Cara Mudah Menambal Ban Tubless


Cara menambal ban tubles alias ban yang tidak menggunakan ban dalam, jelas caranya berbeda dengan cara menambal ban Tube Type atau ban yang menggunakan ban dalam. Kalo untuk menambal ban yang menggunkan ban dalam sedikit lebih repot karena kita harus mengeluarkan ban tersebut dari ban luarnya, sedangkan untuk menambal ban tubles tidak perlu mengeluarkan ban dalamnya, karena memang tidak ada ban dalamnya.


Dari pengalaman saya menjadi tukang tambal ban selama ini, antara menambal ban tubles dan tidak tubles, jelas lebih mudah menambal ban tubles, alasanya adalah tidak perlu repot mengeluarkan ban dalamnya, dan jelas prosesnya juga lebih cepat. Selain itu yang paling membuat saya lebih senang pas menambal ban tubles, karena ongkosnya lebih mahal hehehe.

Nah buat sobat dan teman-teman semuanya yang kepingin tahu bagaimana sich cara menambal ban tubles, barang kali saja ada diatara sobat semua yang kepingin mencoba menambal ban kendaraan anda yang menggunakan ban tubles, tanpa perlu membawanya ke tukang tambal ban, alias ditambal sendiri. Berikut cara-cara menambal ban tubles :

1. Menambal Ban Tubles Menggunakan Lem Power Glue

Untuk menambal ban tubles dengan cara ini, sobat harus mempersiapkan beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan diantaranya : pompa, air sabun, korek api kayu, jarum atau peniti, kuas atau lap, lem alteco atau merek apa saja dan tang untuk mencabut benda-benda tajam yang mengenai ban, jika ada.

Jika alat dan bahan yang dibutuhkan semuanya sudah siap, langkah-langkah untuk menambal ban tubles adalah sebagai berikut : Jika belum menemukan bagian mana yang bocor, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari bagian yang bocor tersebut, dengan cara memberikan air sabun secara menyeluruh menggunakan kuas atau lap yang sudah disediakan, tapi sebelumnya berikan angin pada ban tersebut terlebih dahulu.

Biasanya bagian yang bocor jika diberikan air sabun akan mengeluarkan gelembung, jika sudah ketemu beri tanda pada bagian yang bocor tadi, dan apabila terkena benda-benda tajam, seperti paku atau yang lainnya, maka cabut benda-benda tersebut menggunakan tang.

Langkah selanjutnya, buang angin pada ban kemudian keringkan ban tersebut dari air sabun dan bersihkan bagian ban yang bocor hingga benar-benar bersih. Setelah ban kering dan dibersihkan, masukan lem power glue kedalam lubang atau bagian ban yang bocor, secara perlahan. Bantu menggunakan paku, korek api atau jarum peniti agar lem bisa masuk seluruhnya dan mengenai semua bagian yang bocor.

Tunggu beberapa saat setelah pengeleman, setidaknya 20 menit, tapi agar lebih bagus sebaiknya 1 atau 2 jam, agar lem benar-benar kering dan menyatu dengan ban, baru diberikan angin kemudian ban tersebut bisa dipakai kembali. Perlu diperhatikan cara ini baik digunakan pada ban sepeda motor, atau mobil yang tekanan anginya tidak terlalu besar. Untuk kendaraan yang  sering digunakan untuk muatan berat dan menggunakan tekanan tinggi pada bannya, sebaiknya menggunakan karet serat atau kompon tubles untuk menambalnya. Selain itu menambal ban tubles menggunakan lem power glue atau sejenisnya, tidak dianjurkan apabila bocor pada  ban cukup besar.

2. Menambal Ban Tubles Menggunakan Karet Serat Atau Kompon Tubles

Menambal ban tubles menggunakan karet serat atau kompon tubles biasanya dilakukan oleh para tukang tambal ban, tapi sobat bisa juga melakukannya sendiri. Nah untuk melakukannya sobat membutuhkan beberapa alat dan bahan berikut : Pompa, karet serat, tang, air sabun, kuas alat menambal ban tubles, sobat bisa membelinya dengan harga Rp 50.000 sampai Rp 100.000.

Caranya pertama-tama  yaitu mencari bagian ban yang bocor dengan cara memberikan air sabun pada seluaruh permukaan ban. Jika sudah menemukannya cari tahu apakah ada benda-benda tajam yang mengenai ban tersebut, jika ada maka segera cabut benda tajam tersebut menggunakan tang. Kemudian bersihkan bagian ban yang bocor tadi menggunkan alat tambal ban tubles yang bentuknya seperti kikir atau bor, sekaligus untuk memperbesar lubang tadi agar mudah memasukan karet serat atau kompon tubles ke lubang tersebut.



Setelah selesai membersihkan bagian ban yang bocor, langkah selanjutnya adalah memasukan karet serat ke dalam lubang yang sudah dibersihkan tadi menggunkan alat tambal ban tubles yang satunya. Caranya karet serat atau kompon tubles di masukan ke dalam luban yang berada di ujung alat tersebut, kemudian masukan kedalam bagian ban yang bocor, secara perlahan hingga hampir semua karer serat masuk kedalamnya.


Selanjutnya cabut kembali alat tambal ban tubles dari lubang tadi, kemudian beri air sabun pada bekas tambalannya untuk memastikan apakah bagian yang ditambal sudah benar-benar rapat alias tidak bocor. Langkah terakhir beri angin sesuai dengan ukuran yang diinginkan dan ban siap untuk digunakan kembali.

Baiklah sobat semuanya, demikianlah pembahasan menganai cara menambal ban tubles yang dapat saya sampaikan pada postingan kali ini. Semoga saja sedikit tulisan dari saya pada kesempatan kali ini, bisa berguna, bermanfaat dan dapat membantu untuk sobat semuanya, dan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mudah Menambal Ban Tubless"

Post a Comment