Pentingnya Pengecekan Peralatan Secara Rutin


Mengecek dan mengontrol peralatan yang digunakan untuk bekerja merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan secara rutin, sehingga kita bisa segera tahu apabila jumlahnya kurang atau terjadi kerusakan pada peralatan-peralatan tersebut.

Banyak kejadian dimana pekerjaan menjadi terganggu dan kurang maksimal, dikarenakan peralatannya tiba-tiba rusak saat digunakan atau bisa jadi dikarenakan peralatan yang diperlukan tidak ada, entah karena dipinjam orang dan belum dikembalikan atau sebelumnya sudah rusak tapi belum diganti atau belum diperbaiki


Hal-hal seperti ini seharusnya tidak perlu terjadi dan sebenarnya bisa dicegah apabila kita rutin melakukan pengecekan dan mengontol kelengkapannya. Memang sih melakukan pengecekan pada peralatan yang sering digunakan untuk bekerja, kelihatannya sangat sederhana sehingga banyak diantara kita sering menganggapnya sebagai hal sepele.

Namun tahukah sobat bahwa hal yang terlihat sangat sederhana seperti melakukan pengecekan pada peralatan yang sering kita gunakan secara rutin, ternyata sangat besar manfaatnya dan berpengaruh pada hasil pekerjaan yang kita lakukan.

Jika kita melakukan pekerjaan dengan menggunakan peralatan yang lengkap dan kondisinya bagus, maka kita pun akan merasa nyaman dan dapat bekerja dengan maksimal sehingga bisa memberikan hasil yang bagus.

Tapi jika kita bekerja dengan peralatan yang kondisinya sudah tidak normal, ditambah lagi peralatannya juga tidak lengkap, maka otomatis hal tersebut akan membuat kita merasa tidak nyaman dan saat bekerja pun menjadi kurang maksimal, sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa pekerjaan yang kita lakukan hasilnya menjadi kurang maskimal.

Maka dari itu sobat semuanya, apapun profesi dan pekerjaan anda alangkah baiknya apabila sedari dini mulai membiasakan diri untuk selalu melakukan pengecekan pada peralatan-peralan yang biasa ada gunakan secara rutin, sehingga peralatan-peralatan tersebut selalu siap tersedia dengan kondisi yang baik dan normal apabila sewaktu-waktu dibutuhkan.

Melakukan pengecekan atau mengontrol peralatan yang sering digunakan bisa dilakukan setiap hari, seminggu sekali atau paling tidak sebulan sekali, namun alangkah lebih baik jika dilakukan sesering mungkin.

Sehingga jika ada peralatan yang kondisinya tidak normal apabila masih bisa diperbaiki maka segeralah diperbaiki, namun jika harus diganti maka segeralah diganti. Begitu juga jika ada peralatan yang hilang, agar nantinya tidak menyebabkan pekerjaan kita menjadi terganggu, maka segeralah diganti dengan yang baru.

Selain itu selalu biasakan menempatkan peralatan-peralatan yang sering digunakan ditempat yang mudah dijangkau dan mudah ditemukan, sehingga saat peralatan tersebut hendak digunakan, kita tidak kesulitan mencarinya. Dan selalu dibiasakan mengembalikan peralatan-peralatan tersebut pada tempatnya apabila habis digunakan, agar jika ingin digunakan lagi tidak kebingungan mencarinya.

Disamping perlu dicek dan dikontrol secara rutin peralatan juga perlu dibersihkan secara rutin, kalo saran saya alangkah baiknya apabila kita membiasakan diri untuk selalu membersihkan peralatan sehabis digunakan, misalnya dilap atau dicuci sehingga saat kita hendak menggunakannya lagi peralatan tersebut dalam kondisi bersih.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai pentingnya melakukan pengecekan peralatan secara rutin yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga sedikit informasi ini bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua.  


Postingan terkait:

8 Tanggapan untuk "Pentingnya Pengecekan Peralatan Secara Rutin"

  1. Ini cara sederhana yang kadang kita sepelekan ya kang padahal hal sederhana inilah yang sangat penting. melakukan pengecekan dan membersihkan peralatasan merupakan sebagian dari disiplin kerja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mengecek dan mengontrol peralatan secara rutin merupakan hal penting dan besar sekali manfaatnya mas

      Delete
  2. Pengecekan memang sangat penting mas untuk mengetahui apakah sudah siap untuk memulai aktivitas yang akan dijalankan termasuk untuk tugas di bengkel. Kalau saya mah hanya materi saja yang perlu diceknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas apapun perlengkapan dan peralatan kita dalam bekerja harus dipersiapkan dan harus dicek terlebih dulu

      Delete
  3. pengecekan itu sangat perlu ya mas,agar sewaktu2 ada pelanggan bisa memberikan servis yg maksimal

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas kalo alatnya rusak atau tidak ada jelas jadi kurang maksimal dalam melayani pelanggan

      Delete
  4. Jadi nggak du akali kerjanya karena alat-alat tdk ketinggalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan menggunakan peralatan yang mendukung maka kerja pun bisa maksimal

      Delete