Tambal ban plus plus, sekali-kali boleh dong bikin judul yang bikin orang penasaran hehehe, jika sobat sering mendengar ada plus plus yang lain, maka dalam tambal ban pun juga ada yang namanya plus plus tersebut. Bahkan menurut saya dengan adanya plus plus tersebut, selain bisa membuat pelanggan merasa senang, ternyata bisa menambah penghasilan untuk saya, hehehe.
Sebenarnya dalam usaha apapun kita perlu melakukan dan memberikan plus plus kepada pelanggan atau konsumen yang kita layani, sehingga dengan adanya hal tersebut, akan membuat usaha kita memiliki nilai lebih dan berbeda dari pada yang lainnya.
Selama 8 tahun lebih malang melintang dalam dunia pertambalan ban, banyak sekali berkah dan manfaat yang saya dapatkan dengan memberikan plus plus saat melakukan pekerjaan menambal ban.
Bahkan karena plus plus tersebut, sedikit demi sedikit usaha tambal ban yang saya kelola bisa berkembang dan otomastis penghasilan saya juga ikut meningkat. Mengapa kita perlu memberikan plus plus kepada para konsumen, hal tersebut karena pada dasarnya setiap orang merasa senang jika diberi lebih.
Maka dari itu saya memberikan service lebih atau plus plus untuk membuat konsumen merasa senang dan akhirnya menjadi pelanggan tetap. Meski terkadang apa yang saya lakukan adalah hal-hal sederhana dan terlihat sangat sepele, namun ternyata bisa memberikan nilai lebih dan membuat para konsumen merasa senang.
Sebagai contoh misalnya mengencangkan rantai atau memberi pelumas pada rantai, hal ini sebenarnya sangat sederhana tapi bisa memberikan nilai lebih. Setiap tukang tambal ban seperti saya tentu sering menemukan rantai sepeda motor milik konsumen yang kondisinya kendor ataupun kering.
Jika saya menemukan hal seperti itu, biarpun mereka datang ke bengkel saya tujuannya untuk menambal ban, tanpa diminta pun saya akan mengencangkan dan memberikan pelumas pada rantai tersebut sebagai service tambahan atau layanan plus plus untuk mereka.
Selain itu sering saya temui ada ban kendaraan milik konsumen sobek atau berlubang dibagian samping maupun dibagian lainnya, sehingga sangat beresiko jika ban tersebut tetap digunakan. Maka dari itu agar ban tadi tetap aman saat digunakan harus ditangani dengan cara di jahit atau dikampas.
Satu contoh lagi layanan plus
plus yang sering saya berikan kepada para pelanggan yaitu memberikan
sliwer atau selendang ban pada velg kaleng yang berkarat, dimana jika
velg kaleng sudah berkarat, maka biasanya karat tersebut akan mengenai
ban dalamnya dan menyebabkan bocor dibagian perut.
Maka
dari itu jika saya menemui velg kaleng milik para pelanggan yang sudah
berkarat, biarpun tidak diminta saya pasti akan membersihkannya,
kemudian membuatkan selendang ban atau sliwer dari ban dalam sepeda
motor bekas, agar karat pada velg tersebut tidak langsung mengenai ban
dalamnya.
Mengencangkan rantai kendor, menjahit ban luar sobek atau memberikan sliwer pada velg kaleng berkarat merupakan beberapa contoh service tambahan atau layanan plus plus dari saya, selain beberapa hal tersebut sebenarnya masih banyak lagi service tambahan atau layanan plus plus yang saya berikan kepada para konsumen.
Karena hal-hal yang saya lakukan diatas merupakan service tambahan atau layanan plus plus untuk para konsumen. Maka saya pun tidak pernah meminta ongkos tambahan untuk pekerjan-pekerjaan tersebut.
Meskipun saya tidak pernah
meminta ongkos tambahn untuk service tambahan atau layanan plus plus yang
saya berikan kepada para konsumen, namun tidak jarang para konsumen
justru memberikan ongkos lebih kepada saya.
Manfaat Memberikan Sevice Lebih
Dengan memberikan service tambahan atau layanan plus plus kepada pelanggan, meskipun awalnya kita harus bekerja lebih, namun setelah terbiasa melakukannya ternyata hal tersebut akan membawa banyak manfaat dan berkah.
Salah satu manfaat dan berkah yang saya rasakan dengan memberikan service lebih atau layanan plus plus kepada para konsumen, yaitu sedikit demi sedikit mulai banyak konsumen yang menjadi pelanggan tetap di bengkel saya.
Maka dari itu sobat semuanya, apabila saat ini sobat tengah menjalankan usaha terutama usaha dalam bidang jasa seperti saya, alangkah baiknya apabila sobat memberikan service tambahan atau layanan plus plus kepada para konsumen. Sebab jika kita mau memberikan pelayanan lebih kepada para konsumen, maka para konsumen juga akan memberikan lebih kepada kita, biarpun tidak secara langsung.
Hhaa ternyata tambal ban juga ada plus-plus :) ohm jadi salah satu plus-plus nya itu di kasih selendang ban yang saya baru tahu namanya itu adalah sliwer :)
ReplyDeletesebenarnya banyak mas plus plus yang saya berikan dan apa yang saya tuliskan pada artikel ini hanya sebagai contoh saja, karena jelas tidak mungkin jika saya tulis semuanya, hehehe
DeleteMisalnya plus-plus kasih angin gratis gtu ya kang :D
Deletesalah satunya seperti itu mas
Deletememang mas dalam layanan itu harus pake plus plus ya biar puas.
ReplyDeletekalo puaskan bisa di cari nanti.
apalagi macem - macem plusnya
betul mas menjalankan usaha harus ada plus plusnya biar usaha kita memiliki nilai lebih dimata para konsumen
DeleteIni kreatif namanya tamball ban ada plus-plus nya.
ReplyDeletehehehe sebisa mungkin harus kreaatif mas untuk menarik minat calon pelanggan
DeleteSaya pernah mas ketemu mas tukang tambal ban yg spt ini kitanya jadi senang dan langganan
ReplyDeleteBetul mas dengan kita memberikan lebih kepada para konsumen maka mereka akan merasa senang dan tidak menutup kemungkinan akan menjadi langganan
Deletekalau denger plus plus biasanya asosiasinya ke yg gituan deh mas.
ReplyDeletebagus juga nih dan perlu ditiru apa yg dilakukan mas poniran dimana dengan menambahkan service lebih pada saat tambal ban,seperti ngencengin rantai gratis.sudah tentu pelanggan akan merasa seneng
Betul mas dengan memberikan pelayanan lebih dan tetap menjaga kualitas pelayanan maka pelanggan akan merasa senang
DeleteWah jarang nih mas baik itu profesi tambal ban atau jasa lainnya yang beginian mungkin ditempat saya mah langka dan hanya yang kenal saja yang begitu itu pun tetap harus pake biaya tambahan, mungkin kalau lewat ke bengkelnya mas poniran bisa lah mampir untuk mendapatkan jasa plus plusnya.
ReplyDeletebiarpun yang kita berikan adalah hal kecil dan sederhana kalo bisa membuat konsumen merasa senang hal tersebut bisa membawa dampak yang baik untuk kelangsungan usaha kita mas
Deletewah kalo ada tambal ban plus plus begitu jadi bikin nyaman ke pelanggan nya ya, jadi pengen berkunjung nih kalo pas sewaktu2 ban saya bocor hehe
ReplyDeletesilahkan gan , hehehe
DeleteIni nih blog yg paling bermanfaat selain menolong jga bisa tambah teman tambah sodara tambah gampang pula riki kita sebagai penambal ban..
ReplyDeleteBanyak saya temui penambal yg tidak ramah oto pun/pengerjaanya asal"lan
Contoh saat buka ban di pelg racing sering bikin pelg lecet" dan pelanggan pun kapok gak mau nambal di situ laki... Rizki pun menjauh...
Trmksh mas.. Ttp berkreasi dan berbagi ilmu
untuk velg racing saat membukannya harus diberi alas dan hati-hati, untuk meminimlakan resiko lecet atau rusak
Delete