pertama karena saya memang lebih terbiasa menggunakan tambal ban bakar. Yang kedua, apabila bocornya besar atau sobek kurang memungkinkan jika menggunakan tambal ban tip top.

Kalo sobeknya cuma 1 Cm atau lebi sedikit saya kira masih bisa ditambal menggunakan tip top, tapi kalo bocornya lebih dari 3 Cm, lakan lebih baik jika menggunakan tambal ban bakar.

Yang ketiga alasan saya lebih memilih tambal ban bakar, karena tip top yang kualitasnya bagus, harganya mahal, menurut perhitungan saya, lebih murah menggunakan tambal bakar.

Nah disinilah masalahnya, kebanyakan tukang tambal ban, memilih menggunakan tip top yang harganya murah, sehingga hasil tambalannya sering membuat pelanggan merasa kecewa. Menurut saya hal ini dilakukan demi mencari keuntungan semata, tanpa memperhatikan kenyamanan dan kepuasan pelanggan.

Bukankah menambal ban dengan tip top prosesnya lebih cepat...?

Sebenarnya sama saja, baik itu tambal ban bakar atau tambal tip top, jika ingin hasilnya baik maka prosesnya tidak bisa kilat.

Agar tambalan tip top bisa kuat, dan betul-betul merekat, harus dilakukan pengepresan, dan proses pengepresan ini tidak bisa dilakukan dengan sebentar saja, tapi harus menunggu hingga tip top benar-benar merekat dengan ban dalamnya.

Berhubung saya sudah kehabisan kata-kata untuk melanjutkan tulisan ini, maka saya akhir sampai disini dulu, semoga bermanfaat dan berguna untuk anda semuanya.


Postingan terkait:

32 Tanggapan untuk "Tambal Ban Bakar Vs Tambal Ban Tip Top Lebih Kuat Mana...?"

  1. selama ini yang saya tahu cuman bakar aja kalu tip top baru tahu sekarang. kalu di tangan mas poniran mau tip top atau bakar pasti hasilnya maksimal, pelanggan puas, rejeki lancar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting dikerjakaan dengan baik saat melakukan proses menambalnya, maka hasilnya akan sama-sama bagus

      Delete
  2. tambal ban tip top itu yang bagaimana mas?
    kalau di sini ada lagi tambal ban pake setrikaan bekas sebagai pemanas , sepertinya untuk menggantikan minyak atau spiritus

    ReplyDelete
    Replies
    1. tambal ban tip top itu, tambal ban yang tidak dibakar atau dipanaskan mas, tapi cuma ditempelkan saja menggunakan lem.

      Delete
  3. intinya mau tiptop atau bakar adalah proses pengerjaannya dan bahan yang digunakan ya mas, kalo bagus hasilnya juga ok,
    pernah nambal tiptop, baru jalan nggak sampe 1 km sudah gembos lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, asalkan dikerjakan dengan baik, dan bahanya juga baik, maka biarpun tambalan pakai tip top tepa bisa kuat dan awet, kalo tukang tambal banya buru-buru mengerjakannya bisa jadi baru di pakai beberapa KM saja sudah bocor lagi

      Delete
  4. biasanya saya menggunakan yang bakar mas, karena saya tahunya cuma itu saja... klo yang tip top takutnya kurang bagus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang benar mas, sekarang kebanyakan tambal ban pakai tip top kualitasnya kurang bagus

      Delete
  5. Pernah pengalaman tambal ban tip top malah cepat bocor lagi mungkin karena serba cepat jadi kurang bagus kalau sekarang lebih memilih tambal ban bakar

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya tukang tambal banya terburu-buru saat mengerjakannya, sehingga tip topnya kurang merekat, dan memang yang seperti ini banyak sekali terjadi mas

      Delete
  6. ternyata penambalan ban ada 2 macam ya mas, tiptop sama bakar.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas ada yang menggunakan tambal ban bakar, ada juga yang menggunkan tambal ban tip top

      Delete
  7. jadi tergantung yang nambalnya ya mas bukan karena tambal ban bakar lebih bagus dari yang tip top.heuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, semuany tergantung dari bagaiamana mengerjakannya, juga dari bahan yang digunakan

      Delete
  8. jadi tahu nih,,, biasanya kalo tambal ban , intinya ditambal biar gak bocor :D hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, saya tadinya juga tidak tahu

      Delete
    2. iya mas, tadinya sebelum jadi tukang tambal ban, saya tahunya cuma kalo nambal ban caranya di pres kemudian dipasakan menggunakan kompor, gak tahu kalo ada tambal ban tip top,

      Delete
    3. emmmm gitu toh semua ilmu ternyata makin kesini makin berkembang,,, :D

      Delete
    4. betul mas, makin kesini, sekarang semakin maju, jika dulu tambal ban pakai kompor sekarang sudah mulai menggunkan mesin pres elektrik

      Delete
  9. Ternyata lebih berkualitas yang tmbal ban bakar sekarang jadi tau deh ilmunya, alhamdulillah, sangat bermanfaat buat saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya sama saka pak, tergantung bagaimana mengerjakan dan kualitas bahan penambal yang dipakai

      Delete
  10. Keren blognya mas...mas ngerjain ban2 besar ga..ban truk gandeng gitu..boleh di share tips nya mas kalau iya bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ban besar paling ban truck ukuran R16 mas, untuk ban truck gandeng ukuran R20, jarang, soalnya ditempat saya jarang mobil besarnya,

      Delete
    2. itu ukuran ban atau Kode Angkot mas :D

      Delete
    3. Ukuran ban mas, R16 maksudnya Ring 16

      Delete
  11. Mas ..cara ngakalin Pentil ban yg cacat selain dilas ada ga mas? Somplak gitu atasnya..jd klau bisa sih diisi angin tp lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. caranya gampang mas tinggal diganti aja pentilnya

      Delete
  12. Mas, alamat tambal ban press di mna ?
    Saya wilayah kabupaten tangerang

    ReplyDelete
  13. Mas kalo tambal ban sepeda bagusnya tiptop apa dibakar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gunakan tip top aja mas tapi cari yang bagus bahannya

      Delete