Kenali Ciri-Ciri Ban Dalam IRC Palsu


Ban dalam IRC palsu banyak sekali beredar dipasaran, sehingga sangat meresahkan dan merugikan masyarakat, terutama mereka pengguna kendaraan bermotor roda dua, yang sering menggunakan ban merk IRC untuk kendaraan mereka. Mengapa demikian...? Hal ini dikarenakan kualitas ban IRC palsu jauh dari Standar, apalagi jika dibandingkan dengan ban aslinya, maka kualitasnya sangat jauh berbeda. Ban IRC palsu mudah bocor, mudah sobek saat bergesekan dengan pelek atau ban luarnya, tidak tahan lama, sambungan juga valve atau pentilnya mudah jebol dan masih banyak lagi kekurangan-kekurangan lainnya.


Peredaran ban IRC palsu sudah sangat lama, kalo tidak salah sekitar tahun 2009 atau 2010 an saya sudah sering menemukan ban IRC palsu ini. Apalagi sekarang peredaran ban IRC palsu ini sudah hampir mereta ke seluruh wilayah indonesia, jadi sobat pengguna sepeda motor sebaiknya hati-hati dan waspada saat ingin mengganti ban dalam motor anda jika menggunakan ban dalam merk IRC.

Selain beberapa kekurangan diatas, kerugian yang sering dirasakan oleh konsumen karena terkecoh dengan ban IRC palsu adalah harganya sama dengan ban IRC asli, padahal dari segi kulitasnya sangat-sangat jauh berbeda. Sering saya jumpai konsumen yang tekecoh dengan ban IRC palsu, saat orangg ini menambal ban di tempat saya dan saya tanyakan berapa harga ban dalam tersebut, rata-rata jawaban mereka, membeli ban IRC palsu sama seperti membeli ban IRC yang asli.



Lalu bagaiman sich cara kita membedakan antara ban IRC asli dan ban IRC palsu. Bagi saya pribadi atau tukan tambal ban lainnya mungkin tidak sulit untuk membedakannya, tapi mungkin bagi sobat yang belum tahu atau awam, mungkin agak kesulitan untuk membedakan mana ban IRC yang asli atau ban IRC palsu. Untuk itu pada psotingan kali ini saya ingin berbagi informasi tentang cara mengenali ban IRC asli atau palsu.

Untuk kemasan lama biasanya ban IRC yang asli semua tulisan pada kemasan tersebut dicetak Mold atau timbul, tapi dari segi kemasan saja kita belum bisa menjamin keaslian dari ban tersebut, karena bisa saja kemasannya ditukar.

Yang kedua untuk mengenali ban IRC asli atau palsu, sobat bisa mengetahui dari baunya. Setelah sobat mengeluarkan ban dari kemasan, coba cium baunya, apakah baunya menyengat, mengeluarkan aroma karet dan bahan kima, jika demikian bisa dipastikan ban tersebut adalah ban palsu.

Untuk ban IRC yang asli biasanya ada kode produksinya, biasanya berada didekat valve atau pentil, pada Valve juga ada kode H atau pacific.

Dan perbedaan yang paling mencolok adalah pada ciri fisik ban tersebut, ban dalam IRC asli biasnya lebih tebal, tidak kaku dan lentur, sedangkan untuk ban IRC palsu ciri fisiknya adalah, kaku, tidak lentur, lebih tips dan mengkilap.

Nah bagaimana sudah tahukan bagaimana perbedaan antara ban IRC palsu dan ban IRC yang asli, sebenarnya sangat mudah untuk membadakannya hanya saja butuh ketelitain sobat untuk bisa mengenali ban IRC asli atau palsu.

Baiklah sobat semuanya saya kira sampai disini dulu tulisan saya pada postingan kali, semoaga apa yang saya sampaikan ini bisa berguna, bermanfaat dan dapat membatu sobat semuanya agar tidak terkecoh dengan ban IRC palsu, atas perhatian dan kesediaan sobat meluangkan waktu membaca tulisan ini, saya ucapkan terima kasih.


Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Kenali Ciri-Ciri Ban Dalam IRC Palsu"

  1. Mas... alangkah baiknya jika bau bahan kimia yang dimaksud adalah jelas bau yang seperti apa... tingkat elastisitas karet ban itu sampai berapa persen... dan mengkilatnya ban dalam palsu itu seperti apa... tanpa ada perbandingannya orang awam dipastikan akan tetap sulit untuk menetapkan pilihannya...............

    ReplyDelete