Tips Sederhana Membuka Ban Trail / Motor Cross Dari Velgnya


Bagi sobat pencinta motor cross, tentu sobat sudah paham bahwa motor cross mengunakan ban khusus yang sering disebut dengan ban trail atau ban tahu, dimana ban jenis ini berbeda dengan ban-ban sepeda motor yang sering digunakan pada umumnya.

Bukan hanya jenis, bentuk dan motifnya saja yang berbeda dengan ban-ban sepeda motor yang sering kita gunakan untuk keperluan sehari-hari. Untuk membuka ban tersebut dari velgnya juga berbeda dengan ban-ban sepeda motor pada umumnya, karena untuk membuka ban motor cross dari velgnya jauh lebih sulit dari pada ban biasa.


Tapi meskipun cukup sulit untuk membuka ban motor cross dari velgnya, namun selalu ada cara dan trik agar pekerjaan yang tadinya terasa sulit, bisa terasa lebih ringan dan lebih mudah dikerjakan. Oleh karena itu sengaja pada kesampatan kali ini, saya ingin berbagi sedikit informasi mengenai tips sederhana cara membuka ban motor cross atau ban trail, agar saat mengerjakannya terasa lebih mudah.

Oke langsung saja, untuk membuka ban motor cross atau ban trail dari velngnya entah itu untuk menambal ban dalamnya atau mengganti ban tersebut dengan ban baru, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu membuka pentilnya menggunakan kunci pentil untuk membuang angin atau sisa angin di dalam ban, agar ban tersebut bisa dibuka. Setelah semua angin di dalam ban habis, langkah berikutnya sebelum membuka ban tersebut, hal yang harus dilakukan adalah mengendorkan baut stoppernya, menggunakan kunci ukuran 12.

Perlu sobat ketahui bahwa pada ban motor cross pasti ada stoppernya, dimana stopper disini berfungsi sebagai penahan ban, jadi biarpun ban tersebut digunakan dalam kondisi kempes alias tidak ada isinya, posisi ban dalamnya tidak bergeser dan tetap pada posisi semula.

Sehingga dengan adanya stopper ini, ban motor cross tidak akan mudah jebol pada bagian pentilnya, meski dikendarai dalam kondisi tidak ada anginnya. Selain itu dengan adanya stopper tadi apabila ban terkena paku, maka bocornya hanya pada bagian yang terkena paku saja, karena ban dalamnya tidak bergeser meski dalam kondisi kempes.

Maka dari itu sebelum membuka ban motor cross dari velgnya, agar ban menjadi lebih mudah dibuka harus dikendorkan dulu baut stoppernya menggunakan kunci ukuran 12. Nah setelah baut stopper dikendorkan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan apabila membuka ban motor cross roda belakang yaitu membuka rantainya terlebih dulu.

Setelah rantainya dibuka, langkah selanjutnya yaitu beri air sabun pada bagian pinggir ban dan velgnya, hal ini perlu dilakukan agar ban menjadi lebih licin sehingga lebih mudah saat dibuka nanti. Langkah selanjutnya yaitu buka ban tersebut dari velgnya menggunakan sendok ban, kemudian keluarkan ban dalamnya untuk ditambal atau diganti.

Perlu diperhatikan juga, saat memasang kembali ban tersebut pada velgnya agar lebih mudah jangan lupa diberi air sabun pada bagian pinggir ban atau hillnya, juga pada velgnya.

Baiklah Sobat Dukun Ban semuanya, demikianlah sedikit pembahasan yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai tips membuka ban motor cross dari velgnya, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi anda.


Postingan terkait:

8 Tanggapan untuk "Tips Sederhana Membuka Ban Trail / Motor Cross Dari Velgnya"

  1. Ohm jadi harus pakaia sabun dulu ya kang biar licin dan mudah di keluarkan, dulu waktu saya PKL gak kepikiran pakai sabun nihh, tapi emang gak ada sabun nya kang di tempat pkl saya mh

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas dengan diberi air sabun terlebih dulu jadi lebih mudah saat membukannya, sebenarnya bukan cuma pada ban motor cross, tapi juga bisa digunakan pada ban-ban kendaraann lainnya

      Delete
  2. pantas aja mas..saya pernah coba coba buka ban sendiri itung itung belajar , waktu saya buka ban vario tahukan motor matic ini pelg nya racing saya asal buka aja tanpa mikir di olesi pake sabun walhasil pelg motor saya pada tergores lecet..makasih mas atas info sederhana nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk membuka ban yang menggunakan velg racing selain diberi air sabun perlu diberi alas dari kain atau menggunakan ban dalam bekas

      Delete
  3. saya sih belum memiliki motor trail mas,tp kalau melihat jenis motor ini memang sudah keliatan bahwa bannya lebih kokoh sehingga wajar bila lebih sulit di buka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas apalagi kalo sudah lama dipakai, lebih sulit lagi dibukanya

      Delete
  4. Perlakuannya tidak seperti ban pada motor biasa ya mas meski prinsipnya sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, harus diperlakukan sedikit berbeda dari pada ban biasa

      Delete