Ini Akibatnya, Jika Ukuran Ban Dalam Sudah Lebih Besar Dari Pada Ban Luarnya


Apa kabar sobat semuanya ...? Jumpa lagi dengan saya di blog Dukunban.com, pada kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang akibat yang ditimbulkan apabila ukuran ban dalam sudah lebih besar dari pada ban luarnya.

Kita semua pasti sudah tahu bahwa anjuran dari pabrik menyarankan agar para pengguna kendaraan, menggunakan ban dalam yang ukurannya sesuai dengan ban luarnya, dan pada kenyataanya kita sebagai pengguna kendaraan sering melakukan hal itu, dimana saat mengganti ban dalam, pasti ukurannya disesuaikan dengan ukuran ban luarnya.


Sebenarnya tidak ada yang salah dengan hal itu, tapi perlu sobat ketahui, jika sudah lama digunakan, ban dalam lama kelamaan akan melar dan ukurannya menjadi lebih besar dari pada ban luarnya. Lalu apakah akibat yang akan ditimbulkan, jika ban dalam ukurannya sudah lebih besar dari ban luarnya ...?

Akibat yang akan ditimbulkan, yaitu menjadi lebih rawan dan mudah bocor, mengapa bisa seperti itu ...? Hal dikarenakan jika ban dalam ukurannya sudah lebih besar dari pada ban luarnya, makan ban dalam tadi lama kelamaan akan melipat di dalam ban luarnya.

Dan jika ban dalam sudah terlanjur melipat seperi itu, maka pada bagian yang melipat tadi lama kelamaan akan menjadi lebih mudah bocor. Apalagi kalo sudah terlanjur banyak bagian yang melipat, mungkin sekarang ditambal, baru dipakai sebentar sudah ada bagian lain yang bocor lagi.

Saya bisa mengatakan seperti itu, karena hal seperti ini sering saya jumpai selama menjadi tukang tambal ban, dimana ada ban kendaraan yang baru beberapa hari ditambal, tapi sudah bocor lagi, dan setelah saya cek, ternyata ban dalamnya sudah melipat karena ukurannya sudah menjadi lebih besar dari pada ban luarnya.



Coba perhatikan gambar ban dalam diatas ...! Pada gambar tersebut terlihat sudah banyak bagian yang melipat, hal ini kemungkinan besar dikarenakan ban dalam tadi sudah lama digunakan, sehingga melar dan ukurannya menjadi lebih besar dari ban luarnya.

Jika kondisinya sudah seperti itu, sebenarnya ban dalam tersebut sudah tidak layak lagi digunakan, karena dengan kondisi yang seperti itu ban dalam tadi akan lebih mudah bocor, terutama pada bekas lipatannya.

Kejadian seperti ini biasanya terjadi pada ban dalam mobil yang sering digunakan untuk membawa muatan berat, dimana rodanya harus diberi angin dengan tekanan lebih tinggi, agar roda kendaraan tersebut mampu menanggung beban muatan yang dibawa, misalnya mobil dengan bak terbuka seperti L-300, atau mobil truck.

Tapi meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan juga hal seperti ini bisa juga terjadi pada ban sepeda motor, karena saya juga pernah menjumpainya meski tidak sering, dimana ban dalam sepeda motor yang tadinya ukurannya sesuai dengan ban luarnya, tapi karena sudah terlalu lama digunakan akhiranya melar dan ukurannya menjdai lebih besar dari pada ban luarnya.

Maka dari itu sobat Dukun Ban semuanya, dari pengalaman saya selama menjadi tukang tambal ban, jika anda pengguna mobil yang biasa digunakan untuk membawa muatan berat, apabila mobil  anda menggunakan ban dalam, maka saran saya sebaiknya gunakan ban dalam yang ukurannya lebih kecil dari pada ban luarnya.

Misalnya mobil anada menggunakan ban luar dengan ukuran R 14, maka  untuk ban dalamnya gunakan ban dalam dengan ukuran R 13, jika mobil anda mengunakan ban dengan ukuran R 13, maka gunakanlah ban dalam dengan ukuran R 12.

Sedangkan untuk mobil yang menggunakan ban ukuran R 12 biasanya jarang digunakan untuk membawa muatan berat, jadi tidak masalah apabila untuk ban dalamnya menggunakan ban dengan ukuran R 12.

Mengapa saya menyarankan untuk menggunakan ban dalam yang ukurannya lebih kecil dari pada ban luarnya, terutama pada mobil yang biasa digunakan untuk membawa muatan berat, karena dengan menggunakan ban dalam yang ukurannya lebih kecil, terbukti lebih awet dari pada menggunakan ban dalam yang ukuranya sama dengan ban luarnya.

Mengapa bisa begitu ...? Hal ini dikarenakan ban dalam yang ukurannya lebih kecil dari pada ban luarnya, saat ban tersebut menjadi melar, ukurannya tidak akan menjadi lebih besar dari ban luarnya, tapi justru menjadi sama dan span dengan ban luarnya, sehingga tidak akan melipat.

Bagaimana untuk ban sepeda motor ...? Sebenarnya untuk ban sepeda motor tidak perlu menggunakan ban dalam yang lebih kecil dari pada ban luarnya. Tapi ada baiknya juga jika menggunakan ban dalam yang ukuranya lebih kecil dari ban luarnya, untuk menghindari ban dalam melipat karena melar.

Misalnya jika ban luarnya memiliki ukuran 300-17, maka gunakanlah ban dalam dengan ukuran 275-17, atau jika ukuran ban luarnya 275-17, gunakanlah ban dalam dengan ukuran 250-17.

Baiklah sobat semuanya, demikianlah pembahasan yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai akibat jika ukuran ban dalam sudah lebih besar dari pada ban luarnya, semoga sedikit informasi ini bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua.


Postingan terkait:

20 Tanggapan untuk "Ini Akibatnya, Jika Ukuran Ban Dalam Sudah Lebih Besar Dari Pada Ban Luarnya"

  1. itu kaya yang di sobek-sobek pisau ya kang. Benar kang ukuran ban dalam harus di sesuaikan dengan ukuran ban luar kalau tidak ya lama-kelamaan akan mudah bocor dan seperti di atas :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu gara gara ban udah melar mas dan akhirnya melipat seperti itu, padahal ukurannya sama dengan ban luarnya

      Delete
    2. Pantas saja seperti itu mas ternyata karena melar ya.. saya kira itu ukuran ban dalam lebih besar mas

      Delete
    3. Selain melar, memasang ban dalam yang ukurannya kebesaran bisa berakibat seperti itu mas

      Delete
  2. Kalau saya mah belum pernah kang sampai ban saya mengalami seperti itu karena saya selalu rajin mencek dan menggantinya kalau sudah ada gejala gejala ban mau pecah dan sudah tidak terpakai lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas memang lebih baik rajin dicekbiar kita tahu bagaimana kondisinya, dan bisa mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan

      Delete
    2. Kalau saya lihat mah diatas itu sepertinya kebablasan ya mas jadi seperti menjiplak gituh.

      Delete
    3. Itu karena sudah melar sehingga ukurannya jadi kebesaran

      Delete
  3. jadi percuma juga sih kalau ditambal,, mending ganti yang baru aja.. heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, kalo mau ganti yang baru biar lebih awet bisa mengikuti tips diatas

      Delete
  4. Ban bisa sampai melar gitu saking beratnya beban..solusinya ya seperti mas pon bilang pakai ban dalam yang lebih kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas solusi yang sudah terbukti bisa membuat ban dalam lebih awet dan tidak cepat melar sampai melipat, adalah dengan menggunakan ban dalam yang ukurannya lebih kecil dari pada ban luarnya

      Delete
  5. lama nggak mampir ksini. trnyata udh TLD, udh ada iklan adsn'nya jga. keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat datang kembali ke blog saya mas

      Delete
    2. akibatnya ban kaya ada lipatan lipatan kecil ya Mas.

      emang sepertinya dulu saya pernah begitu ukuran ban 250 luarnya baru saya kasih dalamnya 275...eee waktu terjadi bocor ban persis seperti gambar diatas mas

      Delete
    3. Itu karena ukuran ban dalamnya lebih besar dari pada ban luarnya mas, sehingga ban melipat seperti itu

      Delete
  6. memangnya ga bahaya menggunakan ban dalam yang ukurannya lebih kecil dari ukuran ban luarnya kang, ada efeknya ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak gan asalkan ukurannya tidak terlalu kecil, atau satu ukuran dibawahnya, misalnya untuk ban sepeda motor ukuran ban luarnya 17-275 maka ban dalamnya bisa menggunakan ukuran 17-250

      Delete
  7. kl ban luar mobil ring 17 di pasang ban dalam ring 15 bahaya tidak mas? Thanks infonya.

    ReplyDelete
  8. Ban dalam saya 90/80, bisa buat ban luar 90/90 mas?

    ReplyDelete