Cara Mudah Mengatasi Mesin Diesel Masuk Angin


Sobat Dukun Ban Semuanya, masuk angin ternyata bukan hanya dialami oleh manusia saja, akan tetapi mesin diesel juga sering mengalami masuk angin. Tak berbeda jauh dengan manusia, dimana saat mengalami masuk angin, otomatis hal tersebut akan membuat pekerjaan menjadi terganggu karena tidak dapat bekerja dengan maskimal.

Begitu juga dengan mesin diesel, apabila mesin diesel mengalami masuk angin otomatis akan membuat kinerjanya menjadi kurang makasimal, dan tenaga yang dihasilkan oleh mesin tersebut akan turun drastis, tidak seperti saat kondisinya normal.


Bagi seseorang yang sudah terbiasa dengan mesin diesel baik itu mesin diesel yang digunakan sebagai motor penggerak pada kompresor atau mesin diesel yang digunakan pada mobil, masalah masuk angin pada mesin diesel sudah menjadi hal yang biasa, dan bukanlah hal yang perlu terlalu dikuatirkan.

Karena untuk mengatasi masalah masuk angin pada mesin diesel sebenarnya cukup mudah dilakukan, akan tetapi meskipun cukup mudah dilakukan, jika hal tersebut dialami oleh orang yang masih awam atau belum terbiasa dengan mesin diesel, jelas akan terasa berbeda.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sedikit informasi mengenai cara mengatasi masalah masuk angin pada mesin diesel, tapi sebelum saya membahas tentang langkah-langkah mengatasi masuk angin pada mesin diesel, perlu sobat ketahui gejala dan penyebab mesin diesel mengalami masuk angin.

Gejala dan akibat mesin diesel masuk angin


Gejala mesin diesel mengalami masuk angin yaitu diantaranya adalah sebegai berikut : mesin sulit dihidupkan dan kalopun bisa dihidupkan biasanya RPM berkurang atau tidak stabil dan tenaga yang dihasilkan akan terasa sangat berkurang, hal ini dikarenakan bahan bakar yang diinjeksikan keruang bakar tidak pernah sesuai dengan kebutuhan mesin.

Selain itu dengan kemasukan angin tekanan injeksi bahan bakar akan melemah, padahal tekanan injeksi bahan bakar ke dalam ruang pembakaran harus tinggi agar bahan bakar dapat terbakar dengan baik dan sempurna.

Penyebab masuk angin pada mesin diesel


Penyebab umum mengapa mesin diesel mengalami masuk angin dikarenakan keterlambatan mengisi bahan bakar kedalam tangki, sehingga menyebabkan tangki bahan bakar terisi oleh angin. Jika bahan bakar di dalam tangki kosong atau sangat minim, maka anginlah yang akan dihisap oleh pompa bahan bakar dan masuk kedalam pompa injeksi.

Maka dari itu pada mesin diesel tidak diperbolehkan sampai telat mengisi bahan bahan bakar, karena hal tersebut bisa menyebabkan mesin diesel masuk angin dan menyebabkan performanya menurun.

Selain disebabkan karena keterlambatan mengisi bahan bakar, masuk angin pada mesin diesel bisa disebabkan karena adanya kebocoran pada saluran bahan bakar dan juga bisa disebabkan karena penggantian komponen-komponen saluran bahan bakar seperti selang, filter, nozzle atau injektor.

Karena saat komponen-komponen tersebut dibuka, otomastis udara akan masuk kedalam saluran bahan bakar, maka dari itu sangat disarankan apabila mengganti komponen-komponen tersebut harus dilakukan orang yang sudah berpengalaman.

Cara mengatasi masuk angin pada mesin diesel


Seperti sudah saya sampaikan diatas bahwa masalah masuk angin pada mesin diesel bukanlah masalah besar dan tidak perlu terlalu dikuatirkan karena cara untuk mengatasinya sangatlah mudah, yaitu dengan cara membuang atau mengeluarkan angin dari saluran bahan bakar.

Lalu bagaimanakah cara megeluarkan angin dari saluran bahan bakar ...? Berikut beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengeluarkan angin dari saluran bahan bakar, agar mesin diesel kembali normal.

  1. Pastikan bahan bakar didalam tangki penuh atau mencukupi
  2. Periksa saluran bahan bakar untuk mengecek apakah ada kebocoran pada saluran bahan bakar.
  3. Keluarkan angin dari saluran bahan bakar, caranya kendorkan baut nepel angin-angin, jika bautnya sudah kendor pompa secara berulang-ulang sampai solar yang keluar bersih dan tidak berbuih.
  4. Kencangkan kembali baut nepel angin-anginnya, apabila solar sudah benar-benar bersih dan tidak bercampur angin.
  5. Coba hidupkan mesin, jika angin sudah bersih, mesin diesel akan mudah dihidupkan dan norma seperti sediakala.

Demikianlah pembahasan yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai cara mudah mengatasi masuk angin pada mesin diesel, semoga sedikit informasi ini bisa bermanfaat dan berguna bagi anda semuanya.



Postingan terkait:

14 Tanggapan untuk "Cara Mudah Mengatasi Mesin Diesel Masuk Angin"

  1. seringkali saat hajatan kita menyediakan dengan diesel sebagai antisipasi jika aliran listrik putus, diesel itu akan segera diberdayakan, sayangnya sering tiap kali mau dinyalain susahnya minta ampun...rupanya masuk angin ya...biasanya kalau masuk angin dikerokin sembuh...ini kok nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yang masuk angin dieselnya harus dikeluarkan anginnya dengan cara seperti diatas

      Delete
  2. Aku baru tahu jika ada istlah mesin disel masuk anginm Kayak manusia saja, masuk angin dikerok biar anginnya keluar. Dan ini kok carnya hampir mirip, buka bautnya dan biarkan angin keluar. Tenaga akan full dan kenceng kembali.
    Lah kok hampir mirip komentku sama yang pertama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas buat diesel biar ilang anginnya haru dikendurkan baut nepelnya

      Delete
  3. hehe bikin gelitik baca judul dan poin poinnya.. ternyata ada ya mesin diesel yg masuk angin. mesin dieselnya harus dikasih antimo atau ekstrak jahe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengatasi diesel masuk angin caranya harus dikeluarkan anginnya

      Delete
  4. Di tempat kerja saya ada juga mesin diesel untuk jaga-jaga bila mati listrik, kendalanya bukan masuk angin mas.. tapi bahan bakar yang sering habis sendiri padahal jarang di pakai. Kalau itu penyebabnya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mesin diesel dengan bahan bakar solar kalo habis sendiri padahal tidak dipakai besar kemungkinan disebabkan karena ada kebocoran Mas

      Delete
  5. Biasanya saya cuman bengong aja Kang kalau lihat temen-temen di tempat saya kerja ini lagi betulin mesin diesel yang ngadat..hiihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin dieselnya ngadat dikarenakan masuk angin mas

      Delete
  6. Biasanya di hajatan suka ada mesin diesel, kadang ada yang nggak bisa dihidupkan mas, apakah ini pertanda masuk angin juga?? Apakah gejala awalnya seperti itu, susah hidupnya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika sebelumnya mesin diesel sampai kehabisan bahan bakar dan sulit dihidupkan itu penyebabnya karena masuk angin, tapi jika tidak kehabisan bahan bakar dan tidak ada kebocoran pada saluran bahan bakar biasanya disebabkan karena hal lain

      Delete
  7. Kalau g ada pompa manualnya gmn ya keluarin anginya

    ReplyDelete
  8. Kalau g ada pompa manualnya gmn ya keluarin anginya

    ReplyDelete