Cara Menambal Ban Truck


Sobat semuanya berjumpa kembali dengan saya Dukun Ban alias tukang tambal ban, saya harap anda semua saat ini berada dalam keadaan yang baik, sehat dan kurang suatu apapun, Amin. Sobat semuanya tentu anda sudah tahu bahwa kendaraan apa saja yang menggunakan ban karet, suatu saat pasti akan bocor.

Nah saat ada ban bocor itulah sebuah keberuntungan bagi saya, tapi sebuah halangan buat mereka para pengguna kendaraan saat dalam perjalanan atau hendak bepergian, "hehehe bahagia diatas penderitaan orang lain". Baiklah sobat, jika pada postingan sebelumnya saya pernah membahas tentang cara menambal ban, baik itu ban sepada motor ataupun ban mobil.


Pada kesempatan kali ini saya masih akan membahasnya kembali untuk berbagi sedikit cerita tentang bagaimana cara menambal ban, tapi yang akan saya bahas kali ini adalah cara menambal ban truck. Seperti apa dan bagaimana cara menambal ban truck ...??

Sebenarnya untuk menambal ban truck caranya hampir sama dengan cara menambal ban mobil atau ban sepeda motor, ingat hanya hampir sama, artinya pasti ada yang berbeda, lalu dimanakah letak perbedaan dan bagaimana langkah-langkahnya, mari saya ajak anda untuk membahasnya bersama-sama.

Sebelum kita melangkah pada cara atau langkah-langkah menambal ban truck, ada hal yang perlu anda ketahui terlebih dahulu yaitu tentang beberapa peralatan yang digunakan untuk  melakukan pekerjaan ini.

Meski sebenarnya peralatannya juga hampir sama dengan peralatan untuk menambal ban mobil kecil atau  ban sepada motor, namun sudah saya katakan diatas bukan sama tapi hampir sama, jadi ada beberapa peralatan yang berbeda untuk menambal ban truk.

Perhatikan Gambar dibawah ini ...!!!


Pada gambar diatas ada beberapa peralatan yang digunakan untuk menambal ban truck yaitu : Palu besar atau bodem, Sendok Ban ukuran besar, dan potongan per induk mobil truck. Nah fungsi dan kegunaan alat-alat ini adalah untuk membuka ban truck dan melepas velgnya.

Langkah-Langkah Menambal Ban Truck

Langkah Pertama, Seperti biasa sebelum melakukan suatu pekerejaan langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan semua peralatan yang akan digunakan.

Langkah Kedua, Buka pentilnya menggunkan kunci pentil untuk membuang atau mengeluarkan sisa angin didalam ban, agar lebih mudah saat membukanya.

Langkah Ketiga, Gunakan bodem dan potongan per mobil truk untuk menurunkan salah satu sisi ban terutama bagian luarnya terlebi dahulu, agar tidak menempel pada velg atau amblas, sehingga lebih mudah saat mengambil Ringnya.

Langkah Kempat, Ambil Ring pengaman atau penahan ban menggunakan sendok ban, kemudian ban dibalik dan lakukan kembali seperti langkah ketiga, yaitu menurunkan sisi ban yang lainnya, agar tidak menempel pada velg.


Langkah Kelima, Keluarkan velg dari ban, kemudian ambil ban dalamnya, beri angin selanjutnya dirimbang pada bak perimbang untuk mencari bagian yang bocor, dan jangan lupa beri tanda pada bagian tersebut menggunakan lidi, atau korek kayu.


Langkah Keenam, Kempeskan kembali ban sehabis dirimbang, bersihkan bagian yang bocor menggunakan lap kering, kemudian kerok ban menggunakan patar kayu atau menggunakan alat pengerok ban lainnya.

Langkah Ketujuh, Berikan lem secukupnya pada bagian  yang akan ditambal, tempelkan kompon atau karet penambal secukupnya pada bagian tersebut, kemudian di pres menggunakan alat pres, dan tunggu hingga tambalan matang.

Langkah Kedelapan, Angkat ban dari alat pres, celupkan kedalam air bagian ban yang habis ditambal untuk mendinginkannya, beri angin kemudian di rimbang kembali untuk memastikan apakah tambalannya sudah benar-benar rapat, atau mencari apabila ada bagian lain yang bocor.

Jika yakin dan sudah dipastikan tidak ada bagian yang bocor, selanjutnya kempeskan kembali ban tersebut, untuk dipasang pada ban luarnya.

Langkah Kesembilan, Masukan ban dalam pada ban luarnya, kemudian masukan juga selendang ban atau sliwer, untuk melindungi ban dalam dari panas yang berasal dari velg, dan agar tidak bersentuhan langsung dengan velgnya.


Langkah Kesepuluh, Pasang kembali ban pada velgnya, kemudian pasang juga Ring pengamannya dan pastikan posisi pentil berada ditengah-tengah lubang pentilnya.


Langkah Kesebelas, Langkah ini merupakan langkah terakhir, setelah ban dipasang pada velgnya sekaligus Ring Pengamannya juga sudah dipasang, selanjutnya memompa atau mengisi angin pada ban tersebut sesuai dengan ukuran yang biasa digunakan, untuk ukuran tekanan angin ban truck di daerah saya, biasanya ban depan 70 psi sedangkan ban belakangnya 110psi-130psi.

Perlu diperhatikan saat memompa ban truck, agar lebih aman dan demi menjaga keselamatan diri kita, sebaiknya masukan sendok ban kedalam lubang yang berada pada velgnya, hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga apabila Ring pengamannya terlepas saat dipompa.


Baiklah sobat semuanya, demikianlah pembahasan saya mengenai cara menambal ban truck pada kesempatan kali ini, semoga sedikit informasi ini bisa bermanfaat dan berguna bagi anda semuanya.


Postingan terkait:

9 Tanggapan untuk "Cara Menambal Ban Truck"

  1. Kalau tukang ban disini rata rata memakai alat pembuka ban yang dicor dilantai mas jadi bukanya sambil berdiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga menggunakan yang itu mas, tapi untuk ban mobil keci, sedangkan untuk ban truk saya lebih suka menggunakan yang manual, karena lebih enak pakai cara manual, selain itu jika alatnya digunakan untuk ban truk akan lebih cepat rusak

      Delete
  2. Keahlihan dan ketrampilan sekecil apapun jika kita tidak pelajari mustahil akan bisa kita lakukan , contohnya menambal ban misalnya, pekerjaan ini akan menjadi sepele jika dikerjakan bagi mereka yang sudah ahli, berbeda dgn saya pekerjaan nambal ban ini menjadi rumit karna saya belum tahu taktik dan caranya, namun saya beruntung setelah membaca artikel dan penjelasanya , kebetulan mobil pengeluaran terbaru saya baru diantar besuk dari diler eeeh sapa tahu swaktu2 bannya bocor langsung tak tambal sendiri...itung2 hemat iya kan Kang Poniran

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengan mengetahui beberapa informasi seputar tambal ban, setidakny bias bermanfaat dan mengetahui tips-tips untuk merawat ban agar lebih awet

      Delete
  3. kepes lagi pak pakunya belum di cabut. hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus ditili lagi ban luarnya sebelum ban dalamnya dipasang

      Delete
  4. berjaga-jaga apabila Ring pengamannya terlepas saat dipompa. jangan pernah mengisi angin ban dalam kondisi ring velg dan bibir velg pengait ring velg yg sudah rusak/tidak sempurna, sendok ban yg di masukkan ke lobang velq tak ada jaminan untuk keselamatan. bahkan bisa jadi peluru yg akan melesat cepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu benar sekali gan, menambal ban truck harus lebih teliti dan hatu hati saat mengisi angin atau memompa demi keselamatan

      Delete
  5. Lagi mencari ahli ban truk. Whatsapp saya 0813 70980379

    ReplyDelete