Mengapa Accu Cepat Soak / Rusak, Ini Dia Penyebabnya


Sobat Dukun Ban dimana pun anda berada, sebagai pengguna kendaraan baik itu sepeda motor ataupun mobil, tentu anda sudah tak asing lagi dan mengenal dengan baik salah satu komponen yang dinamakan Accu, kalo lidah orang indonesia sering keseleo sehingga menyebutnya dengan sebutan aki.

Accu merupakan salah satu komponen pada kendaraan yang berfungsi sebagai sumber listrik untuk menyalakan lampu-lampu, klakson, starter untuk menghidupkan mesin dan lain-lain. Semakin lama accu digunakan secara otomatis kualitasnya akan menurun sehingga tidak dapat menyuplai kebutuhan listrik pada komponen-komponen kelistrikan.


Pada umunya untuk pemakaian normal dan digunakan secara wajar accu dapat bertahan hingga 2 tahun sampai  dengan 3 tahun, namun dalam kenyataannya banyak kasus dimana accu hanya bertahan sebentar, sebagai contoh misalanya accu baru digunakan beberapa bulan atau kurang dari satu tahun ternyata sudah soak dan tidak dapat digunakan lagi.

Padahal untuk waktu pemakian kurang dari 1 tahun seharusnya accu masih bisa digunakan dengan baik dan dapat bekerja secara maksimal, lalu apakah yang menyebabkan mengapa accu cepat soak / rusak ...? Kasus semacam ini kebanyakan disebabkan karena beberapa hal berikut ini :

1. Pemakaian arus listrik secara berlebihan


Penyebab pertama mengapa accu cepat soak yaitu dikarenakan pemakaian arus listrik secara berlebihan, misalnya saja dengan menambahkan aksesoris yang tidak sesuai dengan standartnya, sebagai contoh menggunakan klakson modifikasi untuk mendapatkan suara yang lebih nyaring, sehingga menyebabkan pemakaian arus listrik menjadi berlebihan.

Selain itu dengan memasang lampu-lampu tambahan yang tidak sesuai dengan standartnya, hal tersebut juga dapat menyebabkan pemakaian arus listrik menjadi berlebihan dan adampaknya accu menjadi lebih cepat soak.

Disampaing itu accu cepat soak bisa dikarenakan kerusakan yang terjadi pada kiprok, dimana komponen ini berfungsi untuk mengatur tegangan yang dihasilkan oleh generator ( Spull ) masuk kedalam accu, jika kiprok mengalami kerusakan maka arus yang masuk kedalam accu menjadi berlebihan atau overcharging, sehingga akibatnya accu cepat soak.


2. Kebocoran arus listrik atau konsleting


Penyebab kedua mengapa accu cepat soak / rusak yaitu dikarenakan adanya kebocoran arus listrik atau sering disebut dengan konsleting, masalah ini menyebabkan accu cepat habis dikarenakan arus listrik yang dikeluarkan tetap, namun yang digunakan berkurang, jika hal ini dibiarkan terus-menerus ujung-ujungnya akan menyebabkan accu menjadi tekor dan akhirnya rusak / soak.

Untuk mengetahui apakah ada kebocoran arus listrik bisa dilakukan dengan menggunakan Ampermeter atau Avometer caranya matikan mesin terlebih dulu kemudian lepaskan kabel negatif dari accu, langkah selanjutnya hubungkan jarum negatif ampermeter dengan terminal negatif dan jarum postif dengan kabel masanya.

Jika pada layar ampermeter menunjukan angka 0.1 mili amper tandanya masih normal atau tidak ada kebocoran arus listrik, tapi jika menunjukan lebih dari 0.1 mili amper, maka hal itu harus segera ditangani karena merupakan indikasi adanya kebocoran arus listrik.


3. Sistem pengisian accu tidak normal


Penyebab ketiga mengapa accu cepat soak / rusak yaitu sistem pengisian accu tidak normal, dimana pengisian accu terjadi secara berlebihan atau sebalikanya, sehingga sering terjadi kasus dimana arus yang dikeluarkan tetap, namun pasokan kedalam accu berkurang, hal ini tentu akan membuat accu tekor.

Begitu juga saat terjadi pengisian arus secara berlebihan hal tersebut juga akan mengakibatkan overcharging yang akhirnya akan merusak accu. Untuk mengetahui apakah pengisian accu normal atau tidak bisa dilakukan dengan menggunakan Ampermeter atau Avometer.

Caranya hubungkan kabel postif avometer pada kutup positif accu dan kabel negatif dengan kabel ground biasanya berwarna hijau atau dengan kutup negatif accu, pada kondisi normal atau mesin mati angka pada laya avometer akan menunjukan 12 volt, jika mesin dalam kondisi menyala dan gas ditarik akan menunjukan tegangan 13 volt maksimal 15 volt.

Jika menunjukan tenggangan kurang atau lebih dari angka tersebut, maka sebaiknya segera dilakukan pengecekan pada sistem pengisian accu secara menyeluruh untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.

4. Air accu 


Untuk accu basah harus selalu dicek dan dikontrol secara rutin dan berkala kondisi air accunya, sebab kondisi air accu yang sudah jelek apalagi sampai kering, jika dibiarkan terus-menerus tanpa segera ditangai hal tersebut akan menyebabkan accu soak atau rusak. Maka dari itu jika menggunakan accu basah selalu perhatikan volume air accunya.

Baiklah sobat semuanya, demikianlah pembahasan yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai beberapa penyebab accu cepat soak atau rusak, semoga sedikit informasi ini bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semuanya.


Postingan terkait:

20 Tanggapan untuk "Mengapa Accu Cepat Soak / Rusak, Ini Dia Penyebabnya"

  1. memasang lampu berjenis HID juga akan berpengaruh pada accu juga ya mas?

    dan cara mengetahui kiprok rusak atau tidaknya itu bisa dilakukan bagaimana ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas penggunaan lampu HID sangat membebani accu sehingga pemakaian jangka panjang akan berdapat pada accu

      gampang mas jika kiproknya rusak saat gas diperbesar biasanya lampu depan atau yang lainya putus / mati

      Delete
  2. Pemakaian aki secara wajar sangat disarankan ya mas, sebab segala sesutu yang berlebihan berdampak tidak baik, termasuk juga pada aki. Gunakan aki dengan bijak, maka aki akan membantu melancarkan setiap aktifitas anda, bukan begitu mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas kalo pemakaiannya sesuai aturan dan wajar maka accu akan lebih awet, dan yang penting kalo menggunakan accu basah sebaiknya rajin dicek dan dikontrol air accunya

      Delete
  3. kalau dari sikring putus itu gimana mas? karena saya pernah mengalaminya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sikring sering putus bisa disebabkan ada kebocoran arus listrik atau konseleting mas

      Delete
  4. Dengan mengenali tiga penyebab accu cepat soak diatas,, Saya jadi dapat pelajaran baru mengenai dunia accu,,, terima kasih mang,,,
    berarti besok2 mah bahas tentang 3 penyebab suami jadi "soak",,,XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk pembahasan yang itu saya serahkan saja mas ahmad, biar nanti saya yang komen, hehehehe

      Delete
  5. modifikasi yang tak begitu berguna justru akan merugikan daya tahan accu toh, termasuk pasang underground lamp ya mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, apalagi jika menambahkan banyak aksesoris yang membutuhkan listrik, maka jelas akan membebani accu

      Delete
  6. Kalau motorku, accu cepat soak karena pemakain arus yang berlebihan. Lampu belakang nyala terus, sehingga orang mengira aku tekan rem. Sebenarnya ada kerusakan dalam sistem kabelnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa ada kabel yang konslet atau swit remnya yang rusak Mas

      Delete
  7. Alhamdulillah accu motornya masih awet mas karena saya lumayan rajin merawatnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar awet memang harus dirawat dan rajin diperiksa

      Delete
  8. Saya pakai acu kering mas jadi gak perlu diisi ulang dan awet motor saya tahun 2006 blm pernah ganti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai accu kering memang lebih praktis mas, karena tidak perlu isi ulang air accu

      Delete
  9. Nice sharing...

    Alhamdulillah saya mah kagak pake lampu-lampu tambahan dan lain sebagainya. Standard saja. Makanya aki saya lumayan bertahan lama mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengan pemakaian normal dan sesuai aturan accu memang bisa tahan lama mas, bahkan ada yang sampai bertahun-tahun tetap masih bagus

      Delete
  10. terimakasih sharingnya. Maaf, mau tanya Kalo batere accu jadi nggak bisa ngecas ditinggal 2minggu lebih kenapa ya?air akinya masih penuh padahal. Sebelum ditinggal udah dipanaskan dulu motornya padahal lho.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dicek dulu accunya gan, dibawa ke tukang aki apakah masih bagus atau tidak, selanjutnya periksaan bagian kelistrikannya barang kali saja ada yang bermasalah

      Delete