Tips Sedehana Membuka Ban Sepeda Motor Yang Menggunakan Velg Racing


Banyak saya jumpai velg racing pada sepeda motor maupun pada mobil menjadi lecet, tergores ataupun rusak dikarenakan kurang hati-hati saat hendak membuka atau melepas bannya. Dan saya sangat yakin kalo diantara sobat semua ada yang mengalaminya, dimana velg rancing milik sobat menjadi lecet, tergores atau rusak setelah mengganti atau menambal ban.

Sebenarnya masalah seperti bisa dihindari atau paling tidak diupayakan untuk mengurangi resiko lecet ataupun rusak saat membuka ban yang menggunakan velg racing.  Jadi biarpun velg tersebut lecet, namun lecetnya tidak terlalu parah atau tidak kelihatan, sehingga pelanggan pun tidak merasa kecewa.


Lalu apa yang harus dilakukan jika membuka ban yang menggunakan velg racing...? Sebenarnya yang perlu dilakukan sangat sederhana yaitu dengan memberi alas menggunakan kain atau ban dalam bekas yang sudah tidak terpakai jika membuka ban sepeda motor, dan menggunakan tutup botol plastik jika membuka ban mobil.

Memang sih mengenai tips membuka ban yang menggunakan velg racing baik itu ban sepeda motor maupun ban mobil sering saya singgung dan sedikit saya bahas pada postingan-postingan sebelumnya, hanya saja untuk langkah-langkahnya memang belum pernah saya bahas secara rinci.

Maka dari itu pada postingan kali ini saya ingin berbagi sedikit informasi mengenai tips sederhana membuka ban sepeda motor yang menggunakan velg racing, untuk mengurangi atau meminimalkan resiko lecet, tergores ataupun rusak.

Nah jika suatu saat sobat ingin mencoba membuka ban sepeda motor yang menggunakan velg racing, maka untuk mengurangi resiko lecet, tergores atau rusak, berikut beberapa langkah yang harus dilakukan.

1. Buang Angin Dari Dalam Ban

Langkah pertama yang harus dilakukan apabila ingin membuka ban sepeda motor yaitu membuang angin dari dalam ban hingga benar-benar habis dengan cara membuka pentilnya menggunkan kunci pentil.

2. Tekan Ban Menggunakan Tangan

Setelah semua angin di dalam ban habis, langkah berikutnya tekan keduan sisi ban tersebut menggunakan tangan agar tidak menempel pada velg, sehingga lebih mudah saat dibuka.

3. Beri Ari Sabun

Air sabun berfungsi sebagai pelicin agar ban lebih mudah dibuka, maka dari itu selalu biasakan memberikan air sabun saat membuka ban, baik pada ban yang menggunakan velg racing ataupun tidak.

4. Selipkan Alas

Setelah kedua sisi ban tidak menempel lagi pada velg dan sudah diberi air sabun sebagai pelincin, langkah selanjutnya selipkan kain atau ban dalam bekas sebagai alas diantara ban dan velg.

5. Mulai Membuka Ban

Perlu diperhatikan saat membuka ban sepeda motor yang menggunakan velg racing, biarpun sudah diberi air sabun dan diberi alas, kita tetap harus hati-hati dan gunakan perasaan saat membukannya. Selain itu kedua sisi ban sambil ditekan menggunakan tangan agar ban menjadi lebih longgar sehingga lebih mudah dibuka.

Baiklah sobat Dukun Ban semuanya, demikianlah sedkit pembahasan mengenai tips membuka ban sepeda motor yang menggunakan velg racing yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua.


Postingan terkait:

21 Tanggapan untuk "Tips Sedehana Membuka Ban Sepeda Motor Yang Menggunakan Velg Racing"

  1. Nah benar nih mas saya sebagai konsumen seringkali merasa jengkel apabila velk racing uk 17 saya lecet karena hanya menambal ban, tau sendiri kan saya tuh merawat nya dengan apik jangankan lecet mas kotor pun saya lap. ehh ini malah main gabret aja seenaknya :( saya gak lagi-lagi datang ke tambal ban itu ah gak apik banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. membuka ban yang menggunakan velg racing memang harus hati-hati untuk mengurangi resiko rusak ataupu lecet

      Delete
  2. Sayamah ban denganpelk biasa aja gak pernah buka apalagi pel racing,,, padahalkan kalau bisa sendiri lumayan bisa menghemat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti kalo mau nambah ban yang pakai velg racing minta tukang tambal bannya kasih alas mas biar gak lecet

      Delete
  3. buang angin kadang saya pake kaki ajah biar gak capek

    ReplyDelete
  4. ini blog ngeloadnya gak abis-abis sih mas

    ReplyDelete
  5. Sipp mas.. Biarpun yg bgni hal sepele tpi paling gak bisa buat pelanggan gak manyun karna cat pelg lecet"...
    Sya salah satu korbanya mas.. Mtr baru bibir pelg dh lecet"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu karena kurang hati-hati saat membuka bannya

      Delete
  6. Numpang nanya yang menyimpang dari topik mas, kenapa yah ban mobil itu kok habisnya gag rata... bagian luar kemakan duluan, sedangkan bagian dalam masih tebal batik/kembangannya. mks mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hal ini sudah saya bahas pada postingan sebelumnya mas, hal seperti itu biasanya disebabkan masalah pada kaki kakinya

      Delete
  7. Perlu trik khusus ya mas Untungnya saya mah pakai velg biasa jadi langsung buka saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling tidak diberi alas saat membuka bannya

      Delete
  8. menggunakan alas nih yg masih sering ditinggalin mas.velg ban saya juga tergores disana sini karena ulah tukang tambal ban jenis ini

    coba kalu tukang tambalnya semua kayak mas poniran,pasti velg bakal tetep mulus tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengan diberi alas paling tidak bisa mengurangi resiko rusak, lecet atau tergores

      Delete
  9. Kalau yang sering saya lihat sih mas di bengkel lain soalnya saya pengalaman, waktu itu ada konsumen yang menggunakan pelek racing dan mau dibuk tapi saya tidak melihat mas pake alas apakah itu kecerobohan dari bengkel tersebut atau itu sudah prosedur mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya karena kebiasaan aja mas, kalo sudah terbiasa menggunakan alas saat membuka ban dengan velg racing maka, saat membuka ban dengan velg racing pasti akan diberi alas, karena tindakan seperti ini adalah bentu pencegahan untuk mengurangi resiko lecet ataupun rusak pada velg racingnya

      Delete
  10. om kalo sudah lecet gimana?.. biar hitam lagi. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sudah terlanjur lecet harus diamplas biar rata kemudian dicat ulang mas

      Delete