Bagi pengguna kendaraan tentu sudah terbiasa dengan urusan menambal ban, karena apapun jenis kendaraan yang mereka gunakan pasti pernah mengalami ban kendaraannya bocor. Pasti anda sudah tahu bahwa ban kendaraan dibagi menjadi dua jenis yaitu ban tube type atau menggunakan ban dalam, dan yang kedua ban tubeless atau tidak menggunakan ban dalam.
Untuk ban tube type atau ban yang menggunakan ban dalam, tentu anda sudah tahu atau pernah melihat cara menambalnya, yaitu ditambal dengan cara dibakar atau ditambal menggunakan tip top. Sedangkan untuk ban tubles, tentu belum banyak yang tahu megenai jenis-jenis tambal ban tubles dan cara melakukannya.
Maka dari pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit berbagi informasi mengenai beberapa cara atau teknik yang biasa digunakan untuk menambal ban tubles, apa sajakah cara atau teknik tersebut ...?? Berikut sedikit informasinya untuk anda.
1. String Tubeless
Cara ini paling banyak digunakan oleh para tukang tambal ban, begitu juga dengan saya saat menambal ban tubles, oleh karena itu cara menambal ban tubles dengan menggunakan string tubeles adalah cara menambal ban tubles paling populer dan paling banyak digunakan oleh para tukang tambal ban.
Tambal ban tubles model ini menggunakan karet serat yang dimasukan ke dalam lubang ban yang bocor menggunakan alat khusus. Kalo orang awam atau para tukang tambal ban menyebutnya dengan sebutan tambal ban tubles model cacing, karena bentuk karet serat atau kompon tubles yang digunakan bentuknya mirip cacing.
Alasan para tukang tambal ban menggunakannya karena cara ini paling mudah, dan paling cepat prosesnya, namun jika sering menambal ban tubles dengan cara ini pada lubang yang sama resikonya akan merusak ban, karena saat memasukan karet serat atau karet penambal jika tidak hati-hati bisa menyebakan kawat baja didalam ban putus.
Selain itu cara ini jika sering digunakan pada lubang yang sama, akan mengakibatkan lubang menjadi semakin besar dan susah untuk ditambal kembali, sehingga jika ban tersebut tetap ingin digunakan terpaksa harus menggunakan ban dalam.
2. Tambal Ban Tubles Model Peluru
Cara menambal ban tubles model ini, prinsipnya hampir sama dengan cara menambal ban tubles dengan model cacing, karena sama-sama memasukan sesuatu kedalam lubang yang bocor sebagai penyumbat, hanya saja jika pada tambal ban model cacing yang digunakan sebagai penyumbat lubang adalah karet serat yang bentuknya menyerupai cacing.
Sedangkan untuk tambal ban tubles model peluru, bahan yang digunakan sebagai penyumbat terbuat dari logam yang bentuknya mirip peluru.
3. Menggunakan Tire Patch
Jika dibandingkan dengan tambal ban tubles model cacing atau model peluru, jelas tambal ban tubles jenis ini kualitasnya jauh lebih bagus, dan hasil tambalannya pun jauh lebih kuat dan lebih tahan lama, selain itu tidak merusak ban yang ditambal.
Untuk menambal ban tubles dengan cara ini, tidak seperti cara menambal ban tubles dengan model cacing atau model peluru, karena kita harus melepas terlebih dahulu ban yang akan ditambal dari velgnya, kemudian pada sekitar area bagian yang bocor perlu dilakukan pengikikisan, menggunakan gerinda atau menggunakan amplas, baru setelah itu ditempel menggunakan tire patch dan ditekan menggunakan alat pres yang dipanaskan.
Memang menambal ban tubles dengan cara ini sedikit lebih ribet dan prosesnya pun lebih lama, sehingga kebanyakan pengguna kendaraan atau para tukang tambal ban lebih memilih menggnakan tambal ban tubles model cacing karena prosesnya lebih cepat.
4. Tambal Ban Tubes Model Payung
Cara menambal ban tubles jenis ini adalah cara menambal ban tubles yang paling bagus dan paling kuat diantara cara-cara menambal ban lainnya, hanya saja belum banyak yang menerapakan cara ini dikarenakan belum banyak yang memiliki alatnya, sehingga biasanya cara tambal ban tubles model payung hanya digunakan pada ban kendaraan besar atau alat berat.
Proses menambal ban tubles dengan cara ini yaitu ban harus dilepas terlebih dahulu dari velgnya, kemudian pada bagian yang bocor diletakan diatas tiang penambal dari bagian dalam hingga tiang tersebut menembus permukaan telapak ban.
Jika tiang penambal sudah menembus permukaan telapak ban kunci menggunakan klip yang dipasang diatas permukaan ban, kemudian lembaran karet penambal yang diletakan di pangkal tiang penambal dipanaskan dengan suhu 150 derajat celcius, agar merekat pada pada ban.
5. Cara Menambal Ban Tubles Paling Sederhana
Untuk cara menmabal ban tubles no 5 ini menurut saya adalah model tambal ban tubles paling sederhana dan para pengguna kendaraan bisa melakukannya sendiri yaitu dengan menggunakan lem sejenis power glue atau alteco.
Untuk menmabal ban tubles dengan cara ini sebenarnya sangat mudah, pertama kita cari terlebih dahulu bagian ban yang bocor, kemudian dibersihkan dan dikeringkan menggunakan kain lap, baru setelah itu kita masukan lem power glue kedalamnya dengan bantuan lidi atau jarum pentul, agar lem bisa masuk hingga bagian dalam.
Jika lubangnya cukup besar bisa dilakukan dengan cara mencopot terlebih dahulu ban dari velgnya, kemudian di bagian dalam ban pada area sekitar lubang kita amplas terlebih dahulu, baru setelah itu diberi lem dan ditempeli dengan potongan karet ban dalam bekas dengan bentuk bulat.
Jika bagian dalamnya sudah selesai, selanjutnya untuk bagian luarnya kita masukan lem power glue kedalam lubang, nah untuk memperkuat tambalan bisa ditambahkan serbuk abu rokok, kemudian diatas serbuk abu rokok tersebut kita beri lem lagi dan tunggu hingga kering.
Baiklah sobat semuanya demikianlah pembahasan mengenai beberapa cara menambal ban tubles yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi anda semuannya.
Banyak juga cara nambal ban tubeless ya mas mungkin kebanyakan tukang ban nyarinya yang prosesnya paling cepat ya mas
ReplyDeletebetul mas disamping itu juga memilih yang biayanya murah, yaitu memilih model cacing
DeleteTernyata banyak cara yah untuk menambal ban tubles. Namun semua itu pasti hanya bisa dilakukan oleh ahlinya, seperti mas Poniran.
ReplyDeletesebenarnya siapa saja bisa melakukannya, cuma untuk hasil yang bagus butuh keahlian dan ketrampilan
Deleteternyata ada beberapa teknik menambal ban tubeles,
ReplyDeletecara nomer 5 pas banget buat jaga2 dalam keadaan darurat,
itu bisa dipraktekin untuk ban tubeles sepeda motor juga ya mas?, maksdunya nggak ada bedanya dg ban mobil teknik nambalnya?
betul mas cara no 5 adalah carai paling sederhana, dan bisa di coba sendiri, untuk ban sepeda motor dan mobil tetap sama caranya
DeleteBan tubles saat ini sedang populer, hampir rata-rata vendor perusahaan gencar meluncurkan produks-prosuks terbarunya yang di lengkapi dengan ban tubles, khususnya sepeda motor, namun problem dari sepeda motor ini ada pada perbaikan ban jika terjadi kebocoran , untuk mengatasi masalah tersebut cukup membuka blog ini baca artikel diatas bla bla bla....problem ban bocor sudah bisa di atasi..... Sekses kang
ReplyDeletecara paling mudah dan bisa dilakukan sendiri adalah metode no 5 mas
Deletemaaf mas kalau untuk no 5 ketahanannya bisa brapa lama ya.maksih
ReplyDeletemaaf mas kalau untuk no 5 ketahanannya bisa brapa lama ya.maksih
ReplyDeletekalau untuk no 5 seberapa tingkat keawetan untuk ban motor..trimakasih
ReplyDeletekalau untuk no 5 seberapa tingkat keawetan untuk ban motor..trimakasih
ReplyDeletekalau untuk no 5 seberapa tingkat keawetan untuk ban motor..trimakasih
ReplyDeletetergantung besar kecilnya lubang mas, tapi bisa bertahan paling tidak hingga lebih 3 bulan pemakaian
Delete