Tips Membeli Mobil Bekas Untuk Pemula Agar Tidak Salah Pilih


Bagi orang yang sudah cukup berpengalaman, tentu bukan masalah besar saat hendak membeli mobil bekas, karena dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya, mereka pasti bisa memilih mobil bekas dengan kondisinya yang masih bagus dan berkualitas, sedangkan harganya sesuai dengan spesifikasi dan standartnya.

Tapi bagaimana jika yang ingin membeli mobil bekas tersebut adalah seorang pemula, yang mana belum berpengalaman dan belum memiliki pengetahuan tentang mobil bekas. Jika kondisinya seperti itu, jelas mereka akan kesulitan saat memilih mobil bekas yang akan dibeli, bahkan banyak terjadi para pemula sering salah pilih saat membeli mobil bekas.


Dimana mobil bekas yang dibeli ternyata kondisinya tidak bagus, baru dipakai sebentar sudah bermasalah, dan parahnya lagi ternyata mereka membeli mobil tersebut dengan harga yang mahal dan tidak sesuai dengan standartnya.

Jika mengalami kejadian seperti ini kira-kira bagaimana perasaan anda ...? Saya yakin kalo kebanyakan dari anda, pasti anda kecewa karena merasa tertipu oleh penjual mobil bekas tadi. Lalu bagaimana agar seorang pemula yang belum berpengalaman tidak salah pilih saat membeli mobil bekas ...?

Agar tidak salah pilih saat membeli mobil bekas, tapi bisa membawa mobil bekas dengan kondisi yang masih bagus dan berkualitas, ditambah lagi bisa mendapatkan mobil tersebut dengan harga miring alias tidak kemahalan.

Berikut beberapa tips yang dapat anda coba saat membeli membeli mobil bekas :

1. Tentukan Jenis Mobil Yang Akan Dibeli

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membeli mobil bekas yaitu menentukan jenis mobil yang akan anda beli, misalnya mobil jenis Pick Up, Sedan, Van, Truk atau yang lainnya. Hal ini perlu dilakukan agar anda bisa menghitung seberapa besar dana yang harus dipersiapkan untuk membeli mobil tersebut.

2. Cek Harga Pasaran

Setelah anda menentukan mobil jenis apa yang akan dibeli, sebelum anda membelinya, langkah yang harus dilakukan yaitu mengecek terlebih dahulu harga pasarannya, misalnya mobil yang akan dibeli Daihatsu Xenia, jika anda tertarik membaca ulasan tentang mobil Daihatsu Xenia selengkapnya silahkan baca Review Daihatsu Xenia.

Untuk mengetahui berapa harga pasaran mobil Daihatsu Xenia anda bisa bertanya pada kenalan anda yang tahu soal harga mobil bekas, atau bisa juga mencari tahu di internet, untuk mengetahui informasi mengenai harga mobil silahkan baca Harga Mobil, dan untuk mobil baru silahkan baca Harga Mobil Baru.

3. Jangan Mudah Tergiur Dengan Harga Murah

Hal yang juga perlu diperhatikan saat hendak membeli mobil bekas yaitu jangan mudah tergiur dengan iming-iming atau penwaran harga murah, karena perlu sobat ketahui sekarang ini banyak sekali modus penipuan dengan penawaran harga murah, apalagi jika sobat mendapatkan penawaran tersebut dari internet, atau tempat jual beli online.

4. Membeli Di Tempat Yang Terpercaya

Jika anda membeli mobil bekas di dealer-dealer yang menjual mobil bekas, maka carilah dealer mobil bekas yang terpercaya dan dan memiliki reputasi bagus, sedangkan jika anda membeli mobil bekas melalui jasa perantara pilih jasa perantara atau makelar yang betul-betus bisa dipercaya dan anda sudah mengenalnya.

Selain itu jika anda membeli mobil bekas secara online sebaiknya hati-hati dan yang terpenting jangan mudah tergiur dengan penawaran harga murah, karena banyak penipuan dengan modus seperti ini.

5. Ajak Kenalan Yang Paham Tentang Mobil

Jika anda benar-benar awam dan tidak berpengalaman tentang mobil, maka untuk membeli mobil bekas, sebaiknya ajaklah teman, saudara atau kenalan anda yang paham tentang mobil, sehingga nantinya bisa membantu anda saat melakukan pengecekan pada mobil yang akan dibeli.

6. Cek Kondisi Fisik

Sebelum memutuskan membeli mobil yang sudah anda pilih, terlebih dulu periksa dan teliti bagaimana kondisi fisiknya, apakah sudah banyak bagian bodi yang keropos, apakah bagian saksisnya masih center dan lurus, apakah bodinya masih mulus atau tidak dan lain sebagainya.

Jika anda sendiri kurang paham mengenai hal itu, anda bisa meminta bantuan teman atau saudara yang anda ajak tadi, untuk mengecek dan memeriksa bagaimana kondisi fisik mobil tersebut.

7. Cek Kondisi Mesin

Setelah anda mengecek kondisi fisiknya, langkah berikutnya lakukan pengecekan bagaimana kondisi mesinya, lihatlah apakah ada kebocoran atau tidak, periksa juga apakah kondisi oli mesinya masih bagus atau tidak.

Jika sudah diperiksa semuanya, cobalah nyalakan mesinya biarkan hidup selama kurang lebih 15 menit sampai 30 menit, kemudian cobalah untuk jalan minimal 2 Km, rasakan bagaimana kondisi monil saat dikendaraai, apakah masih nyaman atau tidak, dan apakah saat dikendaraai ada suara-suara aneh atau tidak, baik itu suara dari mesin atau bagian lainnya.

Bila sudah dicoba dinyalakan mesinya dan dikendarai, periksa sekali lagi bagaimana kondisi mesinya, apakah setelah dilakukan penegetesan ada bagian mesin yang bocor atau tidak.

8. Cek Kelengkapan Surat-Suratnya

Setelah dilakukan pengecekan, baik itu pengecekan untuk kondisi fisik ataupun pengecekan terhadap kondisi mesinya, langkah selanjutnya lakukanlah pengecekan pada surat-suratnya, apakah surat-surat mobil tersebut lengkap dan sesuai.

Periksalah nomor rangka, nomor mesin, dan nomor polisinya, apakah semuanya sesuai dengan yang tertera pada BPKB dan STNKnya, jangan lupa periksa juga apakah pajaknya masih jalan atau tidak dan lihat kapan pajaknya habis.

Jangan sampai anda membeli mobil bekas, baru dipakai beberapa hari langsung bayar pajak, kalo pajaknya sudah hampir habis sebaiknya dinegosiasikan juga mengenai pembayaran pajak tersebut, apabila mobil jadi dibeli.

9. Negosiasi Dengan Tenang Dan Jangan Terburu-Buru

Jika anda sudah menemukan mobil yang cocok dan sesuai dengan pilhan, langkah terakhir yaitu lakukan negosiasi harga dengan penjual mobil, yang terpenting lakukan negosiasi dengan tenang dan jangan terburu-buru, kalo harganya tidak bisa dinegosiasikan dan sekiranya tidak sesuai dengan harga dipasaran, sebaiknya jangan dipaksakan dan carilah mobil ditempat lain.

Baiklah sobat semuanya, demikianlah pembahasan yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai tips membeli mobil bekas, semoga sedikit informasi ini bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua.


Postingan terkait:

19 Tanggapan untuk "Tips Membeli Mobil Bekas Untuk Pemula Agar Tidak Salah Pilih"

  1. Nomor 8 sangat wajib di perhatikan yaitu cek surat dan kelengkapan :-) siapa tahu saja mobil itu adalah mobil tanpa surat-surat ya kang.. soalnya kan banyak tuh yang kayak gitu, akan tetapi kalau beli nya di tempat yang terpercaya insyaallah suratnya kumplit :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas,maka dari jika ingin membeli mobil bekas harus dipastikan kelengkapan dan kesesuaian surat-suratnya

      Delete
  2. Lebih aman bawa teman yang paham mesin mobil jadi kalau ada yang kurang bisa langsung diketahui dari awal

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika kita memang belum paham betul tentang mobil, sebaiknya mengajak teman atau kenalan kita yang sudah paham tentang mobil untuk membantu memilih

      Delete
  3. Biasanya yang tukang jualnya itu pinter banget memoles mobilnya kang,kalau dilihat sepintas kinclonggggg banget..eehhh taunya bobrok banget bawahnya..haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang benar mas karena tujuan mereka adalah untuk mendapatkan keuntungan, maka dari itu sebagai pembeli kita harus hati-hati dan teliti saat hendak membeli

      Delete
  4. Kalau untuk para pemula point no 9 paling sering dialami kang oleh pembeli mobil pemula termasuk saya waktu itu pernah tapi akhirnya saya memutuskan untuk membeli mobil yang baru saja karena prinsip saya lebih baik beli yang baru daripada yang bekas, tapi tipsnya sangat berguna sekali kang siapa tahu nanti ada teman saya yang mau beli bisa saya antar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo memang dananya adalah lebih baik beli yang baru mas, tapi kalo mau beli yang bekas mungkin bisa mencoba tips ini

      Delete
  5. Ke sembilan tipsnya jos mas, memang untuk membeli sesuatu itu ku teliti, kalau orang jawa bilang "ojok ngatek geblusuk" Cek kondisi mesin dan fisik sangat diperlukan, jangan sampai tampilan kiclong tapi mesin bobrok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas teliti dan periksa sebelum membeli merupakan langkah yang bijak jika ingin membeli sesuatu

      Delete
  6. beli mobil bekas memang harus teliti, berguna sekali tipsnya, supaya nggak salah beli

    ReplyDelete
  7. Kebanyakan suka sama harga yang murah gan, saya sendiri juga seperti itu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. harga yang murah memang menggiurkan, tapi harus waspada dengan penawaran harga murah, karena bisa jadi itu cuma modus penipuan

      Delete
  8. kalau sayamah pasti akan ajak orang yang ngerti sama mobil,, terus cek harga barunya di pasaran... kalau beli mobil bekas emang jangan terburu - buru,, harus dicek secara teliti...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali mas, dengan mengajak teman dan mengumpulkan informasi sebanyak-banyak merupakan salah satu cara agar tidak salah pilih saat membeli mobil bekas

      Delete
  9. iya betul tuh mas, teman saya dulu ketipu beli mobil bekas, yaaa karena itu terburu buru dalam membeli -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting jangan mudah tergiur dengan tampilan yang bagus dan harga yang murah tapi harus dicek dan diteliti terlebih dulu

      Delete