Tips Sedehana Membuka Ban Mobil Yang Menggunakan Velg Racing


Jika pada postingan sebelumnya saya telah membahas tentang tips sederhana membuka ban sepeda motor yang menggunakan velg racing, maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang tips sederhana membuka ban mobil yang menggunakan velg racing.

Dimana sering kita jumpai velg racing pada sepeda motor ataupun pada mobil sering lecet, tergores atau rusak setelah diganti atau ditambal bannya. Untuk mengantisipasi hal-hal seperti itu maka saat membuka ban kendaraan yang menggunakan velg racing dipelukan tips dan trik tertentu.


Sama hal dengan membuka ban sepeda motor yang menggunakan velg racing yaitu dengan diberi alas menggunakan kain atau ban dalam bekas untuk mengurangi resiko lecet, tergores atau rusak pada velgnya.

Sedangkan pada ban mobil yang menggunakan velg racing, untuk mengurangi resiko lecet, tergores atau rusak pada velgnya, maka saat membuka bannya harus diberi alas, yaitu menggunakan tutup botol plastik, seperti tutup botol aqua, sprite, fanta, coca-cola dan lain-lain.

Sebenarnya mengenai tips mengurangi resiko lecet, tergores atau rusak saat membuka ban mobil yang menggunakan velg racing telah sedikit saya bahas pada postingan sebelumnya yang berjudul Manfaat Tutup Botol Plastik Dalam Tambal Ban.

Hanya saja mungkin pada postigan tersebut pembahasan saya masih kurang lengkap dan belum saya bahas tentang langkah-langkah memanfaatkan tutup botol plastik untuk mengurangi resiko lecet, tergores atau rusak saat membuka ban mobil yang menggunakan velg racing.

Maka dari sobat Dukun Ban semuanya, pada kesempaatan kali ini saya ingin berbagi sedikit informasi mengenai tips sederhana membuka ban mobil yang menggunakan velg racing dengan memanfaatkan tutup botol plastik, langsung saja berikut langkah-langkahnya.

1. Membuang Angin Dari Dalam Ban

Jika kita ingin membuka ban kendaraan baik itu ban sepeda motor maupun ban mobil, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuang angin dari dalam ban sampai benar-benar habis, dengan cara membuka pentilnya menggunakan kunci pentil.

2. Menurunkan Hil Ban Dari Velg

Menurunkan hil ban bertujuan agar ban tidak menempel dengan velgnya sehingga ban bisa dibuka, caranya yaitu dengan dipress secara bergantian pada kedua sisinya menggunakan alat bukaan ban. Pastikan juga bahwa kedua sisi ban, baik sisi bagian atas maupun sisi bagian bawah sudah tidak menempel pada velgnya

3. Beri Air Sabun

Agar lebih mudah membukaa ban dari velgnya, maka untuk ban mobil berilah air sabun sebagai pelicin pada bagian hil dan bibir velg secara menyeluruh.


4. Selipkan Tutup Botol Plastik

Setelah bagian hil dan bibir velg diberi air sabun sebagai pelicin, langkah selanjutnya menyelipkan tutup botol plastik diantara alat pembuka ban dan bibir velg, dimana fungsi dari tutup botol plastik tersebut adalah untuk mencegah agar alat pembuka ban tidak bergesekan secara langsung dengan velgnya.


5. Mulai Membuka Ban

Setelah tutup botol plastik diselipkan diantara alat pembuka ban dan velg, langkah selanjutnya buka ban dari velgnya. Hal yang perlu diperhatikan saat membuka ban yaitu lakukanlah pekerjaan dengan hati-hati, jika dirasa masih sulit atau kurang licin bisa diberi air sabun lagi agar lebih licin.


Baiklah sobat semuanya, demikianlah sedikit pembahasan saya pada kesempatan kali ini mengenai tips sederhana membuka ban mobil yang menggunakan velg racing, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi anda semua.


Postingan terkait:

11 Tanggapan untuk "Tips Sedehana Membuka Ban Mobil Yang Menggunakan Velg Racing"

  1. Wah ini sangat apik sekali mas pakai tutup botol biar gak terjadi kontak langsung antaraalat pembuka ban dengan bibir velg :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas dengan begitu bisa mengurangi resiko lecet ataupun rusak saat membuka ban mobil yang menggunakan velg racing

      Delete
  2. wah, kalau saya pasrah ke tukangnya aja, gak punya alatnya.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups betul sekali mas, serahkan keahlinya maka urusan beres, hehehe

      Delete
  3. Tutup botol lumayan membantu pekerjaan tambal ban ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas besar sekali manfaatnya meskipun kelihatan sepele dan sederhana

      Delete
  4. Kalau Sayamah cuman bisa melihat dan menyaksikan mang,, jangan velg ban mobil,, ban motor aja Saya belum pernah,,, duuh padahal sebagai seorang laki- laki kita harus multi talen,,tapi ketika sudah membaca tips sederhana membuka ban mobil yang menggunakan velg racing diatas,,, maka Saya jadi sedikit ada gambaran,,, makasih mang admin... :D

    ReplyDelete
  5. Caranya hampir sama juga ya mas dengan cara membuka velg racing ban motor namun sepertinya kalau untuk velg mobil agak besar ya mas jadi perlu usaha yang lebih untuk membukanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk ban mobil bisa menggunakan tutup botol plastik bekas kang

      Delete