3 Hal Sederhana Ini Jika Dilakukan Terbukti Mampu Membuat Pelanggan Merasa Senang Dan Nyaman


Sobat Dukun Ban semuanya.

Pelanggan adalah raja.

Benarkah ...?

Ternyata hal itu memang benar adanya, karena hampir setiap orang yang menjalankan usaha atau bisnis, bahkan orang-orang yang tidak terlibat didalamnya sekalipun, mereka sering mengatakan hal yang sama.

Disamping itu.

Pelanggan merupakan sumber penghasilan.


Anda pasti setuju dengan ungkapan diatas, yang mana pelanggan, konsumen, pembeli atau apapun sebutannya, mereka adalah sumber penghasilan, sebab jika tidak ada mereka, mana mungkin usaha kita bisa berkembang.

Artinya ...!

Semakin banyak pelanggan, maka semakin banyak pula penghasilan yang akan kita dapatkan.

Akan tetapi, jika satu saja pelanggan kita merasa kecewa, maka pelanggan yang lain akan terpengaruh dan ikut meninggakan kita.

Anda tentu tahu, kehilangan pelanggan sama halnya kehilangan sumber pemasukan atau sumber penghasilan.

Oleh karena itu, yang namanya pelanggan harus selalu diprioritaskan dan dilayani dengan sebaik mungkin.

Tentu saja hal ini sangat perlu dan harus selalu dilakukan, tujuannya agar mereka  para pelanggan puas dengan pekerjaan kita, merasa nyaman dan akhirnya menjadi pelanggan tetap.

Nah selain menjadikan mereka sebagai prioritas utama dan memberikan pelayanan terbaik kepda mereka, cobalah lakukan 3 hal sederhana berikut ini.

Meskipun hanya hal-hal kecil dan terlihat sepele, namun terbukti mampu membuat pelanggan merasa senang, nyaman dan menjadi nilai lebih untuk kita.

1. Berikan senyuman

Bagaimana jika anda datang ke bengkel tambal ban, tapi tukang tambal bannya cemberut dan tidak ramah ...?

Pasti anda merasa tidak nyaman.

Betul ...?

Betul dan tidaknya, setiap orang pasti memiliki jawaban yang berbeda, tapi kemungkinan besar, lebih banyak pelanggan yang merasa tidak nyaman.

Selain itu, pelayanan yang tidak ramah akan membuat pelanggan enggan untuk kembali lagi.

Maka dari itu, sambutlah pelanggan dengan senyuman dan berusahalah bersikap seramah mungkin kepada mereka, meskipun suasana hati kita saat itu sedang tidak enak.

2. Mengajak ngobrol pelanggan

Ngobrol dengan pelanggan memang kelihatannya sepele, tapi dari hal-hal kecil seperti itu, kita bisa mendapatkan manfaat yang besar.

Contohnya kita akan menjadi lebih akrap dengan pelanggan, dan kalo kita akrap dengan mereka. Maka besar kemungkinan kalo mereka akan menjadi pelanggan tetap ditempat kita.

Mendapatkan pelanggan tetap, jelas suatu keuntungan buat kita, karena dengan begitu bukan hanya sekali mereka menggunakan jasa atau membeli produk dari kita.

Tapi bisa berkali-kali.

Selain itu, dengan melakukan hal ini, kita bisa mendapatkan informasi-informasi yang bermanfaat.

Sebgai contoh misalnya apa yang sudah saya alami.

Berawal dari obrolan sederhana dengan pelanggan, akhirnya saya dikenalkan dengan salah seorang pemasok ban Vulkanisiran.

Mungkin jika waktu itu saya cuek dengan pelanggan tadi, maka belum tentu saya bisa bekenalan bekerja sama dengan pemasok ban vulkanisiran.

Nah itulah salah satu contoh manfaat yang saya dapatkan dengan membiasakan diri mengajak ngobrol para pelanggan.

Maka dari itu, jangan segan-segan untuk menyapa para pelanggan dan mengajaknya ngbrol.

Misalnya tanyakan habis dari mana, atau mau pergi kemana.

Jika mereka baru pertama kali datang ketempat kita tanyakan dari mana asalnya dan lain-lain.

Tahukah anda ...?

Ternyata dari obrolan-obrolan kecil seperti itu, nantinya bisa melebar ke hal-hal yang lain, seperti masalah pekerjaan, bisnis dan lain sebagainya.

Sehingga kadang-kadang dalam obrolan tersebut banyak sekali membicarakan hal-hal penting yang ternyata bermanfaat untuk kita.
 
3. Ucapkan terima kasih

Mengucapkan terima kasih kepada pelanggan, setelah mereka menggunakan jasa kita, atau seteleh mereka membeli produk dari kita.

Sebenarnya hal seperti ini merupakan hal yang sangat sederhana dan siapapun pasti bisa melakukannya.

Namun tahukah anda ...?

Jika ucapan terima kasih kepada pelanggan, ternyata bisa membuat mereka merasa senang, dan merasa dihargai.

Maka dari itu biasakanlah untuk selalu mengucapkan terima kasih kepada para pelanggan.
 
Demikianlah 3 hal sederhana yang terbukti mampu membuat pelanggan merasa senang dan nyaman, meskipun pembahasannya singkat, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk anda.


Postingan terkait:

14 Tanggapan untuk "3 Hal Sederhana Ini Jika Dilakukan Terbukti Mampu Membuat Pelanggan Merasa Senang Dan Nyaman"

  1. Senyuman dan ngajak ngobrol mutlak di lakukan kalau mau perlanggan senang, itu hal yang paling penting buat kita-kita yang mau punya pelangan yang loyal terhadap pelayanan kita, bukan begitu mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas kalo kita akrap dengan pelanggan maka pelanggan pun akan loyal terhadap kita

      Delete
  2. Menyambut pelanggan dengan ramah akan memberi nilai plus, pelanggan ada kepuasan tersendiri sehingga akan selalu datang di kemudian hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas Dan saya sudah membuktikannya sendiri

      Delete
  3. Ramah kepada pelanggan itu musti di lakukan, apa lagi kalau yg datang pelanggan cewek janda PNS lagi, biar dateng nya belakangan langsung dikasih tempat paling depan, trus gratis lagi sambil nanya no hpnya berapa neng... Huuu mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapapun itu tetap harus dilayani dengan sama mas, dan harus sesuai dengan antriannya

      Delete
  4. ngajak ngobrol nih yang kadang suka males, apalagi kalo banyak basa basinya hahaha ga betaaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebisa mungkin kita harus berusaha akrab dengan pelanggan gan

      Delete
  5. waw ide marketing tingkat tinggi. banyak para penjualan yang menerapkan ide ini.
    Jadi inget mirip dengan ini. senyum sapa dan santun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, meskipun kelihatannya sederhana tapi besar manfaatnya

      Delete
  6. Setuju, keramahan itu nilai penting.

    Komunikasi bisnis juga sudah mengatakan timbal balik dari konsumen itu yang membuat menjadi pelanggan tetap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. keramahan kepada pelanggan akan membangun kepercayaan sehingga pelanggan akhirnya loyal kepada kita

      Delete
  7. kelihatannya sederhana yamas,tp dengan keramahan seperti itu sangat signifikan artinya untuk pelanggan

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas dalam melayani pelanggan kita harus selalu berusaha untuk seramah mungkin

      Delete